BAB III
EVALUASI
DIRI SEKOLAH
Hasil Pemetaan Evaluasi Diri Sekolah
pada tahun 2019 Sesuai
dengan delapan standar nasional pendidikan adalah sebagai berikut:
3.1
Standar Isi
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
KEKUATAN :
1. Menyusun kurikulum menggunakan Panduan Penyusunan
Kurikulum dari BNSP.
2. Kurikulum sekolah memuat 5 kelompok mata pelajaran,
yaitu: Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan kepribadian, Ilmu
pengetahuan dan teknologi, estetika, jasmani, kesehatan dan olah raga.
3. Kurikulum sekolah dikembangkan berdasarkan 7 prnsip-prinsip pengembangan kurikulum.
4. Kurikulum disekolah disosialisasikan kepada guru dan
tenaga kependidikan (warga sekolah)
KELEMAHAN :
1. RPP belum tersedia untuk semua mata pelajaran.
2. Belum memiliki Tim Pengembang Kurikulum.
3. Kurikulum di sekolah belum direviu setiap 1 tahun sekali.
|
Kurikullum sekolah disusun dan dikembangkan sesuai
dengan BSNP.
|
1.Sekolah akan mengupayakan semua RPP tersedia untuk
semua mata pelajaran,
2.Sekolah akan membentuk Tim Pengembang Kurikulum.
|
Bukti-bukti fisik :
1.KTSP dokumen 1.
2.KTSP dokumen 2.
3.Notulen rapat sosialisasi KTSP.
|
2.
|
KEKUATAN :
1.Kurikulum sekolah
memuat muatan lokal yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan daerah yaitu Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).
2.Kurikuum sekolah
memuat pengembangan diri yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yaitu: budi pekerti, pembinaan moral
siswa, kegiatan hari besar nasional dan agama
KELEMAHAN :
1.Penyususnan
kurikulum muatan lokal .
2.Karakter dalam
kurikulum sekolah belum seluruhnya terintegrasi dalam silabus setiap mata
pelajaran.
|
Kurikulum sekolah
disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat,
kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang
terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan
kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.
|
1.Sekolah akan
mengupayakan penyusunan kurikulum muatan lokal melibatkan kepala sekolah,
pendidik, komite sekolah.
2.Sekolah akan
memprogramkan karakter dalam kurikulum sekolah, seluruhnya terintegrasi dalam
silabus setiap mata pelajaran.
|
Bukti-bukti fisik :
1.Notulen rapat
penentuan Mulok.
2.KTSP dokumen 1
(Muatan Lokal dan program pengembangan diri).
3.KTSP dokumen 2.
4.Perangkat
pembelajaran Mulok : BTQ.
|
3.
|
KEKUATAN :
1.Kurikulum sekolah
memuat layanan pembelajaran, perbaikan, pengayaan/percepatan.
2.Struktur kurikulum
sekolah sudah memuat alokasi waktu: jumlah jam pelajaran per Minggu 38 jam
pelajaran, Alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran 40 menit, Jumlah Minggu efektif dalam 1 tahun adalah 34 – 38
minggu.
KELEMAHAN :
Kurikulum sekolah
belum memprogramkan secara sistematis kegiatan remedian dan pengayaan.
1.
|
Struktur kurikulum
sekolah telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat
memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan
selalu melaksanakan program remedian dan pengayaan.
|
Sekolah akan
memprogramkan kegiatan remedial dan pengayaan secara sistematis.
|
Bukti-bukti fisik :
1.Struktur
Kurikulum.
2.Program Remedial
dan Pengayaan (KTSP).
3.Jadwal pelajaran.
4.Prota.
5.Promes.
6. Kalender
Pendidikan.
|
4.
|
KEKUATAN :
1.Sekolah
melaksanakan kegiatan evaluasi dan tindak lanjut.
KELEMAHAN :
1.Sekolah belum
menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan konseling bagi semua peserta didik.
2.Kegiatan bimbingan
dan konseling belum terorganisir.
3.Sekolah belum ada
guru BP/BK.
|
Sekolah memberikan
layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebuutuhan
pengembangan pribadi peserta didik.
|
Sekolah memerlukan 2
orang guru BP/BK
|
Bukti-bukti fisik :
1.Program BP/BK
dalam KTSP.
2.Jadwal Kegiatan konseling.
3.Buku catatan
Pelanggaran siswa/kasus.
4.Laporan kegiatan
BP/BK.
|
5.
|
KEKUATAN :
1.Kurikulum sekolah
memuat program kehgiatan ekstrakurikuler.
2.Sekolah
menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: Tari, BTQ, karate, tennis
meja, bulu tangkis, bola volly dan pramuka.
KELEMAHAN :
1.Sekolah belum
menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan kebuutuhan peserta
didik.
2.Sekolah belum
mengorganisasikan kegiatan ekstrakurikuler.
3.Sekolah belum
membuat penilaian kegiatan ekstrakurikuler.
4.Sekolah belum
melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstrakurikuler.
|
Sekolah sudah
menyediakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler bagi peserta didik yang sesuai
dengan minat sebagian besar peserta didik.
|
Sekolah akan
memprogramkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan kebutuhan peserta
didik.
|
Bukti-bukti fisik :
1.Program kegiatan
ekstrakurikuler.
2.Daftar hadir siswa
3.Daftar hadir
pembina.
4. Jadwal kegiiatan.
5.Buku kegiatan.
6. SK. Pembina.
7.Dokumentasi
kegiatan ekstrakurikuler.
|
3.2
Standar Proses
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
KEKUATAN :
1.Silabus
dikembangkan berdasarkan pada standar isi, standar kompetensi kelulusan dan
panduan KTSP.
2.Silabus mengarah
pada pencapaian SKL.
3.Silabus memuat
identitas mata pelajaran atau tema pelajaran, SK, KD, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi
waktu, dan sumber belajar.
KELEMAHAN :
1.Belum semua mata
pelajaran memiliki silabus.
2.Silabus belum mempertimbangkan situasi dan kondisi
sekolah.
|
Silabus telah sesuai
dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi sekolah.
|
Sekolah akan
mengupayakan semua mata pelajaran memiliki silabus.
|
Bukti-bukti fisik :
1.KTSP dokumen
2.Silabus
|
2.
|
Kekuatan :
1.Di sekolah kami dalam
menyusun silabus menggunakan panduan silabus yang disusun BNSP
2. 25% (4 orang) guru di sekolah kami menyusun dan mengkaji silabus secara mandiri
dan melalui MGMP
3.75% (10 orang) guru menyusun silabus dengan mencontoh yang sudah ada
Kelemahan :
Tidak semua guru mereviu silabus
setiap tahun.
|
Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara
teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.
|
Sekolah kami mengupayakan agar semua guru mereviu silabus setiap tahun.
|
Bukti-Bukti Fisik
ü Dokumen 2
ü Lampiran Silabus
|
3.
|
Kekuatan :
1.Di sekolah kami dalam menyusun
RPP berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran
2.RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.
3.Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) memuat : identitas mata pelajaran, standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator pencapaian, tujuan pembelajaran, materi ajar,
alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar,
dan penilaian hasil belajar
4.RPP disusun untuk setiap KD untuk satu kali
pertemuan atau lebih.
5. 25% (4 orang) guru menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL
Kelemahan :
1.Disekolah kami belum 100% (14 orang) guru di sekolah kami menyusun RPP dan
mereviu setiap tahun
2.Disekolah kami belum 100% (14 orang) guru di sekolah kami menyusun Prota,
Prosem, Minggu Efektif dan Pemetaan KD
3. 75% (10 orang) guru belum menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL
|
RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi
dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
|
1.
Sekolah kami
akan memprogramkan agar 100% (14 orang) guru menyusun RPP dan mereviu setiap tahun
2.
Sekolah kami
akan memprogramkan agar 100% (14 orang) guru menyusun Prota, Prosem, Minggu Efektif dan
Pemetaan KD
|
Bukti-Bukti Fisik
√ Dokumen 2
√ RPP
|
4.
|
Di sekolah kami dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran belum
memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal , kebutuhan khusus, kecepatan
belajar, latar belakang budaya
|
RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal,
tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial,
emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
|
Sekolah kami akan mengupayakan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
dengan memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal , kebutuhan khusus,
kecepatan belajar, latar belakang budaya
|
Bukti-Bukti Fisik
√ Dokumen 2
√ RPP
|
5.
|
Kekuatan :
1.Sumber belajar yang
tersedia di sekolah kami antara lain : buku teks, buku referensi dan sumber
belajar lain
2.Buku teks di sekolah kami cukup untuk mata pelajaran tertentu
Kelemahan :
1.Sekolah kami menentukan
buku teks belum melalui rapat pendidik dan komite sekolah.
2.Tidak semua guru
memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber dalam proses pembelajaran
3).Laboratorium IPA sekolah kami belum dapat digunakan dalam proses pembelajaran (bangunan belum siap).
Tidak semua guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar dalam proses pembelajaran
|
Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku
referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam
pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
|
1.Sekolah kami membutuhkan
tambahan buku teks
2.Laboratorium disekolah kami harus segera dirampungkan pembangunannya
|
Bukti-Bukti Fisik
ü Notulen Rapat
penentuan buku teks
ü Buku teks pelajaran
ü Buku referensi
ü Buku kunjungan
Perpustakaan
ü Buku kegiatan Lab IPA
|
6.
|
Kekuatan :
1).60% (8 orang) guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah
disiapkannya
2).Dalam proses pembelajaran 25% (4 orang) guru menggunakan metode yang
interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak didik
Kelemahan :
1). Dalam proses pembelajaran 75% (10 orang) guru belum menggunakan metode yang
interaktif,inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak didik
2).Dalam proses pembelajaran
di sekolah kami belum 100% (14 orang) guru melalui langkah-langkah
pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, dan penutup.
|
Para guru
melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup.
|
Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100% (14 orang) guru menggunakan metode yang interaktif,inspiratif,
menyenangkan, menantang, dan memotivasi anak didik
|
Bukti-Bukti Fisik
ü Silabus
ü RPP
ü Promes
ü Prota
|
7.
|
Kekuatan :
Di sekolah kami 25 % (4 orang) guru mengelolah kelas secara efektif dan
memberi kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan eksplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfimasi
Kelemahan :
1). Di sekolah kami 75 % (10 orang) guru belum mengelolah kelas secara
efektif dan memberi kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan
eksplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
|
Para peserta
didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.
|
Sekolah kami akan mengupayakan 100 % (14 orang) guru mengelolah kelas secara efektif dan memberi
kesempatan yang sama kepada para siswa untuk melakukan eksplorasi dan
elaborasi, serta mendapatkan konfimasi
|
Bukti-Bukti Fisik
ü Silabus
ü RPP
ü Lembar kegiatan siswa
ü Buku Tugas/PR siswa
|
8.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami Kepala
sekolah melakukan supervisi proses pembelajaran melalui tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
Kelemahan :
1). Di sekolah kami belum mempunyai program kerja untuk supervisi dan evaluasi proses pembelajaran
2). Di sekolah kami belum dilaksanakan supervisi penilaian hasil
belajar
|
Supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
|
Sekolah kami akan membuat membuat program kerja untuk supervisi dan evaluasi proses pembelajaran serta melaksanakan supervisi penilaian hasil belajar
|
Bukti-Bukti Fisik
ü Program Supervisi
ü Jadwal Supervisi
ü Buku supervisi
|
9.
|
Kekuatan :
1). Pelaksanaan supervisi di sekolah kami dilakukan secara berkala oleh kepala sekolah
Kelemahan :
1). Hasil supervisi dan evaluasi proses pembelajaran belum ditindaklanjuti dengan penguatan
dan penghargaan bagi yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat
mendidik bagi yang belum memenuhi standar, diberi kesempatan untuk mengikuti
pelatihan/penataran lebih lanjut
2). Hasil supervisi tidak dilaporkan kepada pemangku kepentingan
|
Supervisi dan
evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh
Kepala Sekolah dan Pengawas
|
Sekolah Kami akan menindaklanjuti Hasil supervisi dan evaluasi proses
pembelajaran dengan penguatan dan penghargaan bagi yang telah
memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik bagi yang belum memenuhi
standar, diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Supervisi
ü Jadwal Supervisi
ü Buku supervisi
|
3.3
Standar Lulusan
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami hasil belajar siswa dapat
mencapai target yang ditetapkan pada KKM untuk setiap mata pelajaran dari
setiap kelas
Kelemahan :
1). Di sekolah kami nilai rata-rata untuk setiap
mata pelajaran untuk setiap kelas menunjukkan prestasi belajar yang lebih
baik, namun cenderung tidak konsisten
2). Hasil lulusan ujian dapat berhasil 100 % untuk
setiap tahunnya, namun nilai cenderung tidak konsisten
|
Peserta
didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang
ditetapkan SKL.
|
Sekolah kami akan
mengupayakan Hasil lulusan ujian dapat
berhasil 100 % untuk setiap tahunnya, dan konsisten
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü DKN/leger
ü LHBS(buku Rapor)
ü Dakolnun
ü Laporan Kelulusan
|
2.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami peserta didik selalu menyelesaikan tugas-tugas
yang diberikan kepadanya
2). Di sekolah kami peserta didik sebagian memanfaatkan
perpustakaan, lingkungan sebagai sumber belajar dalam menyelesaikan
tugas-tugas
Kelemahan :
1). Di sekolah kami
perolehan nilai tugas-tugas peserta didik belum menunjukkan peningkatan.
2). Di sekolah kami sebagian
peserta didik belum memperoleh pengalaman belajar yang mampu memanfaatkan
lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
|
Peserta
didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
|
Sekolah kami akan
memprogramkan dalam setiap proses pembelajaran agar peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar yang mampu
memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü RPP
ü Agenda guru
ü Buku Tugas/PR
ü Makalah siswa
ü Kliping
ü Buku kunjungan perpustakaan
|
3.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami semua
peserta didik memperoleh pengalaman belajar untuk menumbuhkan dan
mengembangkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab
2). Di sekolah kami peserta
didik memperoleh pengalaman mengekspresikan diri melalui kegiatan seni
3). Di sekolah kami peserta
didik memperoleh pengalaman mengekspresikan karya seni dan budaya
Kelemahan :
1). Di sekolah kami tidak
semua peserta didik mampu mengekspresikan karya seni dan budaya
2). Di sekolah kami belum
ada guru/tenaga pendidik seni budaya
|
Peserta
didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
|
Sekolah kami membutuhkan
guru bidang studi seni budaya.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Daftar hadir siswa
ü Pajangan di kelas
ü Hasil karya seni siswa
ü Dokumentasi kegiatan
ü Daftar hadir siswa
ü Pajangan di kelas
ü Hasil karya seni siswa
ü Dokumentasi kegiatan
|
4.
|
Kekuatan :
1). Semua peserta
didik mengikuti kegiatan pengembangan kepribadian yang diselenggarakan oleh sekolah.
Kelemahan :
1). Di sekolah kami belum menyusun program pengembangan kepribadian peserta didik.
2). Sekolah kami
belum menyediakan/menyelenggarakan kegiatan
pengembangan kepribadian peserta didik berupa Kepramukaan, Upacara Bendera
dan konseling (pengembangan kehidupan pribadi)
3). Tidak semua peserta didik berkepribadian sesuai dengan
nilai dan norma yang berlaku di lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
|
Sekolah
mengembangkan kepribadian peserta didik.
|
Sekolah kami akan menyusun program pengembangan kepribadian
peserta didik
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Pengembangan Diri (KTSP)
ü Program OSIS
ü Daftar hadir siswa
ü Dokumentasi kegiatan
|
5.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami menawarkan berbagai ketrampilan
hidup namun tidak sepenuhnya sesuai dengan bakat dan minat peserta didik
Kelemahan :
1). Di sekolah kami belum menyusun program pengembangan ketrampilan hidup.
2). Sekolah kami belum menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan ketrampilan hidup seperti : menjahit, elektro, sepak
bola , kasidah dll.
|
Sekolah
mengembangkan keterampilan hidup.
|
Sekolah kami akan menyusun program pengembangan ketrampilan hidup dan menyediakan/menyelenggarakan kegiatan pengembangan
ketrampilan hidup seperti : menjahit, elektro, sepak bola , kasidah dll.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program ekstra kurikuler (sepak bola, qasidah, menjahit
dan elektro)
ü Daftar hadir kegiatan
|
6.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami 100 % peserta didik mengamalkan ajaran agama sesuai dengan
agama yang mereka ikuti.
2). 75 % peserta didik berperilaku
sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di lingkungan mereka.
3). 75 %
peserta didik mematuhi norma/aturan yang berlaku di sekolah maupun di
masyarakat dimana mereka tinggal.
Kelemahan :
1). Peserta didik sekolah kami dalam menerapkan
nilai agama dan budaya belum secara konsisten
|
Sekolah
mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat
diterima.
|
Sekolah kami akan membina peserta didik agar dapat menerapkan nilai agama dan budaya secara
konsisten
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Pengembangan diri
ü Dokumentasi kegiatan sosial keagaman
ü Buku Kasus
|
3.4
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami jumlah
pendidik / guru keseluruhan 14 orang
Kelemahan :
1). Pendidik di sekolah
kami belum memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua
peserta didik
2). Jumlah guru mata
pelajaran baru 8 orang (PNS)
3). Di sekolah kami jumlah
pendidik belum memadai sesuai standar yang ditetapkan Jumlah guru keseluruhan 6 orang (sebagian besar Honor murni)
|
Jumlah
pendidik memenuhi standar.
|
Sekolah kami masih membutuhkan tambahan jumlah guru
mata pelajaran
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü SK guru
ü Buku Induk Guru
ü File Guru
|
2.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami
jumlah tenaga kependidikan belum
sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
(1). Jumlah Tenaga Administrasi : 2 orang
(2). Jumlah BP : 1 orang
(3). Jumlah Pustakawan : 1
orang
(4). Jumlah Laboran : (belum ada)
(5). Jumlah Petugas Satpam
: (belum ada)
(6). Jumlah Tenaga
Kebersihan : 1 orang
Kelemahan :
1). Di sekolah kami
jumlah tenaga kependidikan belum
sesuai dengan standar yang ditentukan
|
Jumlah
tenaga kependidikan memenuhi standar.
|
Sekolah kami
membutuhkan satpam dan laboran.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü SK Tenaga Kependidikan
ü Buku Kepegawaian
ü File Tenaga Kependidikan
|
3.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami kepala
sekolah berijazah S1 Kependidikan dan bersertifikat pendidik
2). Di sekolah kami
kualifikasi guru:
- berijazah S1 12 orang
- bersertifikasi pendidik 4
orang
Kelemahan :
1). Di sekolah kami guru
yang belum berijazah S1:
-berijazah SMA/MA 1 orang (
1 orang proses S1)
berijazah D/III 1 orang (proses S1)
|
Kualifikasi pendidik
memenuhi standar.
|
Sekolah kami membutuhkan tambahan tenaga pendidik yang
memenuhi kualifikasi pendidik yang memenuhi standar
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü SK Kepala Madrasah
ü SK guru
ü Sertifikat Guru
ü Buku Induk Guru
ü File Guru
|
4.
|
Di sekolah kami
kualifikasi tenaga kependidikan belum
sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan
-Jumlah Tenaga Administrasi : 2 orang ( berijazah S1 : 1
orang, berijazah SMA : 1 orang, tidak bersertifikat Tenaga Administrasi)
-Jumlah BP : 1 orang
-Jumlah Pustakawan : 1
orang (1 berijazah S-1, bersertifikat perpustakaan)
-Jumlah Laboran : (belum
ada)
-Jumlah Petugas Satpam :
(belum ada)
-Jumlah Tenaga Kebersihan :
1 orang (berijazah : Paket B)
|
Kualifikasi tenaga
kependidikan memenuhi standar.
|
Sekolah kami membutuhkan penambahan tenaga kependidikan
yang berkualifikasi tenaga kependidikan yang memenuhi standar
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü SK Tenaga Kependidikan
ü Buku Buku Kepegawaian
ü File Tenaga kependidikan
|
5.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami kepala
sekolah memenuhi syarat minimal
kompetensi (kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan
sosial) yang ditentukan
2). Di sekolah kami
pendidik memenuhi syarat minimal kompetensi (pedagogik, kepribadian,
profesional dan sosial)yang ditentukan
Kelemahan :
1). Di sekolah kami
kompetensi pendidik belum sesuai standar yang ditetapkan
|
Kompetensi pendidik
memenuhi standar.
|
Sekolah kami memerlukan tambahan tenaga pendidik yang memenuhi standar kompetensi
pendidik
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü SK Kepala Sekolah
ü Daftar Hadir Guru dan
Pegawai
ü Pembagian jam mengajar
ü Laporan Kelulusan
ü Daftar siswa melanjutkan
ü Buku Supervisi
|
6.
|
Kekuatan :
1). Di sekolah kami tenaga
kependidikan memenuhi syarat minimal
kompetensi yang ditentukan:
1.Kompetensi
tenaga Administrasi :
a.Tenaga administrasi kami sudah memenuhi komopetensi kepribadian
b.Tenaga administrasi kami sudah memenuhi komopetensi sosial
c.Tenaga administrasi kami sudah memenuhi komopetensi tehnis
2.Kompetensi
Petugas perpustakaan :
a.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi
pengelolaan informasi
b.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi kependidikan
c.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi kepribadian
d.Petugas perpustakaan kami sudah memenuhi kompetensi sosial
3.Kompetensi
penjaga sekolah:
a.Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi kepribadian
b.Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi social
b.Penjaga sekolah kami memenuhi kompetensi teknis
Kelemahan
:
1). Kompetensi Konselor/BP :
a.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi pedagogik
b.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi kepribadian
c.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi
sosial
d.Konselor/BP kami belum memenuhi kompetensi
profesional
2). Kompetensi Petugas laboratorium IPA
a.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi kepribadian
b.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi sosial
c.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi administrasi
d.Petugas laboratorium IPA kami belum memenuhi kompetensi profesional
|
Kompetensi tenaga
kependidikan memenuhi standar
|
1.Sekolah kami membutuhkan tenaga/guru BP/BK yang
sesuai dengan kompetensi Konselor/BP
2.Sekolah kami membutuhkan tenaga laboran yang sesuai
dengan Kompetensi Petugas laboratorium IPA
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Daftar Hadir Guru dan
Pegawai
ü Buku Catatan Penilaian Guru
dan Pegawai
|
3.5
Standar Sarana dan Prasarana
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
Kekuatan :
A . Lahan Sekolah
a.Luas lahan 2.400 m2
b.Rasio luas lahan terhadap peserta
didik : 5,5 m2
c.Mimiliki bukti
kepemilikan tanah (Akte Hibah),
sertifikat dalam proses
B.
Bangunan
Gedung
a.Luas lantai 797,03 m2
b.Rasio luas lantai terhadap peserta
didik : 3,2 m2
c.Dilengkapi instalasi listrik dengan daya 1.300 watt
d.Sudah memiliki IMB
C.
Sarana dan Prasarana
1.
Ruang Kelas
a.Banyaknya ruang kelas 3 ruang
b.Luas ruang masing-masing 81 m2
c.Fasilitas pencahayaan memadai
d.Sarana ruang kelas yang tersedia :
- Perabot : kursi dan meja sejumlah peserta didik, 1 kursi dan 1 meja
guru, 1 lemari, 1 papan Absensi Siswa
- Media Pendidikan : 1 papan tulis White Board
- Perlengkapan lain 1 tempat sampah, 1 jam dinding, soket listrik 1 buah, dan media dinding
- Belum ada tempat cuci tangan
2.
Ruang Perpustakaan
a.Luas Ruang Perpustakaan 135 m2
b.Fasilitas pencahayaan memadai
Sarana ruang perpustakaan
yang tersedia :
- Buku : buku teks pelajaran, buku panduan
pendidik, buku pengayaan, buku referensi.
- Perabot : 6 meja baca
individu,10 meja baca kelompok, 1 meja serba guna, 1 meja kerja, 1 meja
sirkulasi,1 meja ketik, 28 kursi siswa, 1 kursi bulat pendek, 1 kursi kerja,
6 lemari buku, 1 lemari katalog, 1
lemari kardek, 3 rak tas/barang,3 rak buku satu muka, 2rak buku dua muka, 1
rak majalah, 1 rak atlas, 1 rak ensiklopedi, 1 rak koran, 2 rak dorong, 1
papan tulis gantung, 1 papan pameran, soket listrik 3 buah.
- Media Pendidikan : (di
Perpustakaan)
- Perlengkapan lain : 1
buku inventaris, 1 tempat sampah, 1 jam dinding.
3.
Ruang Pimpinan
a.Luas ruang pimpinan 28 m2 b.Sarana ruang pimpinan :
- Perabot : 1 meja dan kursi pimpinan, 1 set meja dan kursi
tamu, 2 lemari, 1 papan
statistik
- Perlengkapan lain : 1 set
simbol kenegaraan, 1 tempat sampah, 1 laptop, 1 jam dinding, 1 papan
struktur sekolah, 1 papan jadwal kegiatan, soket listrik 1 buah.
4.
Ruang Guru
a.Luas
lantai 64 m2
b.Sarana ruang guru :
- Perabot : 13 meja dan kursi, 2 lemari, 1 papan statistik, 1 papan pengumuman, soket listrik 1 buah, Papan Visi Misi Sekolah, Papan Program Tahunan
Sekolah, Papan Tata Tertib Sekolah
- Perlengkapan lain : 1
tempat sampah, 1 jam dinding, 1 penanda waktu.
5.
Ruang Tata Usaha
a.Rasio ruang Tata Usaha 8 m2/petugas.
b.Luas ruang tata usaha 64 m2.
c.Ruang tata usaha dilengkapi sarana :
Kursi kerja 1 buah/petugas,
meja kerja 1 buah/petugas, lemari 2 buah, papan statistik 1
buah, komputer 1 set, Lap Top 1 buah buah, jam dinding 1 buah, soket listrik 3 buah, tempat
sampah 1 buah.
6.
Jamban
a.Jumlah jamban 3 buah, luas tiap jamban 4 m2
b.Tersedia air bersih.
c. Sarana yang tersedia: 1 kloset jongkok, 1 tempat air, 1 gayung, 1 gantungan pakaian, 1 tempat
sampah
7.
Gudang
a.Luas lantai 9 m2
b.Sarana yang tersedia : 1 rak(belum ada)
8.
Ruang Sirkulasi tersedia dengan lebar 1,8 m panjang 16 m
9.
Tempat Bermain / Berolahraga
a.Luas tempat bermain/berolah raga 400 m2.
b.Sarana tempat bermain :
-Perlengkapan lain : 1 tiang
bendera, tiang net volly, tiang net
Badminton
Kelemahan
:
10. Laboratorium IPA
a.Luas laboratorium 135 m2 (digunakan sebagai RKB)
b.Sarana laboratorium yang tersedia:
- Peralatan pendidikan
(belum ada) l
- Peralatan Pendidikan :
(belum ada)
- Perlengkapan lain :
(belum ada)
11. Tempat beribadah (belum
ada, numpang di mesjid dan balai
pengajian desa)
12. Ruang Konseling (belum ada)
13. Ruang UKS (belum ada)
14. Ruang Organisasi
Kesiswaan
(belum ada)
|
Sekolah
memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan
untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
|
Sekolah kami memerlukan penambahan ruang/bangunan
Laboratorium (sudah ada tapi digunakan sebagai RKB), tempat ibadah, ruang
konseling, ruang UKS, dan ruang Kesiswaan.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Surat tanah (Akte Hibah, proses sertifikasi)
ü Data jumlah peserta didik
ü Daftar inventaris
ruangan
ü Dokumen profil sekolah
ü Kondisi nyata sekolah
|
2.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki 6
rombongan belajar dengan jumlah peserta didik 180 anak, rasio jumlah peserta
didik per rombongan belajar : 37 anak/rombongan belajar (belum memenuhi SPM)
Kelemahan :
1). Jumlah peserta didik dalam setiap rombongan
belajar lebih dari 32 peserta didik
a). Kelas 7 : 2 rombel,
jumlah peserta didk seluruhnya : 53 anak.
b). Kelas 8 : 2 rombel,
jumlah peserta didik seluruhnya: 84 anak.
Kelas 9 : 2 rombel, jumlah
peserta didk seluruhnya: 43 anak.
|
Sekolah
memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar
|
Sekolah kami memerlukan penambahan ruang kegiatan
belajar (RKB) 2 ruang
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Profil sekolah
ü Data siswa
ü Kondisi nyata sekolah
|
3.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber
belajar belum sesuai sesuai SPM, yaitu:
a). Ruang kelas : 1 papan
tulis White Board setiap kelas.
b). Perpustakaan :
- Buku : 250 buku teks
pelajaran/pelajaran,27 buku panduan pendidik, 15 buku referensi, 15 judul
sumber belajar lain.
- Media pendidikan : belum
ada peralatan multi media.
c).
Di tempat bermain /
berolah raga :
- Tiang bendera 1 buah,
bendera 2 buah, peralatan bola voli 2 set ( 6 bola),
peralatan sepak bola 2 set (6 bola), peralatan senam matran tali loncat, simpai (ada), bola plastik, tongkat, palang tunggal(ada), peralatan atletik 1
set lembing, cakram, peluru, tongkat estafet, peralatan seni budaya.
Kelemahan :
1).
Di ruang laboratotium
IPA (belum
ada tersedia alat serta sarana
belajar)
Di
tempat bermain / berolah raga : peralatan bola basket (sudah ada, tapi lapangan belum ada), peti loncat(belum ada), gelang(belum ada), bak
loncat(belum ada), peralatan ketrampilan (belum ada).
|
Sekolah memenuhi standar terkait
dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.
|
1. Sekolah kami memerlukan perampungan bangunan
Laboratorium dan kelengkapan alat dan sarana lap. IPA.
2. Sekolah Kami memerlukan pembangunan lapangan bola
basket dan penambahan alat dan sarana keterampilan.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Buku inventaris Sekolah
ü Daftar Inventaris Perpustakaan
ü Daftar inventaris Lab. IPA
ü Daftar inventaris gudang
|
4.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki progran perbaikan /
pemeliharaan sarana dan prasarana
2). Sekolah kami melaksanakan perbaikan /
pemeliharaan sarana dan prasarana secara berkala
Kelemahan :
1). Sekolah kami dalam melaksanakan perbaikan /
pemeliharaan sarana dan prasarana belum terekam dengan baik
|
Pemeliharaan
bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.
|
Sekolah kami memerlukan alokasi dana rutin agar dapat
melaksanakan program perbaikan/pemeliharaan sarana dan prasarana secara
berkala dan dapat terekam dengan baik.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü RKS
ü RKAS
ü RAPBS
ü Laporan Keuangan
|
5.
|
Kekuatan :
1). Ruang perpustakaan terletak di bagian sekolah
yang mudah dijangkau oleh peserta didik.
2). Ruang pimpinan mudah dicapai/dijangkau oleh guru
dan tamu sekolah.
3). Ruang guru mudah dicapai dari halaman sekolah
ataupun dari luar lingkungan sekolah, serta dekat dengan ruang pimpinan.
4). Ruang tata usaha
mudah dicapai dari halaman sekolah ataupun dari luar lingkungan
sekolah, serta dekat dengan ruang pimpinan.
5). Lahan sekolah kami terhindar dari potensi bahaya
yang mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa.
6). Lahan terhindar dari pencemaran air, pencemaran udara, dan kebisingan.
7). Bangunan gedung mampu meredam getaran dan
kebisingan yang mengganggu proses pembelajaran.
8). Setiap ruangan memiliki temperatur dan
kelembaban udara yang tidak melebihi kondisi di luar ruangan.
9). Sekolah dalam keadaan: bersih, tertib, rindang,
indah, dan sehat.
Kelemahan :
1). Sekolah kami susah dijangkau pada musim penghujan.
2). Bangunan gedung belum dilengkapi sistem proteksi
pasif dan /atau proteksi aktif untuk mencegah dan menanggulangi bahaya
kebakaran dan petir.
3). Sekolah kami belum terproteksi dari gangguan
keamanan dari luar (belum memiliki pagar yang kokoh dan berpintu)
4). Bangunan gedung belum memiliki sanitasi di dalam dan di luar untuk memenuhi kebutuhan air
bersih, pembuangan air kotor dan/atau limbah, kotoran dan sampah, serta
penyaluran air hujan.
|
Bangunan
aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada
peserta didik yang berkebutuhan khusus.
|
1.Sekolah
kami membutuhkan dibangunnya sarana sanitasi di dalam dan di luar untuk memenuhi kebutuhan
air bersih, pembuangan air kotor dan/atau limbah, kotoran dan sampah, serta
penyaluran air hujan.
2. Sekolah kami membutuhkan
pembuatan pagar sekolah yang kokoh dan berpintu.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Profil Sekolah
ü Denah Sekolah
ü Kondisi riil sekolah
|
3.6
Standar Pengelolaan
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki
visi dan misi
2). Dalam merumuskan visi
dan misi sekolah kami melibatkan kepala sekolah, guru dan Komite
sekolah
3). Sekolah kami
mensosialisasikan rumusan visi dan misi kepada warga sekolah
Kelemahan :
1). Warga sekolah kami
belum sepenuhnya memahami visi dan misi sekolah
2). Sekolah kami belum
mereviu visi dan misi secara berkala
3). Sekolah kami belum
mensosialisasikan visi dan misi kepada orang tua siswa dan masyarakat sekitar
|
Sekolah
merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan
pemangku kepentingan.
|
Sekolah kami akan memprogramkan dalam RKS waktu untuk mensosialisasikan visi dan misi kepada orang tua
siswa dan masyarakat sekitar
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Rumusan Visi dan Misi
ü Pajangan Visi dan Misi
ü Notulen Rapat perumusan
visi dan Misi
|
2.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki
RKS
2). Dalam merumuskan
RKS sekolah kami melibatkan kepala sekolah, guru, Komite sekolah
Kelemahan :
1). RKS sekolah kami belum disahkan oleh Kemdiknas
2). RKS belum dilaksanakan sepenuhnya secara
mandiri, partisipatif dan akuntabel
|
Pengelolaan sekolah menunjukkan
adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
|
Sekolah kami akan terus
berupaya untuk menunjukkan adanya
kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Dokumen RKS
ü Notula Rapat perumusan RKS
|
3.
|
Kekuatan :
1). RKS sekolah kami dirumuskan dengan mengacu pada
visi, misi dan tujuan sekolah
2). RKS sekolah kami
dirumuskan dengan mengacu pada SKL
3). RKS sekolah kami
disusun dalam bentuk renstra
3). RKS sekolah kami disahkan oleh Kepala sekolah
Kelemahan :
1). Sekolah belum
mensosialisasikan dengan baik RKS
kepada seluruh warga sekolah
2). Sekolah kami belum
mereviu RKS secara berkala
|
Sekolah
merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan
perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang berkepentingan.
|
Sekolah kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan dengan
baik RKS kepada seluruh warga sekolah
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Dokumen RKS
|
4.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki
RKAS
2). Dalam merumuskan
RKAS sekolah kami melibatkan kepala sekolah, guru
dan Komite sekolah
3). RKAS sekolah kami disusun berdasarkan rencana
kerja menengah serta mengacu pada standar isi, standar Kompetensi Lulusan,
standar Proses dan standar Penilaian
4). RKAS sekolah kami disetujui oleh Komite Sekolah
dan disahkan oleh Kepala sekolah
Kelemahan :
RKAS belum tersosialisasikan secara menyeluruh
ke semua pemangku kepentingan
|
Rencana
Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah
dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)
|
Sekolah kami akan terus berupaya untuk mensosialisasikan secara menyeluruh ke semua
pemangku kepentingan
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Dokumen RKAS
ü Notula Rapat Penyusunan
RKAS
|
5.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah melakukan evaluasi diri
terhadap kinerja sekolah.
