BAB II PROFIL
SEKOLAH
A. Identitas
Sekolah
1. N S S : 201060404045
2. N P S N :
10110436
3. Nama Sekolah : SMPN 4 Birem Bayeun
4. Alamat Sekolah :
a. Jalan
:
Utama
b. Desa : Alue Sentang
c. Kecamatan : Birem Bayeun
d. Kabupaten : Aceh Timur
e. Provinsi : Aceh
f. Kode Pos : 24451
g. No. Telepon :
085288867070
5. Tahun Berdiri :
2007
B. Visi Sekolah
Terwujudnya
Pendidikan Disiplin, Bermutu, Berkarakter, Berprestasi, Berdasarkan Imtaq dan
Iptek
Indikator Visi :
1. Mantap dalam
budi pekerti dan disiplin menuju kualitas iman dan taqwa
2. Berprestasi
dalam akademik dan non akademik serta berakhlak mulia
3. Penerapan
kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan
4. Terselenggaranya
proses pembelajaran sesuai SNP
5. Terlaksananya
manajemen berbasis sekolah
6. Menerapkan
sistem penilaian otentik
7. Optimalnya
sumber dana dan daya dukung pendanaan sekolah
8. Pendidik dan
tenaga kependidikan yang kompeten dan mampu bersaing dalam perkembangan Iptek.
C. Misi
a. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan terpadu.
b. Menumbuh
kembangkan semangat secara optimal sesuai dengan bakat yang dimiliki.
c. Mewujudkan
nilai-nilai yang berkarakter.
d. Membiasakan
disiplin didalam dan diluar sekolah.
e. Menciptakan
peserta didik yang mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan Iptek.
f. Meingkatkan
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan
kompetensi sosial dengan memiliki, menguasai dan menerapkan secara konsisten
dalam proses pembelajaran.
D.
Tujuan Sekolah
a. Tujuan Sekolah Dalam Empat Tahun
Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang, maka tujuan yang akan di capai selama 4
tahun mendatang (2019
s/d 2023) diharapkan :
1) Pada tahun 2020 rata-rata pencapaian nilai selisih NEM setiap
mata pelajaran
+ 0,5.
2) Pada tahun 2020, 100 % siswa lulus
Ujian Nasional.
3) Pada tahun
2020
Tim
Bola Volly
menjadi
juara 1 Tingkat
Kabupaten.
4) Pada tahun
2020
Tim Badminton
menjadi
juara 1 Tingkat
Kabupaten.
5) Pada tahun
2020
Tim Karate
menjadi
juara 1 Tingkat
Kabupaten.
6) Pada tahun 2020 Tim
Sanggar Seni menjadi juara
1
Tingkat Kabupaten.
7) 100 % siswa mempunyai ketrampilan
campuran.
8) Seluruh siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
9) Seluruh siswa mempunyai
Ahlaqul Karimah.
b. Hasil Yang
Diharapkan.
1) Menyusun
dan
menggunakan Dokumen 1 - KTSP.
2) Adanya dokumen perangkat
pembelajaran kelas
VII,
VIII, IX
setiap mata
pelajaran.
3) Sistem penilaian yang berbasis kompetensi.
4) Adanya desain pembelajaran yang bervariasi.
5) Peningkatan
jumlah
lulusan dan
rata-rata
nilai hasil UAN
6) Juara lomba mata pelajaran dan juara olah raga dan seni tingkat
kabupaten.
7) Terpenuhinya media pembelajaran.
8) Terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan.
9) Meningkatnya profesionalisme guru.
10) Meningkatnya kinerja
tenaga non
edukatif.
11) Terlaksananya supervisi klinis secara berkala.
12) Meningkatnya pengelolaan sekolah.
13) Tercapainya tertib
administrasi
sekolah.
14) Tercukupinya dana untuk penyelenggaraan pendidikan
c. Tujuan Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020
No
.
|
Kondisi Saat Ini
|
Kondisi Yang Diharapkan
(
1 Tahun Ke Depan )
|
Besarnya
Tantangan
Nyata
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
KTSP masih dalam
proses pemantapan.
Dokumen perangkat pembelajaran belum sempurna
Kurang pemahaman
terhadap sistem
penilaian berbasis
kompetensi
Desain pembelajaran
kurang bervariasi
Jumlah lulusan 100%
Juara lomba mata
pelajaran,
olah raga
dan seni tingkat kecamatan
Sebagian siswa mampu
mengoperasikan computer program
Microsoft Excel
Media pembelajaran kurang
|
KTSP digunakan
sebagai
pedoman
Penyelenggaraan
Sekolah
Adanya dokumen
perangkat pembelajaran kelas VII,
VIII,
IX
setiap mata pelajaran sesuai dengan
kondisi riil sekolah.
Sistem penilaian yang berbasis
kompetensi terlaksana
dengan baik
Adanya desain pembelajaran
yang bervariasi.
Jumlah lulusan 100%
Juara lomba olah
raga bola
Volly putra tingkat kabupaten
Juara lomba olah
raga Badminton tingkat kabupaten.
Juara lomba baca
puisi putra dan putri tingkat kabupaten.
Juara lomba paduan
suara tingkat kabupaten
Juara lomba mapel bahasa tingkat kabupaten.
Juara lomba mapel IPS tingkat
kabupaten.
Semua siswa mampu mengoperasikan
computer program Microsoft Excel
Terpenuhinya media pembelajaran.
|
10 %
0,5 %
10 %
0,5 %
0 %
10 %
10 %
10 %
10 %
10 %
10 %
5 %
70 %
|
9
10
11
12
13
14
15
16
|
Sarana dan prasarana
pendidikan
belum
tercukupi
Keamanan dari segi
fisik belum terpenuhi.
Profesiolisme
guru
kurang
Kinerja tenaga
non edukatif belum maksimal
Supervisi klinis
dilaksanakan secara
insidental
Pengelolaan
sekolah belum maksimal
Tertib administrasi sekolah
belum
maksimal
Dana untuk penyelenggaraan pendidikan
terbatas
|
Terpenuhinya sarana
dan
prasarana pendidikan
Keamanan dari segi fisik (pagar
bumi) terpenuhi.
Meningkatnya
profesionalisme
guru.
Meningkatnya kinerja tenaga
non edukatif.
Terlaksananya supervisi klinis
secara berkala.
Meningkatnya pengelolaan sekolah.
Tercapainya tertib
administrasi
sekolah.
Tercukupinya dana
untuk
penyelenggaraan pendidikan.
|
40 %
20 %
20 %
20 %
20 %
20 %
20 %
25 %
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar