Sabtu, 28 September 2019

BAB III RKT 2019-2020

BAB III
EVALUASI DIRI SEKOLAH

Hasil Pemetaan Evaluasi Diri Sekolah pada tahun 2019 Sesuai dengan delapan standar nasional pendidikan adalah sebagai berikut:

3.1        Standar Isi
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
KEKUATAN :
1. Menyusun kurikulum menggunakan Panduan Penyusunan Kurikulum dari BNSP.
2. Kurikulum sekolah memuat 5 kelompok mata pelajaran, yaitu: Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, Ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, kesehatan dan olah raga.
3. Kurikulum sekolah dikembangkan berdasarkan 7  prnsip-prinsip pengembangan kurikulum.
4. Kurikulum disekolah disosialisasikan kepada guru dan tenaga kependidikan (warga sekolah)
KELEMAHAN :
1. RPP belum tersedia untuk semua mata pelajaran.
2. Belum memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
3. Kurikulum di sekolah belum direviu setiap 1 tahun sekali.
Kurikullum sekolah disusun dan dikembangkan sesuai dengan BSNP.
1.Sekolah akan mengupayakan semua RPP tersedia untuk semua mata pelajaran,
2.Sekolah akan membentuk Tim Pengembang Kurikulum.
Bukti-bukti fisik :
1.KTSP dokumen 1.
2.KTSP dokumen 2.
3.Notulen rapat sosialisasi KTSP.

2.
KEKUATAN :
1.Kurikulum sekolah memuat muatan lokal yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
2.Kurikuum sekolah memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yaitu: budi pekerti, pembinaan moral siswa, kegiatan hari besar nasional dan agama
KELEMAHAN :
1.Penyususnan kurikulum muatan lokal .
2.Karakter dalam kurikulum sekolah belum seluruhnya terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran.
Kurikulum sekolah disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.
1.Sekolah akan mengupayakan penyusunan kurikulum muatan lokal melibatkan kepala sekolah, pendidik, komite sekolah.
2.Sekolah akan memprogramkan karakter dalam kurikulum sekolah, seluruhnya terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran.
Bukti-bukti fisik :
1.Notulen rapat penentuan Mulok.
2.KTSP dokumen 1 (Muatan Lokal dan program pengembangan diri).
3.KTSP dokumen 2.
4.Perangkat pembelajaran  Mulok : BTQ.
3.
KEKUATAN :
1.Kurikulum sekolah memuat layanan pembelajaran, perbaikan, pengayaan/percepatan.
2.Struktur kurikulum sekolah sudah memuat alokasi waktu: jumlah jam pelajaran per Minggu 38 jam pelajaran, Alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran 40 menit, Jumlah Minggu efektif dalam 1 tahun adalah 34 – 38 minggu.
KELEMAHAN :
Kurikulum sekolah belum memprogramkan secara sistematis kegiatan remedian dan pengayaan.
1.         
Struktur kurikulum sekolah telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedian dan pengayaan.
Sekolah akan memprogramkan kegiatan remedial dan pengayaan secara sistematis.
Bukti-bukti fisik :
1.Struktur Kurikulum.
2.Program Remedial dan Pengayaan (KTSP).
3.Jadwal pelajaran.
4.Prota.
5.Promes.
6. Kalender Pendidikan.
4.
KEKUATAN :
1.Sekolah melaksanakan kegiatan evaluasi dan tindak lanjut.
KELEMAHAN :
1.Sekolah belum menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling bagi semua peserta didik.
2.Kegiatan bimbingan dan konseling belum terorganisir.
3.Sekolah belum ada guru BP/BK.
Sekolah memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebuutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
Sekolah memerlukan 2 orang guru BP/BK
Bukti-bukti fisik :
1.Program BP/BK dalam KTSP.
2.Jadwal Kegiatan konseling.
3.Buku catatan Pelanggaran siswa/kasus.
4.Laporan kegiatan BP/BK.
5.
KEKUATAN :
1.Kurikulum sekolah memuat program kehgiatan ekstrakurikuler.
2.Sekolah menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: Tari, BTQ, karate, tennis meja, bulu tangkis, bola volly dan pramuka.
KELEMAHAN :
1.Sekolah belum menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan kebuutuhan peserta didik.
2.Sekolah belum mengorganisasikan kegiatan ekstrakurikuler.
3.Sekolah belum membuat penilaian kegiatan ekstrakurikuler.
4.Sekolah belum melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakurikuler.
Sekolah sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.
Sekolah akan memprogramkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan kebutuhan peserta didik.
Bukti-bukti fisik :
1.Program kegiatan ekstrakurikuler.
2.Daftar hadir siswa
3.Daftar hadir pembina.
4. Jadwal kegiiatan.
5.Buku kegiatan.
6. SK. Pembina.
7.Dokumentasi kegiatan ekstrakurikuler.


3.2        Standar Proses
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
KEKUATAN :
1.Silabus dikembangkan berdasarkan pada standar isi, standar kompetensi kelulusan dan panduan KTSP.
2.Silabus mengarah pada pencapaian SKL.
3.Silabus memuat identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
KELEMAHAN :
1.Belum semua mata pelajaran memiliki silabus.
2.Silabus  belum mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah.
Silabus telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan  situasi dan kondisi sekolah.
Sekolah akan mengupayakan semua mata pelajaran memiliki silabus.
Bukti-bukti fisik :
1.KTSP dokumen
2.Silabus
2.
Kekuatan :
1.Di sekolah kami dalam menyusun silabus menggunakan panduan silabus yang disusun BNSP
2. 25% (4 orang) guru di sekolah kami menyusun dan mengkaji silabus secara mandiri dan melalui MGMP
3.75% (10 orang) guru menyusun silabus dengan mencontoh yang sudah ada
Kelemahan :
Tidak semua guru mereviu silabus setiap tahun.
Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
Sekolah kami mengupayakan agar semua guru mereviu silabus setiap tahun.

