Sabtu, 28 September 2019

BAB V RKS


BAB V KURIKULUM


Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Isi kurikulum merupakan susunan bahan kajian  dan  pelajaran  untuk  mencapai  tujuan.  Adapun  kurikulum  yang  digunakan  di SMPN 4 Birem Bayeun adalah kurikulum 2013 yang disusun bersama antara Kepala Sekolah, Guru, dan Komite sekolah


Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.


Struktur Kurikulum SMPN 4 Birem Bayeun meliputi Substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun yaitu mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Kurikulum ini disusun dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun  oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut: kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; kelompok mata pelajaran estetika; kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. Adapun cakupan setiap kelompok mata pelajaran tersebut di atas disajikan pada Tabel berikut :

Cakupan Kelompok Mata Pelajaran


No
Kelompok Mata
Pelajaran

Cakupan
1.
Agama dan
Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.





No
Kelompok Mata
Pelajaran

Cakupan
2.
Kewarganega-raan
dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
pada dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk
meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan
pada dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan
hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang
potensial untuk mewabah.




Rencana Kegiatan Kurikulum Tahun 2019/2020



No

Kegiatan

Sasaran

Target

1



2



3



4

Penyempurnaan dokumen K-13 Pengembangan Silabus
Penyusunan Kriteria Ketuntasan minimal tiap Mata Pelajaran

Penyusunan Pembagian Tugas dan

1 dokumen



Semua mapel semua mapel
Guru mapel

Memiliki Dokumen 1 KTSP yang sempurna

Memiliki silabus yang baik

Memiliki KKM utnk semua mata pelajaran

Memiliki format














5










6




7






8



9



10






11




12




13








14






15
Jadwal Pelajaran








Penyiapan Perangkat Pembelajaran










Pengembangan bahan ajar.




Pengembangan Bahan ajar berbasis
ICT




Pelaksanaan Pembelajaran Penyusunan Perangkat Penilaian Pelaksanaan Penilaian



Menyusun Program Remedial




Penyusunan Bank Soal




Penyusunan Program Keunggulan lokal







Penyusunan Program
Pengembangan diri




Penyusunan Pedoman Kenaikan kelas










Guru mapel










Guru mapel




Guru mapel






Guru mapel Kurikulum Guru mapel



Guru mapel Guru mapel Sekolah




Sekolah






Sekolah
pembagian tugas
sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing personel serta memiliki jadwal yang baik

Tersedianya perangkat pembelajaran yang lengkap (silabus, RPP, Daftar Nilai, dan buku Analisis hasil Evaluasi.

Guru membuat dan mengembangkan bahan ajar

Guru mengembangkan bahan ajar berbasis ICT

Pembelajaran berjalan lancar dan tertib.

Menyediakan form daftar nilai

Sertiap guru melakukan penilaian terhadap kemajuan belajar siswa.

Guru menyusun dan melaksanakan program remedial

Guru menyusun/memiliki bank soal

Memiliki program keunggulan local yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan program prestasi unggulan

Memiliki Program Pengembangan Diri Yang dilaksanakan dengan baik

Memiliki/menyusun pedoman kenaikan
Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020                                                                                                                 19







16



17








18










19











20



21



Penyusunan Pedoman Kelulusan



Penyusunan  jadwal jam tambahan untuk kelas XII







Penyusunan  Program Ulangan










Pelaksanaan Ulangan semester, ujian dan ujian Nasional










Penyusunan program sukses Ujian
Nasional.

Melaksanakan Try Out Ujian nasional



Sekolah



Sekolah








Guru mapel










Kurikulum











Sekolah



Sekolah
kelas

Memiliki/menyusun pedoman kelulusan

Menyusun dan melaksanakan jam tambahan pelajaran untuk kelas IX dilengkapi dengan jadwal.

Memiliki program ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah, dan ujian nasional.

Melaksanakan program ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas, ujian sekolah, dan ujian nasional.

Memiliki program sukses Ujian Nasional

Menyusun dan melaksanakan program Try-Out Ujian Nasional.


Kurikulum secara rinci terdapat di buku K-13 SMPN 4 Birem Bayeun tahun 2019/2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar