Sabtu, 28 September 2019

BAB II RKS


BAB II PROFIL SEKOLAH


A.   Identitas  Sekolah


1.  N S S                              :  201060404045
2. N P S N                          :  10110436
3. Nama Sekolah                :  SMPN 4 Birem Bayeun
4. Alamat Sekolah :
a. Jalan                          :  Utama      
b. Desa                          :  Alue Sentang       
c. Kecamatan                :  Birem Bayeun      
d. Kabupaten                 :  Aceh Timur       
e. Provinsi                     :  Aceh       
f. Kode Pos                  :  24451       
g. No. Telepon              :  085288867070       
5. Tahun Berdiri                 :  2007      


B.     Visi Sekolah

Terwujudnya Pendidikan Disiplin, Bermutu, Berkarakter, Berprestasi, Berdasarkan Imtaq dan Iptek

Indikator Visi :
1.      Mantap dalam budi pekerti dan disiplin menuju kualitas iman dan taqwa
2.      Berprestasi dalam akademik dan non akademik serta berakhlak mulia
3.      Penerapan kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan
4.      Terselenggaranya proses pembelajaran sesuai SNP
5.      Terlaksananya manajemen berbasis sekolah
6.      Menerapkan sistem penilaian otentik
7.      Optimalnya sumber dana dan daya dukung pendanaan sekolah
8.      Pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan mampu bersaing dalam perkembangan Iptek.


C.     Misi


a.       Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan terpadu.
b.      Menumbuh kembangkan semangat secara optimal sesuai dengan bakat yang dimiliki.
c.       Mewujudkan nilai-nilai yang berkarakter.
d.      Membiasakan disiplin didalam dan diluar sekolah.
e.       Menciptakan peserta didik yang mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan Iptek.
f.       Meingkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dengan memiliki, menguasai dan menerapkan secara konsisten dalam proses pembelajaran.




D.     Tujuan Sekolah

a.   Tujuan Sekolah Dalam Empat Tahun

Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang, maka tujuan yang akan di capai selama 4 tahun mendatang (2019 s/d 2023) diharapkan :
1)  Pada tahun 2020 rata-rata pencapaian nilai selisih NEM setiap mata pelajaran + 0,5.
2)  Pada tahun 2020, 100 % siswa lulus Ujian Nasional.
3)  Pada  tahun  2020  Tim  Bola  Volly  menjadi  juara  1  Tingkat
Kabupaten.
4)  Pada  tahun  2020  Tim  Badminton  menjadi  juara  1  Tingkat
    Kabupaten.
5)  Pada  tahun  2020  Tim  Karate  menjadi  juara  1  Tingkat
    Kabupaten.
6)   Pada  tahun  2020  Tim  Sanggar Seni  menjadi  juara  1 
    Tingkat Kabupaten.
7)  100 % siswa mempunyai ketrampilan campuran.
8)  Seluruh siswa dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
9)  Seluruh siswa mempunyai Ahlaqul Karimah.

b.  Hasil Yang Diharapkan.

1)  Menyusun dan menggunakan Dokumen 1 - KTSP.
2)    Adanya  dokumen  perangkat  pembelajaran  kelas  VII,  VIII,  IX
setiap mata pelajaran.
3)    Sistem penilaian yang berbasis kompetensi.
4)    Adanya desain pembelajaran yang bervariasi.
5)    Peningkatan jumlah lulusan dan rata-rata nilai hasil UAN
6)   Juara lomba mata pelajaran dan juara olah raga dan seni tingkat kabupaten.
7)    Terpenuhinya media pembelajaran.
8)    Terpenuhinya sarana dan prasarana pendidikan.
9)  Meningkatnya profesionalisme guru.
10) Meningkatnya kinerja tenaga non edukatif.
11) Terlaksananya supervisi klinis secara berkala.
12) Meningkatnya pengelolaan sekolah.
13) Tercapainya tertib administrasi sekolah.
14) Tercukupinya dana untuk penyelenggaraan pendidikan



c.   Tujuan Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020

No
.
Kondisi Saat Ini
Kondisi Yang Diharapkan
( 1 Tahun Ke Depan )
Besarnya
Tantangan Nyata
1




2





3




4



5

6






















7






8
KTSP masih dalam
proses pemantapan.



Dokumen perangkat pembelajaran belum sempurna



Kurang pemahaman terhadap sistem penilaian berbasis kompetensi
Desain pembelajaran kurang bervariasi
Jumlah lulusan 100% Juara lomba mata
pelajaran, olah raga
dan seni tingkat kecamatan


















Sebagian siswa mampu mengoperasikan computer program Microsoft Excel

Media pembelajaran kurang
KTSP digunakan sebagai
pedoman Penyelenggaraan
Sekolah

Adanya dokumen perangkat pembelajaran kelas VII, VIII, IX setiap mata pelajaran sesuai dengan kondisi riil sekolah.

Sistem penilaian yang berbasis kompetensi terlaksana dengan baik

Adanya desain pembelajaran yang bervariasi.

Jumlah lulusan 100%

Juara lomba olah raga bola
Volly putra tingkat kabupaten

Juara lomba olah raga  Badminton tingkat kabupaten.

Juara lomba baca puisi putra dan putri tingkat kabupaten.

Juara lomba paduan suara tingkat kabupaten

Juara lomba mapel bahasa tingkat kabupaten.

Juara lomba mapel IPS  tingkat kabupaten.

Semua siswa mampu mengoperasikan computer program Microsoft Excel




Terpenuhinya media pembelajaran.
10 %




0,5 %





10 %




0,5 %



0 %

10 %



10 %



10 %



10 %



10 %



10 %



5 %






70 %




9




10




11



12




13




14



15




16
Sarana dan prasarana
pendidikan belum tercukupi

Keamanan dari segi fisik belum terpenuhi.

Profesiolisme guru kurang

Kinerja tenaga non edukatif belum maksimal

Supervisi klinis dilaksanakan secara insidental

Pengelolaan sekolah belum maksimal

Tertib administrasi sekolah belum maksimal

Dana untuk penyelenggaraan pendidikan terbatas
Terpenuhinya sarana dan
prasarana pendidikan



Keamanan dari segi fisik (pagar bumi) terpenuhi.



Meningkatnya profesionalisme guru.

Meningkatnya kinerja tenaga non edukatif.



Terlaksananya supervisi klinis secara berkala.



Meningkatnya pengelolaan sekolah.

Tercapainya tertib administrasi sekolah.



Tercukupinya dana untuk penyelenggaraan pendidikan.
40 %




20 %




20 %



20 %




20 %




20 %



20 %




25 %


Tidak ada komentar:

Posting Komentar