Bukti-Bukti Fisik

ü  Dokumen 2

ü  Lampiran Silabus

3.
Kekuatan :
1.Di sekolah kami dalam menyusun RPP berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran
2.RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.
3.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memuat : identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar
4.RPP disusun untuk setiap KD untuk satu kali pertemuan atau lebih.
5. 25% (4 orang) guru menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL
Kelemahan :
1.Disekolah kami belum 100% (14 orang) guru di sekolah kami menyusun RPP dan mereviu setiap tahun
2.Disekolah kami belum 100% (14 orang) guru di sekolah kami menyusun Prota, Prosem, Minggu Efektif dan Pemetaan KD
3. 75% (10 orang) guru belum menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL
RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
1.        Sekolah kami akan memprogramkan agar 100% (14 orang) guru menyusun RPP dan mereviu setiap tahun
2.        Sekolah kami akan memprogramkan agar 100% (14 orang) guru menyusun Prota, Prosem, Minggu Efektif dan Pemetaan KD

Bukti-Bukti Fisik

Dokumen 2

RPP
4.
Di sekolah kami dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal , kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
Sekolah kami akan mengupayakan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal , kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya

Bukti-Bukti Fisik

  Dokumen 2

  RPP
5.
Kekuatan :
1.Sumber belajar yang tersedia di sekolah kami antara lain : buku teks, buku referensi dan sumber belajar lain
2.Buku teks di sekolah kami cukup untuk mata pelajaran tertentu
Kelemahan :
1.Sekolah kami menentukan buku teks belum melalui rapat pendidik dan komite sekolah.
2.Tidak semua guru memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber dalam proses pembelajaran
3).Laboratorium IPA sekolah kami belum dapat digunakan dalam proses pembelajaran (bangunan belum siap).
Tidak semua guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran
Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
1.Sekolah kami membutuhkan tambahan buku teks
2.Laboratorium disekolah kami harus segera dirampungkan pembangunannya

Bukti-Bukti Fisik

ü  Notulen Rapat penentuan buku teks

ü  Buku teks pelajaran

ü  Buku referensi
ü  Buku kunjungan Perpustakaan
ü  Buku kegiatan Lab IPA

 

6.
Kekuatan :
1).60% (8 orang) guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disiapkannya
2).Dalam proses pembelajaran 25% (4 orang) guru menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak didik
Kelemahan :
1). Dalam proses pembelajaran 75% (10 orang) guru belum menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak didik
2).Dalam proses pembelajaran di sekolah kami  belum 100% (14 orang) guru melalui langkah-langkah pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup.
Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100% (14 orang) guru menggunakan metode yang interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak didik

Bukti-Bukti Fisik

ü  Silabus

ü  RPP

ü  Promes
ü  Prota

7.
Kekuatan :
Di sekolah kami 25 % (4 orang) guru mengelolah kelas secara efektif dan memberi kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfimasi
Kelemahan :
1). Di sekolah kami 75 % (10 orang) guru belum mengelolah kelas secara efektif dan memberi kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.
Sekolah kami akan mengupayakan 100 % (14 orang) guru mengelolah kelas secara efektif dan memberi kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfimasi

Bukti-Bukti Fisik

ü  Silabus

ü  RPP
ü  Lembar kegiatan siswa
ü  Buku Tugas/PR siswa

8.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami Kepala sekolah melakukan supervisi proses pembelajaran melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
Kelemahan :
1). Di sekolah kami belum mempunyai program kerja untuk supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
2). Di sekolah kami belum dilaksanakan supervisi penilaian hasil belajar
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
Sekolah kami akan membuat membuat program kerja untuk supervisi dan evaluasi proses pembelajaran serta melaksanakan supervisi penilaian hasil belajar

Bukti-Bukti Fisik

ü  Program Supervisi

ü  Jadwal Supervisi

ü  Buku supervisi

9.
Kekuatan :
1). Pelaksanaan supervisi di sekolah kami dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah
Kelemahan :
1). Hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran belum ditindaklanjuti dengan penguatan dan penghargaan bagi yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik bagi yang belum memenuhi standar, diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut
2). Hasil supervisi tidak dilaporkan kepada pemangku kepentingan
Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas
Sekolah Kami akan menindaklanjuti Hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dengan penguatan dan penghargaan bagi yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik bagi yang belum memenuhi standar, diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Supervisi

ü  Jadwal Supervisi

ü  Buku supervisi



3.3        Standar Lulusan
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami hasil belajar siswa dapat mencapai target yang ditetapkan pada KKM untuk setiap mata pelajaran dari setiap kelas
Kelemahan :
1). Di sekolah kami nilai rata-rata untuk setiap mata pelajaran untuk setiap kelas menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik, namun cenderung tidak konsisten
2). Hasil lulusan ujian dapat berhasil 100 % untuk setiap tahunnya, namun nilai cenderung tidak konsisten
Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
Sekolah kami akan mengupayakan Hasil lulusan ujian dapat berhasil 100 % untuk setiap tahunnya, dan konsisten

Bukti-Bukti Fisik :

ü  DKN/leger
ü  LHBS(buku Rapor)
ü  Dakolnun
ü  Laporan Kelulusan

2.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami peserta didik selalu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya
2). Di sekolah kami  peserta didik sebagian memanfaatkan perpustakaan, lingkungan sebagai sumber belajar dalam menyelesaikan tugas-tugas
Kelemahan :
1). Di sekolah kami perolehan nilai tugas-tugas peserta didik belum menunjukkan peningkatan.
2). Di sekolah kami sebagian peserta didik belum memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
Sekolah kami akan memprogramkan dalam setiap proses pembelajaran agar peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  RPP
ü  Agenda guru
ü  Buku Tugas/PR
ü  Makalah siswa
ü  Kliping
ü  Buku kunjungan perpustakaan

3.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami semua peserta didik memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
2). Di sekolah kami peserta didik memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni
3). Di sekolah kami peserta didik memperoleh pengalaman mengekspresikan karya seni dan budaya
Kelemahan :
1). Di sekolah kami tidak semua peserta didik mampu mengekspresikan karya seni dan budaya
2). Di sekolah kami belum ada guru/tenaga pendidik seni budaya
Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
Sekolah kami membutuhkan guru bidang studi seni budaya.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Daftar hadir siswa
ü  Pajangan di kelas
ü  Hasil karya seni siswa
ü  Dokumentasi kegiatan
ü  Daftar hadir siswa
ü  Pajangan di kelas
ü  Hasil karya seni siswa
ü  Dokumentasi kegiatan

4.
Kekuatan :
1). Semua  peserta didik mengikuti kegiatan pengembangan kepribadian  yang diselenggarakan oleh sekolah.
Kelemahan :
1). Di sekolah kami belum menyusun program pengembangan kepribadian peserta didik.
2). Sekolah kami  belum menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan kepribadian peserta didik berupa Kepramukaan, Upacara Bendera dan konseling (pengembangan kehidupan pribadi)
3). Tidak semua peserta didik berkepribadian sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik.
Sekolah kami akan menyusun program pengembangan kepribadian peserta didik

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Pengembangan Diri (KTSP)
ü  Program OSIS
ü  Daftar hadir siswa
ü  Dokumentasi kegiatan

5.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami menawarkan berbagai ketrampilan hidup namun tidak sepenuhnya sesuai dengan bakat dan minat peserta didik
Kelemahan :
1). Di sekolah kami belum menyusun program pengembangan ketrampilan hidup.
2). Sekolah kami belum menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan ketrampilan hidup seperti : menjahit, elektro, sepak bola , kasidah dll.
Sekolah mengembangkan keterampilan hidup.
Sekolah kami akan menyusun program pengembangan ketrampilan hidup dan menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan ketrampilan hidup seperti : menjahit, elektro, sepak bola , kasidah dll.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program ekstra kurikuler (sepak bola, qasidah, menjahit dan elektro)
ü  Daftar hadir kegiatan

6.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami 100 %  peserta didik  mengamalkan ajaran agama sesuai dengan agama yang mereka ikuti.
2). 75 % peserta didik berperilaku sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di lingkungan mereka.
3). 75 %  peserta didik mematuhi norma/aturan yang berlaku di sekolah maupun di masyarakat dimana mereka tinggal.
Kelemahan :
1). Peserta didik sekolah kami dalam menerapkan nilai agama dan budaya belum secara konsisten
Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.
Sekolah kami akan membina peserta didik agar dapat menerapkan nilai agama dan budaya secara konsisten

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Pengembangan diri
ü  Dokumentasi kegiatan sosial keagaman
ü  Buku Kasus



3.4        Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami jumlah pendidik / guru keseluruhan  14 orang
Kelemahan :
1). Pendidik di sekolah kami belum memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik
2). Jumlah guru mata pelajaran baru 8 orang (PNS)
3). Di sekolah kami jumlah pendidik belum memadai sesuai standar yang ditetapkan Jumlah guru keseluruhan  6 orang (sebagian besar Honor murni)
Jumlah pendidik memenuhi standar.
Sekolah kami masih membutuhkan tambahan jumlah guru mata pelajaran

Bukti-Bukti Fisik :

ü  SK guru
ü  Buku Induk Guru
ü  File Guru

2.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami jumlah  tenaga kependidikan belum sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
(1). Jumlah Tenaga  Administrasi : 2 orang
(2). Jumlah BP : 1 orang
(3). Jumlah Pustakawan : 1 orang
(4). Jumlah Laboran :  (belum ada)
(5). Jumlah Petugas Satpam :  (belum ada)
(6). Jumlah Tenaga Kebersihan : 1 orang
Kelemahan :
1). Di sekolah kami jumlah  tenaga kependidikan belum sesuai dengan standar yang ditentukan
Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.
Sekolah kami membutuhkan satpam dan laboran.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  SK Tenaga Kependidikan
ü  Buku Kepegawaian
ü  File Tenaga Kependidikan

3.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami kepala sekolah berijazah S1 Kependidikan dan bersertifikat  pendidik
2). Di sekolah kami kualifikasi guru:
- berijazah S1  12 orang
- bersertifikasi pendidik 4 orang
Kelemahan :
1). Di sekolah kami guru yang belum berijazah S1:
-berijazah SMA/MA 1 orang ( 1 orang proses S1)
berijazah D/III 1 orang (proses S1)
Kualifikasi pendidik memenuhi standar.
Sekolah kami membutuhkan tambahan tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi pendidik yang memenuhi standar

Bukti-Bukti Fisik :

ü  SK Kepala Madrasah
ü  SK guru
ü  Sertifikat Guru
ü  Buku Induk Guru
ü  File Guru

4.
Di sekolah kami kualifikasi  tenaga kependidikan belum sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
-Jumlah Tenaga  Administrasi : 2 orang ( berijazah S1 : 1 orang, berijazah SMA : 1 orang, tidak bersertifikat Tenaga Administrasi)
-Jumlah BP : 1 orang
-Jumlah Pustakawan : 1 orang (1 berijazah S-1, bersertifikat perpustakaan)
-Jumlah Laboran : (belum ada)
-Jumlah Petugas Satpam : (belum ada)
-Jumlah Tenaga Kebersihan : 1 orang (berijazah : Paket B)
Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar.
Sekolah kami membutuhkan penambahan tenaga kependidikan yang berkualifikasi tenaga kependidikan yang memenuhi standar

Bukti-Bukti Fisik :

ü  SK Tenaga Kependidikan
ü  Buku Buku Kepegawaian
ü  File Tenaga kependidikan

5.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami kepala sekolah memenuhi syarat minimal  kompetensi (kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial) yang ditentukan
2). Di sekolah kami pendidik memenuhi syarat minimal kompetensi (pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial)yang ditentukan
Kelemahan :
1). Di sekolah kami kompetensi pendidik belum sesuai standar yang ditetapkan
Kompetensi pendidik memenuhi standar.
Sekolah kami memerlukan tambahan tenaga pendidik yang memenuhi standar kompetensi pendidik

Bukti-Bukti Fisik :

ü  SK Kepala Sekolah
ü  Daftar Hadir Guru dan Pegawai
ü  Pembagian jam mengajar
ü  Laporan Kelulusan
ü  Daftar siswa melanjutkan
ü  Buku Supervisi

6.
Kekuatan :
1). Di sekolah kami tenaga kependidikan memenuhi syarat minimal  kompetensi yang ditentukan:
1.Kompetensi tenaga Administrasi :
a.Tenaga administrasi kami sudah memenuhi komopetensi kepribadian
b.Tenaga administrasi kami sudah memenuhi komopetensi sosial
c.Tenaga administrasi kami sudah memenuhi komopetensi tehnis
2.Kompetensi Petugas perpustakaan :
a.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi pengelolaan informasi
b.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi kependidikan
c.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi kepribadian
d.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi sosial
3.Kompetensi penjaga sekolah:
a.Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi kepribadian
b.Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi social
b.Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi teknis
Kelemahan :
1). Kompetensi Konselor/BP :
a.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi pedagogik
b.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi kepribadian
c.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi sosial
d.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi profesional
2). Kompetensi Petugas laboratorium IPA
a.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi kepribadian
b.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi sosial
c.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi administrasi
d.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi profesional
Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar
1.Sekolah kami membutuhkan tenaga/guru BP/BK yang sesuai dengan kompetensi Konselor/BP
2.Sekolah kami membutuhkan tenaga laboran yang sesuai dengan Kompetensi Petugas laboratorium IPA

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Daftar Hadir Guru dan Pegawai
ü  Buku Catatan Penilaian Guru dan Pegawai



3.5        Standar Sarana dan Prasarana
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.

Kekuatan :

A . Lahan Sekolah

      a.Luas lahan 2.400 m2
      b.Rasio luas lahan terhadap peserta didik : 5,5  m2
      c.Mimiliki  bukti  kepemilikan  tanah (Akte Hibah), sertifikat dalam proses
B. Bangunan Gedung
     a.Luas lantai 797,03 m2
     b.Rasio luas lantai terhadap peserta didik : 3,2 m2
     c.Dilengkapi instalasi listrik dengan daya  1.300 watt
     d.Sudah memiliki  IMB
C. Sarana dan Prasarana
1.        Ruang Kelas 
       a.Banyaknya ruang kelas 3 ruang
       b.Luas ruang masing-masing 81 m2
       c.Fasilitas pencahayaan memadai
      d.Sarana ruang kelas yang tersedia :
- Perabot : kursi dan meja sejumlah peserta didik, 1 kursi dan 1 meja guru,  1 lemari,  1 papan Absensi Siswa
- Media Pendidikan : 1 papan tulis White Board
- Perlengkapan lain 1 tempat sampah, 1 jam dinding, soket listrik 1 buah, dan media dinding
- Belum ada tempat cuci tangan
2.        Ruang Perpustakaan
      a.Luas Ruang Perpustakaan 135 m2
      b.Fasilitas pencahayaan memadai
Sarana ruang perpustakaan yang tersedia :
- Buku : buku teks pelajaran, buku panduan pendidik, buku pengayaan, buku referensi.
- Perabot : 6 meja baca individu,10 meja baca kelompok, 1 meja serba guna, 1 meja kerja, 1 meja sirkulasi,1 meja ketik, 28 kursi siswa, 1 kursi bulat pendek, 1 kursi kerja, 6 lemari  buku, 1 lemari katalog, 1 lemari kardek, 3 rak tas/barang,3 rak buku satu muka, 2rak buku dua muka, 1 rak majalah, 1 rak atlas, 1 rak ensiklopedi, 1 rak koran, 2 rak dorong, 1 papan tulis gantung, 1 papan pameran,  soket listrik 3 buah.
- Media Pendidikan : (di Perpustakaan)
- Perlengkapan lain : 1 buku inventaris, 1 tempat sampah, 1 jam dinding.
3.        Ruang Pimpinan
a.Luas ruang pimpinan 28 m2  b.Sarana ruang pimpinan :
- Perabot : 1 meja dan kursi pimpinan, 1 set meja dan kursi tamu, 2 lemari, 1 papan statistik
- Perlengkapan lain : 1 set simbol kenegaraan, 1 tempat sampah, 1 laptop, 1 jam dinding, 1 papan struktur sekolah, 1 papan jadwal kegiatan, soket listrik 1 buah.
4.        Ruang Guru
 a.Luas lantai  64 m2
 b.Sarana ruang guru :
- Perabot : 13 meja dan kursi, 2 lemari, 1 papan statistik, 1 papan pengumuman, soket listrik 1 buah, Papan Visi Misi Sekolah, Papan Program Tahunan Sekolah, Papan Tata Tertib Sekolah
- Perlengkapan lain : 1 tempat sampah, 1 jam dinding, 1 penanda waktu.
5.        Ruang Tata Usaha
   a.Rasio ruang Tata Usaha 8 m2/petugas.
   b.Luas ruang tata usaha 64 m2.
   c.Ruang tata usaha dilengkapi sarana :
Kursi kerja 1 buah/petugas, meja kerja 1 buah/petugas, lemari 2 buah, papan statistik 1 buah, komputer 1 set, Lap Top 1 buah buah, jam dinding 1 buah, soket listrik 3 buah,   tempat sampah 1 buah.
6.        Jamban
    a.Jumlah jamban 3 buah, luas tiap jamban  4 m2
    b.Tersedia air bersih.
    c. Sarana yang tersedia: 1 kloset jongkok, 1 tempat air, 1 gayung, 1 gantungan pakaian, 1 tempat sampah
7.        Gudang 
    a.Luas lantai 9 m2
    b.Sarana yang tersedia : 1 rak(belum ada)
8.        Ruang Sirkulasi tersedia dengan lebar 1,8 m panjang 16 m
9.        Tempat Bermain / Berolahraga
    a.Luas tempat bermain/berolah raga 400 m2.
     b.Sarana tempat bermain :
         -Perlengkapan lain : 1 tiang bendera, tiang net  volly, tiang net Badminton
      Kelemahan :
10.     Laboratorium IPA
    a.Luas laboratorium 135 m2  (digunakan sebagai RKB)
     b.Sarana laboratorium yang tersedia:
- Peralatan pendidikan (belum ada) l
- Peralatan Pendidikan : (belum ada)
- Perlengkapan lain : (belum ada)
11.     Tempat  beribadah (belum  ada, numpang di mesjid dan balai pengajian desa)
12.     Ruang Konseling (belum ada)
13.     Ruang UKS (belum ada)
14.     Ruang Organisasi Kesiswaan (belum ada)
Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
Sekolah kami memerlukan penambahan ruang/bangunan Laboratorium (sudah ada tapi digunakan sebagai RKB), tempat ibadah, ruang konseling, ruang UKS, dan ruang Kesiswaan.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Surat tanah (Akte Hibah, proses sertifikasi)
ü  Data jumlah peserta didik
ü  Daftar inventaris ruangan
ü  Dokumen profil sekolah
ü  Kondisi nyata sekolah
2.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki 6 rombongan belajar dengan jumlah peserta didik 180 anak, rasio jumlah peserta didik per rombongan belajar : 37 anak/rombongan belajar (belum memenuhi SPM)
Kelemahan :
1). Jumlah peserta didik dalam setiap rombongan belajar lebih dari 32 peserta didik
a). Kelas 7 : 2 rombel, jumlah peserta didk seluruhnya : 53 anak.
b). Kelas 8 : 2 rombel, jumlah peserta didik seluruhnya: 84 anak.
Kelas 9 : 2 rombel, jumlah peserta didk seluruhnya: 43 anak.
Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar
Sekolah kami memerlukan penambahan ruang kegiatan belajar (RKB) 2 ruang