2). Sekolah kami sudah menyusun laporan hasil
evaluasi diri sekolah.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum melaksanakan evaluasi proses
pembelajaran setiap akhir semester.
2). Sekolah kami belum melaksanakan evaluasi program
kerja tahunan / RKAS setiap akhir tahun.
3). Sekolah kami belum menganalisa terhadaphasil
evaluasi.
4). Sekolah kami belum menyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak lanjut terhadap hasil
evaluasi diri sekolah.
|
Sekolah
melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah secara berkelanjutan untuk
melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.
|
1.Sekolah kami akan
melaksanakan evaluasi proses
pembelajaran setiap akhir semester.
2.Sekolah kami akan
melaksanakan evaluasi program kerja
tahunan / RKAS setiap akhir tahun.
3.Sekolah kami akan menganalisa terhadaphasil evaluasi dan menyusun skala prioritas kegiatan dan program tindak
lanjut terhadap hasil evaluasi diri sekolah.
|
Bukti-Bukti Fisik :
√ RKAS
√ Laporan EDS 2013/2014
|
6.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah
menentukan indikator keberhasilan kinerja proses pembelajaran.
2). Sekolah sudah
menyusun KKM untuk setiap mata pelajaran.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mensosialisasikan indikator
keberhasilan kinerja proses pembelajaran kepada segenap warga sekolah.
2). Sekolah kami belum melakukan penilaian kinerja
proses pembelajaran.
3). Sekolah kami belum melakukan penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM.
4). Sekolah kami belum melakukan perbaikan kinerja
proses pembelajaran.
|
Sekolah
menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan
perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan
hasil belajar.
|
Sekolah kami akan melaksanakan penilaian kinerja proses pembelajaran, penilaian keberhasilan proses pembelajaran /ketercapaian KKM dan perbaikan kinerja proses pembelajaran.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Laporan EDS
ü Dokumen penentuan KKM
ü Dokumen RKS
ü Dokumen RKAS
|
7.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah memiliki program pengelolaan
sistem informasi.
2). Sekolah kami sudah mengelola Sistim Informasi
Manajemen Pendidikan berbasis ICT program
office
3). Sekolah kami menerima dan menyimpan data
(melaksanakan pendataan) sudah secara lengkap dan akurat.
Kelemahan :
1). Komunikasi antar warga sekolah kami belum
efektif dan efisien.
2). Sekolah kami melaporkan data belum secara
lengkap dan akurat.
|
Sekolah
mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.
|
Sekolah kami akan terus
berupaya untuk melakukan Komunikasi antar warga sekolah kami secara efektif dan efisien dan akan melaporkan data
secara lengkap dan akurat.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Dokumen data sekolah
ü Pajangan data sekolah
ü Database sekolah
|
8.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami memiliki
fasilitas informasi berupa, internet (blog), e-mail, dan papan informasi
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum
menugaskan seorang guru / tenaga kependidikan untuk melayani permintaan
informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan
pengelolaan sekolah.
2). Sekolah kami belum mencatat dan
didokumentasikan semua informasi dari masyarakat.
|
Sekolah
menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses.
|
Sekolah kami membutuhkan seorang guru / tenaga kependidikan untuk
melayani permintaan informasi, pemberian informasi, pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Papan pengumuman
ü Kotak saran
ü Internet (Blog Sekolah)
ü E-mail
|
9.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah menyusun program
pemberdayaan Pendidik dan Tanaga Kependidikan.
2). Sekolah kami sudah mendukung kebijakan dinas
dalam memberdayakan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
3). Sekolah kami sudah menyusun / memiliki
deskripsi tugas pokok dan fungsi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
4). Sekolah kami sudah memfasilitasi Pendidik dan
Tenaga Kependidikan untuk pengembangan profesinya.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum mengevaluasi pelaksanaan
program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
Sekolah
meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga
kependidikan.
|
Sekolah kami akan melakukan
evaluasi pelaksanaan
program pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Pemberdayaan dan
Peningkatan PTK (RKS dan RKAS )
ü Dokumen Pembagian Tugas/TUPOKSI
ü Surat tugas
|
10.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami menyusun program pengawasan
terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang didasarkan pada Standar
Nasional Pendidikan.
2). Sekolah kami sudah mensosialisasikan program pengawasan kepada Pendidik dan Tenaga
Kependidikan.
3). Kepala Sekolah sudah melaksanakan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik secara berkala
4). 100 %
pendidik melaporkan hasil evaluasi dan penilaian kepada Kepala Sekolah
setiap semester.
5). 100 %
pendidik melaporkan hasil evaluasi dan penilaian kepada orangtua
peserta didik setiap semester.
Kelemahan :
1). Komite Sekolah kami belum melakukan pemantauan
terhadap pengelolaan sekolah
2). Pengawas Sekolah melaksanakan supervisi dan
evaluasi pengelolaan akademik belum
secara berkala
3). Pengawas Sekolah belum melaporkan hasil
supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik kepada sekolah
|
Supervisi dan evaluasi pendidik
dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional
|
1). Sekolah kami akan
mengupayakan peran aktif komite untuk melakukan
pemantauan terhadap pengelolaan sekolah
2). Sekolah kami sangat
mengharapkan supervisi dan evaluasi pengelolaan akademik secara
berkala oleh pengawas dan melaporkan hasil supervisi dan
evaluasi pengelolaan akademik kepada sekolah.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program supervisi
dan evaluasi PTK
ü LHBS (Rapor) UTS
dan Semester
ü Buku pengambilan rapor/ijazah
ü Buku Pembinaan
|
11.
|
Kekuatan :
1). Warga sekolah kami terlibat langsung dalam
kegiatan akademis
2). Warga sekolah kami terlibat dalam kegiatan non
akademis
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum menjalin hubungan kemitraan
dengan dunia usaha
|
Warga
sekolah terlibat dalam pengelolaan
kegiatan akademis dan non akademis.
|
Sekolah kami akan terus
beruapaya menjalin hubungan kemitraan dengan dunia usaha
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Komite Sekolah
ü Dokumen Tryout
ü Dokumentasi kegiatan
|
12.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah memiliki program pelibatan
masyarakat dalam pengelolaan kegiatan non akademik.
2). Sekolah kami sudah melibatkan masyarakat dalam
kegiatan peringatan hari besar keagamaan
Kelemahan
1). Sekolah kami belum menjalin kemitraan dengan
masyaraat
|
Sekolah
melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.
|
Sekolah kami akan berupaya
untuk menjalin kemitraan yang lebih baik dengan masyarakat
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Komite
ü Dokumentasi kegiatan keagamaan
|
3.7
Standar Pembiayaan
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
Kekuatan
:
1). Sekolah kami sudah menyusun RAPBS/ RKAS
2). Perumusan RAPBS/RKAS sekolah kami sudah merujuk pada ketentuan yang berlaku
3). RAPBS / RKAS sekolah kami sudah berisi program kegiatan, sumber dana dan nominalnya, pembelanjaan dan nominalnya
Kelemahan
:
1). RAPBS/RKAS sekolah kami belum
dikomunikasikan dengan Komite dan pemangku kepentingan
|
Anggaran
sekolah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan
kabupaten/kota
|
Sekolah kami akan berupaya untuk mengomunikasikan
RAPBS/RKAS dengan Komite dan pemangku
kepentingan
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü RAPBS/RKAS
|
2.
|
Kekuatan :
1).
Perumusan RAPBS/RKAS di sekolah kami melibatkan kepala sekolah, Guru, tenaga
kependidikan dan komite sekolah.
Kelemahan :
1).
Perumusan RAPBS/RKAS di sekolah kami belum melibatkan pemangku kepentingan
yang relevan.
|
Perumusan
RAPBS melibatkan Komite sekolah dan pemangku kepentingan yang relevan.
|
Sekolah kami akan beruapaya untuk melibatkan pemangku
kepentingan yang relevan dalam perumusan RAPBS/RKAS di sekolah.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü RAPBS
ü Notulen rapat RAPBS
|
3.
|
Kekuatan
:
1). Sekolah kami sudah memberitahukan
rencana pengelolaan keuangan
kepada pemangku kepentingan.
2). Pembelanjaan keuangan sekolah kami belum sesuai dengan rencana anggaran
3). Sekolah kami sudah melaksanakan
pembukuan keuangan sekolah.
4). Pemeriksaan Buku Kas sekolah kami sudah dilakukan secara periodik oleh
petugas yang berwenang
5). Setiap transaksi keuangan (penerimaan dan pengeluaran) sudah disertai
dengan bukti yang sah.
Kelemahan
:
1). Pengelolaan keuangan sekolah kami belum dapat diketahui dengan mudah oleh
semua pemangku kepentingan sekolah.
2). Sekolah kami belum memiliki catatan logistik (uang dan barang)
sesuai dengan mata anggaran dan sumber dananya masing-masing.
|
Penyusunan
rencana keuangan sekolah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.
|
1).
Sekolah kami akan terus berupaya agar Pengelolaan keuangan sekolah kami dapat diketahui dengan mudah oleh semua
pemangku kepentingan sekolah.
2).
Sekolah kami akan membuat catatan logistik (uang dan barang) sesuai dengan mata anggaran dan sumber dananya
masing-masing.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü RAPBS
ü Buku Kas
ü Laporan Keuangan
ü Bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran yang sah
|
4.
|
Kekuatan
:
1). Sekolah kami sudah menyusun laporan pengelolaan keuangan.
2). Sekolah kami sudah melaporkan pengelolaan keuangan kepada pemerintah.
Kelemahan
:
1). Sekolah kami sudah melaporkan pengelolaan keuangan kepada warga sekolah namun belum secara rutin.
2). Sekolah kami belum melaporkan pengelolaan
keuangan kepada masyarakat.
|
Sekolah
membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.
|
Sekolah kami akan terus berupaya untuk melaporkan pengelolaan keuangan kepada warga
sekolah secara rutin dan melaporkan pengelolaan keuangan kepada
masyarakat.
|
Bukti-Bukti Fisik :
√ Buku Kas
√ Laporan Keuangan
|
5.
|
Kelemahan
:
1). Sekolah kami belum menyusun program pengembangan
kewirausahaan.
2). Sekolah kami belum menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan
3). Sekolah kami belum mengidentifikasi sumber dana dan donatur
4). Sekolah kami belum menyusun proposal penggalian dana
|
Sekolah memiliki kapasitas untuk mencari dana
dengan inisiatifnya sendiri
|
Sekolah kami akan berupaya untuk menyusun
program pengembangan
kewirausahaan, menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan, mengidentifikasi sumber dana dan donatur dan menyusun proposal penggalian dana
|
Bukti-Bukti Fisik :
|
6.
|
Kelemahan
:
1). Sekolah kami belum mengidentifikasi
Dunia Usaha dan Dunia Industry yang memiliki dana CSR (Coorporate Social
Responsibility)
2). Sekolah kami belum menyusun proposal penggalian dana dari Usaha dan Dunia Industry yang memiliki dana CSR (Coorporate Social
Responsibility)
3). Sekolah kami belum melakukan kegiatan dengan melibatkan Usaha dan Dunia Industry yang
memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility)
|
Sekolah
membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.
|
Sekolah kami akan merencanakan untuk mengidentifikasi Dunia Usaha dan Dunia Industry yang
memiliki dana CSR (Coorporate Social Responsibility) , menyusun proposal penggalian dana dari Usaha dan Dunia Industry yang memiliki
dana CSR (Coorporate Social Responsibility), dan melakukan kegiatan dengan melibatkan Usaha dan Dunia Industry yang memiliki dana CSR (Coorporate Social
Responsibility).
|
Bukti-Bukti Fisik :
|
7.
|
Kekuatan
:
1). Sekolah kami sudah memiliki data alumni tetapi belum lengkap.
2). Sekolah kami sudah memiliki wadah / organisasi alumni tetapi tidak aktif
Kelemahan
:
1). Sekolah kami belum mempunyai program kegiatan yang melibatkan alumni.
2). Sekolah kami belum memanfatkan sumberdaya
alumni .
|
Sekolah
memelihara hubungan dengan alumni.
|
Sekolah kami akan mengupayakan memanfaatkan sumber
daya dan keterlibatan alumni dalam
berbagai program kegiatan sekolah.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Daftar alumni
ü Dokumentasi kegiatan
|
8.
|
Kekuatan
:
1). Sekolah kami menerima siswa usia sekolah dari semua lapisan/tingkatan
sosial ekonomi.
2). Sekolah kami mengupayakan bantuan
beasiswa untuk anak miskin.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum dapat menerima siswa yang berkebutuhan khusus.
2). Sekolah kami tidak memberi bantuan kebutuhan perlengkapan sekolah
siswa kurang mampu.
|
Sekolah melayani siswa
dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan
khusus.
|
Kedepan sekolah kami akan mengupayakan bantuan kebutuhan perlengkapan sekolah siswa
kurang mampu.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Daftar catatan
Siswa miskin
ü Surat pengajuan BSM
ü Laporan BSM
|
9.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami sudah mengidentifikasi tingkat ekonomi orang tua siswa.
2). Sekolah kami membebaskan
biaya pendidikan/SPP bagi siswa miskin.
Kelemahan :
1). Sekolah kami belum menerapkan subsidi silang
|
Sekolah melakukan
subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
|
Sekolah kami sedang merencanakan upaya penerapan
subsidi silang
|
Bukti-Bukti Fisik :
Data
siswa miskin
|
3.8
Standar Penilaian
No
|
Kondisi
Sekolah
|
Harapan
Sekolah
(Sesuai
Standar)
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
Keterangan
|
1.
|
Kekuatan :
1). Guru-guru
sekolah kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan SK dan KD
2). Guru-guru
sekolah kami menentukan KKM
3). 50% guru (7 orang)
sekolah kami mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai ketentuan
4). 50% guru (7 orang)
sekolah kami menyusun kisi-kisi soal
Kelemahan :
1). 50% guru (7 orang)
sekolah kami belum mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai
ketentuan
50% guru (7 orang)
2). sekolah kami belum menyusun
kisi-kisi soal
|
Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.
|
Sekolah kami akan terus mengupayakan agar 100%
(14 orang) guru mengembangkan instrumen dan pedoman
penilaian sesuai ketentuan dan menyusun
kisi-kisi soal
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Silabus
ü RPP
ü Penetapan KKM
ü Agenda guru
ü Kisi-kisi soal
|
2.
|
Kekuatan
:
1). 100 % pendidik menginformasikan
kopetensi dasar (Indikator) kepada peserta didik.
2). 100 % pendidik menginformasikan
Kriteria Ketuntasan Minimal kepada peserta didik.
3). Pendidik sudah menginformasikan waktu penilaian kepada peserta
didik.
Kelemahan
:
1). Pendidik belum menginformasikan teknik penilaian kepada peserta didik.
2). Pendidik belum menginformasikan
rubrik penilaian kepada peserta didik.
|
Guru memberikan informasi
kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM).
|
Sekolah kami akan
mengupayakan agar 100% (20 orang) pendidik menginformasikan teknik penilaian kepada peserta didik, dan menginformasikan rubrik penilaian kepada peserta
didik.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Program Semester
ü Silabus
ü RPP
ü Penetapan KKM
ü Agenda guru
|
3.
|
Kekuatan
:
1). 100 % pendidik melaksanakan
Ulangan tengah semester.
2). 100 % pendidik melaksanakan Ulangan Akhir semester.
3). 100 % pendidik melaksanakan
Ulangan Kenaikan Kelas.
4). Sekolah kami sudah melaksanakan Ujian Sekolah.
5). Sekolah kami sudah melaksanakan Ujian Nasional.
Kelemahan
:
1). Hanya Sebagian
pendidik melaksanakan Ulangan Harian setiap kompetensi dasar.
|
Guru melaksanakan penilaian
secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.
|
Sekolah kami akan terus mengupayakan agar
100% pendidik
melaksanakan Ulangan Harian setiap kompetensi dasar.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Prota dan Promes
ü Agenda Guru
ü Rapor sisipan (UTS)
ü Laporan Hasil Belajar
Siswa(LHBS)
ü Leger/DKN
ü DKHUN
ü Laporan Kelulusan
|
4.
|
Kekuatan
:
1). 100 % pendidik memberikan penilaian hasil belajar
sesuai dengan kompetensi.
2). 100 % pendidik menerapkan teknik penugasan baik
perseorangan maupun kelompok dalam bentuk tugas rumah dan/atau proyek.
Kelemahan :
1).
Sebagian
pendidik menerapkan tes tertulis, tes lisan, dan tes praktik atau tes
kinerja.
2). Sebagian pendidik menerapkan teknik observasi atau
pengamatan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan
pembelajaran.
|
Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
|
Sekolah kami akan
mengupayakan agar guru dapat menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Silabus
ü RPP
ü Dokumen Ujian
ü LKS
ü Buku PR/Buku tugas
|
5.
|
Kekuatan :
1). Semua
guru mengembalikan hasil penilaian kepada peserta didik
Kelemahan :
1). Sebagian
guru-guru sekolah kami tidak memberikan masukan dan komentar dari hasil
penilaiannya
|
Guru memberikan masukan dan
komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
|
Sekolah kami akan
memberikan arahan kepada guru agar memberikan masukan dan komentar mengenai
penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü LKS
ü Hasil ulangan peserta didik
ü Buku PR/tugas
|
6.
|
Kekuatan :
1). 100 % pendidik menganalisa
terhadap semua hasil penilaian.
2). 100 % pendidik menginformasikan hasil ulangan harian pada peserta didik.
Kelemahan
:
1). Sebagian pendidik
menyusun program tindak lanjut hasil analisa terhadap hasil penilaian.
2). Sebagian pendidik
melaksanakan remidi berdasarkan hasil analisis hasil penilaian namun administrasi
belum lengkap.
|
Guru menggunakan hasil
penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
|
Sekolah kami akan
mengarahkan dan mengupayakan agar semua guru menggunakan hasil penilaian
untuk perbaikan pembelajaran.
|
Bukti-Bukti Fisik :
√ Analisis hasil ulangan
√ Dokumen remidial
|
7.
|
Kekuatan :
1). Sekolah kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin
dan sistematis dalam bentuk laporan pendidikan.
2). Guru-guru sekolah kami melaporkan hasil penilaian
mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan
pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik
3). Sekolah kami melaporkan hasil kelulusan ujian sekolah dan UN kepada Dinas pendidikan
sesuai dengan kreteria kelulusan yang ditentukan sekolah.
Kelemahan :
1). Guru belum melaporkan
hasil penilaian akhlak kepada
guru Pendidikan Agama dan hasil penilaian
kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir
semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat balk, balk, atau
kurang baik.
2). Sekolah kami belum melaporkan pencapaian
hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan
kabupaten/kota.
|
Sekolah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk
semua kelompok mata pelajaran pada
setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku
laporan pendidikan.
|
1). Sekolah kami akan terus berupaya agar guru melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru
Pendidikan Agama dan hasil penilaian
kepribadian kepada guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir
semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sangat balk, balk, atau
kurang baik.
2). Sekolah
kami akan melakukan pelaporan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas
pendidikan kabupaten/kota.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Laporan hasil belajar
siswa/LHBS
ü Laporan hasil Ujian
Nasional
ü Buku pengambilan LHBS
dan Ijazah
|
8.
|
Kelemahan :
1).
Sekolah
kami belum mensosialisasikan SK/KD setiap mata
pelajaran, KKM setiap mata pelajaran, Kriteria kenaikan kelas, Program
penilaian, program Remidial dan pengayaan kepada orangtua peserta didik.
2).
Sekolah
kami belum melibatkan orang tua peserta didik
dalam penyusunan Kriteria Kelulusan Ujian.
3).
Sekolah
kami belum melibatkan orang tua peserta didk
dalam menyediakan fasilitas belajar putra/putrinya.
|
Sekolah melibatkan orang tua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
|
1). Sekolah kami akan mensosialisasikan SK/KD setiap mata pelajaran,
KKM setiap mata pelajaran, Kriteria kenaikan kelas, Program penilaian, program
Remidial dan pengayaan kepada orangtua peserta didik.
2). Sekolah kami akan melibatkan orang tua peserta didik
dalam penyusunan Kriteria Kelulusan Ujian dan melibatkan orang tua peserta didk
dalam menyediakan fasilitas belajar putra/putrinya.
|
Bukti-Bukti Fisik :
ü Daftar hadir rapat wali murid
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar