BAB III
PROGRAM JANGKA PANJANG, MENENGAH
DAN
PRIORITAS PENGEMBANGAN
Untuk Mencapai
visi, misi
dan tujuan yang telah ditetapkan
bersama antara sekolah dengan komite sekolah, maka perlu disusun program jangka panjang dalam
bentuk rencana
strategis yang ingin dicapai sekolah
ke depan dan program jangka menengah yang disusun sebagai
tahapan untuk ketercapaian
rencana strategis
tersebut.
A.
Program Jangka Panjang
1. Terpenuhinya
sarana
dan prasarana sekolah
sesuai dengan standar
sarana
prasarana satuan
pendidikan menengah.
2. Meningkatkan kemampuan
profesionalisme guru sesuai
dengan
kualifikasi
dan kompetensi pendidik melalui pembinaan
dan
penataran
3. Terpenuhinya sarana komputer sesuai rasio jumlah siswa dengan 1 siswa 1 komputer dalam
rangka peningkatan pelayanan
pembelajaran.
4. Terpenuhinya buku penunjang maupun buku referensi pembelajaran sesuai
dengan rasio jumlah siswa.
5. Tersedianya
perpustakaan digital
sebagai upaya pelayanan
siswa sesuai
dengan era teknologi Informasi
dan Komunikasi.
6. Tersediannya
CD
pembelajaran interaktif,
software
pembelajran
mandirii maupun ebook sesuai dengan tuntutan global
ke
depan.
7. Terciptanya
pelayanan prima terhadap
peserta
didik baik
dalam proses
kegiatan
pembelajaran maupun kegiatan konsultasi, maupun kegiatan ekstra
kurikuler.
8. Terpenuhinya laboratorium Multimedia
sebagai sarana proses belajar
mengajar yang interaktif sesuai dengan era teknologi komunikasi.
9. Terpenuhinya
system
informasi manajemen
sekolah
dalam pengelolaan administrasi sekolah.
B. Program Jangka Menengah
1. Tersusunnya silabus yang telah
dikembangkan oleh guru sesuai dengan kondisi dan karakteristik sekolah.
2. Terciptanya
semangat kerja dan semangat
belajar para pendidik untuk
meningkatkan kemampuan
inovasi pembelajaran.
3. Tersusunnya rencana pembelajaran yang sesuai
dengan kondisi dan
karakteristik
peserta didik
4. Meningkatnya pelayanan kepada peserta didik untuk mempersiapkan ujian nasional
tahun 2020.
5. Mempertahankan kelulusan dan meningkatkan rata-rata nilai ujian nasional
tahun 2019/2020.
6. Menjalin hubungan kerja sama dengan orang tua siswa dalam rangka sukses ujian nasional
2020.
C. Prioritas Pengembangan
1.
Pengembangan
Akademik
Indikator mutu
pendidikan
sekolah dapat
dilihat dari
kelengkapan sarana dan
prasarana KBM, guru, siswa
serta mutu lulusan. Prioritas program dalam peningkatan
mutu pendidikan dalam
tahun 2019/2020.
a. Intrakurikuler
1. Intensifikasi
pelaksanaan pendekatan
ketrampilan
proses, analisa
ulangan
harian, perbaikan dan pengayaan dan ketuntasan belajar
2. Mendayagunakan
buku pelajaran wajib
dan alat pelajaran
serta alat peraga
3. Meningkatkan
efektifitas
dan efesiensi KBM
4. Meningkatkan
pelaksanaan
praktikum IPA
dan perpustakaan
5. Supervisi dan pembinaan guru
/ karyawan
6. Menambah jam pelajaran pada beberapa mapel Ujian Nasional, baik dalam
kegiatan
intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.
b. Indikator keberhasilan pelaksanaan program diharapkan :
1. Adanya peningkatan
rata-rata
Nilai Ujian Nasional, output, dan
input
2. Adanya peningkatan Ujian
Nasional dari tahun ketahun
3. Jumlah lulusan
banyak yang diterima di SMA/SMK negeri
4. Adanya siswa yang berprestasi
diluar bidang akademis
5. Menjadi
warga negara yang baik berdasarkan tujuan
pendidikan nasional
2.
Pengembangan
non akademik ( fisik )
Diprioritaskan pada sarana dan prasarana yang menunjang KBM dan penampilan sekolah
secara umum seperti :
a.
Perawatan dan penambahan komputer b.
Tambahan buku perpustakaan
( fisik ) c. Normalisasi saluran
air
d. Penambahan WC
siswa dan taman didepan
kelas
e.
Penanaman pohon perindang
f. Melakukan rehab
ruang kelas
3.
Ekstrakurikuler lebih menekankan pada pengembangan
minat,
bakat siswa berdasarkan
kegiatan
ekstra kurikuler meliputi
:
a. Pramuka
b. Palang Merah Remaja ( PMR )
c. Volly Ball
d. Baca Tulis Al
Qur’an
e. Seni Tari
f. Karate
Tidak ada komentar:
Posting Komentar