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Profil sekolah
ü  Data siswa
ü  Kondisi nyata sekolah
3.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar  belum sesuai  sesuai SPM, yaitu:
a). Ruang kelas :  1 papan tulis  White Board setiap kelas.
b). Perpustakaan :
- Buku : 250 buku teks pelajaran/pelajaran,27 buku panduan pendidik, 15 buku referensi, 15 judul sumber belajar lain.
- Media pendidikan : belum ada peralatan multi media.
c). Di tempat bermain / berolah raga :
- Tiang bendera 1 buah, bendera 2 buah, peralatan bola voli 2 set ( 6 bola), peralatan sepak bola 2 set (6 bola), peralatan senam  matran  tali loncat, simpai (ada), bola plastik, tongkat, palang tunggal(ada), peralatan atletik 1 set lembing, cakram, peluru, tongkat estafet, peralatan seni budaya.
Kelemahan :
1). Di ruang laboratotium IPA (belum ada tersedia alat  serta sarana belajar)
Di tempat bermain / berolah raga : peralatan bola basket (sudah  ada, tapi lapangan belum ada), peti loncat(belum ada), gelang(belum ada), bak loncat(belum ada), peralatan ketrampilan (belum ada).
Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.
1. Sekolah kami memerlukan perampungan bangunan Laboratorium dan kelengkapan alat dan sarana lap. IPA.
2. Sekolah Kami memerlukan pembangunan lapangan bola basket dan penambahan alat dan sarana keterampilan.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Buku inventaris Sekolah
ü  Daftar Inventaris Perpustakaan
ü  Daftar inventaris Lab. IPA
ü  Daftar inventaris gudang
4.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki progran perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana
2). Sekolah kami melaksanakan perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana secara berkala
Kelemahan :
1). Sekolah kami dalam melaksanakan perbaikan / pemeliharaan sarana dan prasarana belum terekam dengan baik

Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.
Sekolah kami memerlukan alokasi dana rutin agar dapat melaksanakan program perbaikan/pemeliharaan sarana dan prasarana secara berkala dan dapat terekam dengan baik.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  RKS
ü  RKAS
ü  RAPBS
ü  Laporan Keuangan
5.
Kekuatan :
1). Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah yang mudah dijangkau oleh peserta didik.
2). Ruang pimpinan mudah dicapai/dijangkau oleh guru dan tamu sekolah.
3). Ruang guru mudah dicapai dari halaman sekolah ataupun dari luar lingkungan sekolah, serta dekat dengan ruang pimpinan.
4). Ruang tata usaha  mudah dicapai dari halaman sekolah ataupun dari luar lingkungan sekolah, serta dekat dengan ruang pimpinan.
5). Lahan sekolah kami terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa.
6). Lahan terhindar dari pencemaran air,  pencemaran udara, dan kebisingan.
7). Bangunan gedung mampu meredam getaran dan kebisingan yang mengganggu proses pembelajaran.
8). Setiap ruangan memiliki temperatur dan kelembaban udara yang tidak melebihi kondisi di luar ruangan.
9). Sekolah dalam keadaan: bersih, tertib, rindang, indah, dan sehat.
Kelemahan :
1). Sekolah kami susah dijangkau pada musim penghujan.
2). Bangunan gedung belum dilengkapi sistem proteksi pasif dan /atau proteksi aktif untuk mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran dan petir.
3). Sekolah kami belum terproteksi dari gangguan keamanan dari luar (belum memiliki pagar yang kokoh dan berpintu)
4). Bangunan gedung belum memiliki sanitasi di dalam dan di luar untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pembuangan air kotor dan/atau limbah, kotoran dan sampah, serta penyaluran air hujan.
Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.
1.Sekolah kami membutuhkan dibangunnya sarana sanitasi di dalam dan di luar untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pembuangan air kotor dan/atau limbah, kotoran dan sampah, serta penyaluran air hujan.
2. Sekolah kami membutuhkan pembuatan pagar sekolah yang kokoh dan berpintu.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Profil Sekolah
ü  Denah Sekolah
ü  Kondisi riil sekolah



3.6        Standar Pengelolaan
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki visi dan misi
2). Dalam merumuskan visi dan misi sekolah kami melibatkan kepala sekolah, guru dan Komite sekolah
3). Sekolah kami mensosialisasikan rumusan visi dan misi kepada warga sekolah
Kelemahan :
1). Warga sekolah kami belum sepenuhnya memahami visi dan misi sekolah
2). Sekolah kami belum mereviu visi dan misi secara berkala
3). Sekolah kami belum mensosialisasikan visi dan misi kepada orang tua siswa dan masyarakat sekitar

Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
Sekolah kami akan memprogramkan dalam RKS waktu untuk mensosialisasikan visi dan misi kepada orang tua siswa dan masyarakat sekitar

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Rumusan Visi dan Misi
ü  Pajangan Visi dan Misi
ü  Notulen Rapat perumusan visi dan Misi

2.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki RKS
2). Dalam merumuskan RKS  sekolah kami melibatkan kepala sekolah, guru, Komite sekolah
Kelemahan :
1). RKS  sekolah kami belum disahkan oleh Kemdiknas
2). RKS  belum dilaksanakan sepenuhnya secara mandiri, partisipatif dan akuntabel

Pengelolaan sekolah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
Sekolah kami akan terus berupaya untuk menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Dokumen RKS
ü  Notula Rapat perumusan RKS

3.
Kekuatan :
1). RKS  sekolah kami dirumuskan dengan mengacu pada visi, misi dan tujuan sekolah
2). RKS  sekolah kami dirumuskan dengan mengacu pada SKL
3). RKS  sekolah kami disusun dalam bentuk renstra
3). RKS  sekolah kami disahkan oleh Kepala sekolah
Kelemahan :
1). Sekolah belum mensosialisasikan dengan baik RKS  kepada seluruh warga sekolah
2). Sekolah kami belum mereviu RKS  secara berkala
Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.
Sekolah kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan dengan baik RKS  kepada seluruh warga sekolah

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Dokumen RKS

4.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki RKAS
2). Dalam merumuskan RKAS  sekolah kami melibatkan kepala sekolah, guru  dan Komite sekolah
3). RKAS  sekolah kami disusun berdasarkan rencana kerja menengah serta mengacu pada standar isi, standar Kompetensi Lulusan, standar Proses dan standar Penilaian
4). RKAS  sekolah kami disetujui oleh Komite Sekolah dan disahkan oleh Kepala sekolah
Kelemahan :
RKAS  belum tersosialisasikan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan
Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)
Sekolah kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Dokumen RKAS
ü  Notula Rapat Penyusunan RKAS

5.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah.
2). Sekolah kami sudah menyusun laporan hasil evaluasi diri sekolah.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum melaksanakan evaluasi proses pembelajaran setiap akhir semester.
2). Sekolah kami belum melaksanakan evaluasi program kerja tahunan / RKAS setiap akhir tahun.
3). Sekolah kami belum menganalisa terhadaphasil evaluasi.
4). Sekolah kami belum menyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak lanjut terhadap hasil evaluasi diri sekolah.
Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.
1.Sekolah kami akan melaksanakan evaluasi proses pembelajaran setiap akhir semester.
2.Sekolah kami akan melaksanakan evaluasi program kerja tahunan / RKAS setiap akhir tahun.
3.Sekolah kami akan menganalisa terhadaphasil evaluasi dan menyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak lanjut terhadap hasil evaluasi diri sekolah.

Bukti-Bukti Fisik :

  RKAS 
 √ Laporan EDS 2013/2014
6.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah menentukan indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran.
2). Sekolah sudah  menyusun KKM untuk setiap mata pelajaran.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mensosialisasikan indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran kepada segenap warga sekolah.
2). Sekolah kami belum melakukan penilaian kinerja proses pembelajaran.
3). Sekolah kami belum melakukan penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM.
4). Sekolah kami belum melakukan perbaikan kinerja proses pembelajaran.
Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.
Sekolah kami akan melaksanakan penilaian kinerja proses pembelajaran, penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM dan perbaikan kinerja proses pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Laporan EDS
ü  Dokumen penentuan KKM
ü  Dokumen RKS
ü  Dokumen RKAS

7.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah memiliki program pengelolaan sistem informasi.
2). Sekolah kami sudah mengelola Sistim Informasi Manajemen Pendidikan berbasis ICT program office
3). Sekolah kami menerima dan menyimpan data (melaksanakan pendataan) sudah secara lengkap dan akurat.
Kelemahan :
1). Komunikasi antar warga sekolah kami belum efektif dan efisien.
2). Sekolah kami melaporkan data belum secara lengkap dan akurat.

Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.
Sekolah kami akan terus berupaya untuk melakukan Komunikasi antar warga sekolah kami secara efektif dan efisien dan akan melaporkan data  secara lengkap dan akurat.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Dokumen data sekolah
ü  Pajangan data sekolah
ü  Database sekolah

8.
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki fasilitas informasi berupa, internet (blog), e-mail, dan papan informasi
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum menugaskan seorang guru / tenaga kependidikan untuk melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah.
2). Sekolah kami belum mencatat dan didokumentasikan semua informasi dari masyarakat.
Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses.
Sekolah kami membutuhkan seorang guru / tenaga kependidikan untuk melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sekolah.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Papan pengumuman
ü  Kotak saran
ü  Internet (Blog Sekolah)
ü  E-mail

9.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah menyusun program pemberdayaan Pendidik dan Tanaga Kependidikan.
2). Sekolah kami sudah mendukung kebijakan dinas dalam memberdayakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
3). Sekolah kami sudah menyusun / memiliki deskripsi tugas pokok dan fungsi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
4). Sekolah kami sudah memfasilitasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk pengembangan profesinya.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mengevaluasi pelaksanaan program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sekolah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.
Sekolah kami akan melakukan evaluasi pelaksanaan program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Pemberdayaan dan Peningkatan PTK (RKS  dan RKAS )
ü  Dokumen Pembagian Tugas/TUPOKSI
ü  Surat tugas
10.
Kekuatan :
1). Sekolah kami menyusun program pengawasan terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan.
2). Sekolah kami sudah mensosialisasikan program pengawasan kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
3). Kepala Sekolah sudah melaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik secara berkala
4). 100 %  pendidik melaporkan hasil evaluasi dan penilaian kepada Kepala Sekolah setiap semester.
5). 100 %  pendidik melaporkan hasil evaluasi dan penilaian kepada orangtua peserta didik setiap semester.
Kelemahan :
1). Komite Sekolah kami belum melakukan pemantauan terhadap pengelolaan sekolah
2). Pengawas Sekolah melaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik belum secara berkala
3). Pengawas Sekolah belum melaporkan hasil supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik kepada sekolah
Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional
1). Sekolah kami akan mengupayakan peran aktif komite untuk  melakukan pemantauan terhadap pengelolaan sekolah
2). Sekolah kami sangat mengharapkan  supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik  secara berkala oleh pengawas dan  melaporkan hasil supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik kepada sekolah.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program supervisi dan evaluasi PTK
ü  LHBS (Rapor)  UTS dan Semester
ü  Buku pengambilan rapor/ijazah
ü  Buku Pembinaan

11.
Kekuatan :
1). Warga sekolah kami terlibat langsung dalam kegiatan akademis
2). Warga sekolah kami terlibat dalam kegiatan non akademis
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum menjalin hubungan kemitraan dengan dunia usaha
Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.
Sekolah kami akan terus beruapaya menjalin hubungan kemitraan dengan dunia usaha

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Komite Sekolah
ü  Dokumen Tryout
ü  Dokumentasi kegiatan

12.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah memiliki program pelibatan masyarakat dalam pengelolaan kegiatan non akademik.
2). Sekolah kami sudah melibatkan masyarakat dalam kegiatan peringatan hari besar keagamaan
Kelemahan
1). Sekolah kami belum menjalin kemitraan dengan masyaraat
Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.
Sekolah kami akan berupaya untuk menjalin kemitraan yang lebih baik dengan masyarakat

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Komite
ü  Dokumentasi kegiatan keagamaan


3.7        Standar Pembiayaan
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah menyusun RAPBS/ RKAS
2). Perumusan RAPBS/RKAS sekolah kami sudah merujuk pada ketentuan yang berlaku
3). RAPBS / RKAS sekolah kami sudah berisi program kegiatan, sumber dana dan nominalnya, pembelanjaan dan nominalnya
Kelemahan :
1). RAPBS/RKAS sekolah kami belum dikomunikasikan dengan Komite dan pemangku kepentingan

Anggaran sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
Sekolah kami akan berupaya untuk mengomunikasikan RAPBS/RKAS dengan Komite dan pemangku kepentingan

Bukti-Bukti Fisik :

ü  RAPBS/RKAS

2.
Kekuatan :
1). Perumusan RAPBS/RKAS di sekolah kami melibatkan kepala sekolah, Guru, tenaga kependidikan dan komite sekolah.
Kelemahan :
1). Perumusan RAPBS/RKAS di sekolah kami belum melibatkan pemangku kepentingan yang relevan.

Perumusan RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.
Sekolah kami akan beruapaya untuk melibatkan pemangku kepentingan yang relevan dalam perumusan RAPBS/RKAS di sekolah.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  RAPBS
ü  Notulen rapat RAPBS

3.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah memberitahukan  rencana pengelolaan keuangan  kepada pemangku kepentingan. 
2). Pembelanjaan keuangan sekolah kami belum sesuai dengan  rencana anggaran
3). Sekolah kami sudah melaksanakan  pembukuan keuangan sekolah.
4). Pemeriksaan Buku Kas sekolah kami sudah dilakukan secara periodik oleh petugas yang berwenang
5). Setiap transaksi keuangan (penerimaan dan pengeluaran) sudah disertai dengan bukti yang sah.
Kelemahan :
1). Pengelolaan keuangan sekolah kami belum dapat diketahui dengan mudah oleh semua pemangku kepentingan sekolah.
2). Sekolah kami belum memiliki catatan logistik (uang dan barang) sesuai dengan mata anggaran dan sumber dananya masing-masing.

Penyusunan rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.
1). Sekolah kami akan terus berupaya agar Pengelolaan keuangan sekolah kami dapat diketahui dengan mudah oleh semua pemangku kepentingan sekolah.
2). Sekolah kami akan membuat catatan logistik (uang dan barang) sesuai dengan mata anggaran dan sumber dananya masing-masing.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  RAPBS
ü  Buku Kas
ü  Laporan Keuangan
ü  Bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran yang sah
4.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah menyusun laporan pengelolaan keuangan.
2). Sekolah kami sudah melaporkan pengelolaan keuangan kepada pemerintah.
Kelemahan :
1). Sekolah kami sudah melaporkan pengelolaan keuangan kepada warga sekolah namun belum secara rutin.
2). Sekolah kami belum melaporkan pengelolaan keuangan kepada masyarakat.
Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.
Sekolah kami akan terus berupaya untuk melaporkan pengelolaan keuangan kepada warga sekolah secara rutin dan melaporkan pengelolaan keuangan kepada masyarakat.

Bukti-Bukti Fisik :

  Buku Kas

  Laporan Keuangan


5.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum menyusun program pengembangan kewirausahaan.
2). Sekolah kami belum menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan
3). Sekolah kami belum mengidentifikasi sumber dana dan donatur
4). Sekolah kami belum menyusun proposal penggalian dana

Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
Sekolah kami akan berupaya untuk menyusun program pengembangan kewirausahaan, menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan, mengidentifikasi sumber dana dan donatur dan menyusun proposal penggalian dana

Bukti-Bukti Fisik :


6.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mengidentifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility)
2). Sekolah kami belum menyusun proposal penggalian dana dari Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility)
3). Sekolah kami belum melakukan kegiatan dengan melibatkan Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility)
Sekolah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.
Sekolah kami akan merencanakan untuk mengidentifikasi  Dunia Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility) , menyusun proposal penggalian dana dari Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility), dan melakukan kegiatan dengan melibatkan Usaha dan Dunia Industry  yang memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility).

Bukti-Bukti Fisik :


7.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah memiliki data alumni tetapi belum lengkap.
2). Sekolah kami sudah memiliki wadah / organisasi alumni tetapi tidak aktif
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mempunyai program kegiatan yang melibatkan alumni.
2). Sekolah kami belum memanfatkan sumberdaya alumni .
Sekolah memelihara hubungan dengan alumni.
Sekolah kami akan mengupayakan memanfaatkan sumber daya  dan keterlibatan alumni dalam berbagai program kegiatan sekolah.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Daftar alumni
ü  Dokumentasi kegiatan

8.
Kekuatan :
1). Sekolah kami menerima siswa usia sekolah dari semua lapisan/tingkatan sosial ekonomi.
2). Sekolah kami mengupayakan  bantuan beasiswa  untuk anak miskin.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum dapat menerima siswa yang berkebutuhan khusus.  
2). Sekolah kami tidak memberi  bantuan kebutuhan perlengkapan sekolah siswa kurang mampu.
Sekolah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.
Kedepan sekolah kami akan mengupayakan bantuan kebutuhan perlengkapan sekolah siswa kurang mampu.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Daftar catatan Siswa  miskin
ü  Surat pengajuan BSM
ü  Laporan BSM
9.
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah mengidentifikasi tingkat ekonomi orang tua siswa.
2). Sekolah kami membebaskan biaya pendidikan/SPP bagi siswa miskin.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum menerapkan subsidi silang
Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
Sekolah kami sedang merencanakan upaya penerapan subsidi silang

Bukti-Bukti Fisik :

Data siswa miskin


3.8        Standar  Penilaian
No
Kondisi Sekolah
Harapan Sekolah
(Sesuai Standar)
Rencana Tindak Lanjut
Keterangan
1.
Kekuatan :
1). Guru-guru sekolah kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan SK dan KD
2). Guru-guru sekolah kami menentukan KKM
3). 50% guru (7 orang) sekolah kami mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai ketentuan
4). 50% guru (7 orang) sekolah kami menyusun kisi-kisi soal
Kelemahan :
1). 50% guru (7 orang) sekolah kami belum mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai ketentuan
50% guru (7 orang)
2).  sekolah kami belum menyusun kisi-kisi soal
Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.
Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100% (14 orang) guru  mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai ketentuan dan menyusun kisi-kisi soal

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Silabus
ü  RPP
ü  Penetapan KKM
ü  Agenda guru
ü  Kisi-kisi soal

2.
Kekuatan :
1). 100 %  pendidik menginformasikan kopetensi dasar (Indikator) kepada peserta didik.
2). 100 %  pendidik menginformasikan Kriteria Ketuntasan Minimal kepada peserta didik.
3). Pendidik sudah menginformasikan waktu penilaian kepada peserta didik.
Kelemahan :
1). Pendidik  belum menginformasikan teknik penilaian kepada peserta didik.
2). Pendidik belum  menginformasikan rubrik penilaian kepada peserta didik.

Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Sekolah kami akan mengupayakan agar 100% (20 orang) pendidik menginformasikan teknik penilaian kepada peserta didik,  dan menginformasikan rubrik penilaian kepada peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Program Semester
ü  Silabus
ü  RPP
ü  Penetapan KKM
ü  Agenda guru

3.
Kekuatan :
1). 100 %  pendidik melaksanakan Ulangan tengah semester.
2). 100 % pendidik melaksanakan Ulangan Akhir semester.
3). 100 %  pendidik melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas.
4). Sekolah kami sudah melaksanakan Ujian Sekolah.
5). Sekolah kami sudah melaksanakan Ujian Nasional.
Kelemahan :
1). Hanya Sebagian  pendidik melaksanakan Ulangan Harian setiap kompetensi dasar.
Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.
Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100%    pendidik melaksanakan Ulangan Harian setiap kompetensi dasar.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Prota dan Promes
ü  Agenda Guru
ü  Rapor sisipan (UTS)
ü  Laporan Hasil Belajar Siswa(LHBS)
ü  Leger/DKN
ü  DKHUN
ü  Laporan Kelulusan
4.
Kekuatan :
1). 100 % pendidik memberikan penilaian hasil belajar sesuai dengan kompetensi.
2). 100 %  pendidik menerapkan teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dalam bentuk tugas rumah dan/atau proyek.
Kelemahan :
1). Sebagian pendidik menerapkan tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes kinerja.
2). Sebagian  pendidik menerapkan teknik observasi atau pengamatan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.
Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
Sekolah kami akan mengupayakan agar guru dapat menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Silabus
ü  RPP
ü  Dokumen Ujian
ü  LKS
ü  Buku PR/Buku tugas

5.
Kekuatan :
1). Semua guru mengembalikan hasil penilaian kepada peserta didik
Kelemahan :
1). Sebagian guru-guru sekolah kami tidak memberikan masukan dan komentar dari hasil penilaiannya
Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
Sekolah kami akan memberikan arahan kepada guru agar memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  LKS
ü  Hasil ulangan peserta didik
ü  Buku PR/tugas
6.
Kekuatan :
1). 100 %  pendidik menganalisa terhadap semua hasil penilaian.
2). 100 % pendidik menginformasikan hasil ulangan harian pada peserta didik.
Kelemahan :
1). Sebagian pendidik menyusun program tindak lanjut hasil analisa terhadap hasil penilaian.
2). Sebagian pendidik melaksanakan remidi berdasarkan hasil analisis hasil penilaian namun administrasi belum lengkap.
Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
Sekolah kami akan mengarahkan dan mengupayakan agar semua guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik :

  Analisis hasil ulangan

  Dokumen remidial
7.
Kekuatan :
1). Sekolah kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin dan sistematis dalam bentuk laporan pendidikan.
2). Guru-guru sekolah kami melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik
3). Sekolah kami melaporkan hasil kelulusan ujian sekolah dan UN kepada Dinas pendidikan sesuai dengan kreteria kelulusan yang ditentukan sekolah.
Kelemahan :
1). Guru belum melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat balk, balk, atau kurang baik.
2). Sekolah kami belum melaporkan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
1). Sekolah kami akan terus berupaya agar  guru melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat balk, balk, atau kurang baik.
2). Sekolah kami akan melakukan pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Laporan hasil belajar siswa/LHBS
ü  Laporan hasil Ujian Nasional
ü  Buku pengambilan LHBS dan Ijazah

8.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mensosialisasikan SK/KD setiap mata pelajaran, KKM setiap mata pelajaran, Kriteria kenaikan kelas, Program penilaian, program Remidial dan pengayaan kepada orangtua peserta didik.
2). Sekolah kami belum melibatkan orang tua peserta didik dalam penyusunan Kriteria Kelulusan Ujian.
3). Sekolah kami belum melibatkan orang tua peserta didk dalam menyediakan fasilitas belajar putra/putrinya.
Sekolah melibatkan orang tua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
1). Sekolah kami akan   mensosialisasikan SK/KD setiap mata pelajaran, KKM setiap mata pelajaran, Kriteria kenaikan kelas, Program penilaian, program Remidial dan pengayaan kepada orangtua peserta didik.
2). Sekolah kami akan melibatkan orang tua peserta didik dalam penyusunan Kriteria Kelulusan Ujian dan melibatkan orang tua peserta didk dalam menyediakan fasilitas belajar putra/putrinya.

Bukti-Bukti Fisik :

ü  Daftar hadir rapat wali murid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar