BAB
V KURIKULUM
Kurikulum disusun untuk mewujudkan
tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan
tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan,
perkembangan ilmu
pengetahuan
dan
teknologi. Isi
kurikulum merupakan
susunan
bahan
kajian
dan pelajaran
untuk mencapai tujuan.
Adapun kurikulum yang digunakan
di SMPN 4 Birem Bayeun adalah kurikulum
2013 yang
disusun bersama antara Kepala Sekolah, Guru, dan Komite sekolah
Struktur
Kurikulum
Struktur
kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh
oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada
setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang harus
dikuasai peserta
didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan standar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan
kegiatan
pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur
kurikulum pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Struktur Kurikulum SMPN 4
Birem Bayeun meliputi Substansi pembelajaran yang
ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama
tiga tahun yaitu mulai Kelas VII
sampai dengan Kelas IX. Kurikulum ini disusun
dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan yang
disusun oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP), yaitu meliputi lima
kelompok mata pelajaran sebagai berikut: kelompok mata
pelajaran agama dan akhlak mulia; kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi; kelompok mata
pelajaran estetika; kelompok mata
pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. Adapun cakupan setiap kelompok mata
pelajaran tersebut di atas disajikan
pada Tabel
berikut :
Cakupan Kelompok Mata
Pelajaran
No
|
Kelompok Mata
Pelajaran
|
Cakupan
|
1.
|
Agama dan
Akhlak Mulia
|
Kelompok
mata pelajaran agama
dan akhlak mulia
dimaksudkan untuk membentuk peserta
didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa serta berakhlak mulia.
Akhlak mulia mencakup etika,
budi pekerti, atau moral sebagai
perwujudan
dari pendidikan agama.
|
No
|
Kelompok Mata
Pelajaran
|
Cakupan
|
2.
|
Kewarganega-raan
dan Kepribadian
|
Kelompok mata
pelajaran kewarganegaraan dan
kepribadian
dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran
dan
wawasan
peserta didik akan
status, hak, dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,
dan
bernegara,
serta peningkatan
kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran
dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan,
jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan
terhadap hak-hak
asasi manusia,
kemajemukan bangsa, pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender,
demokrasi, tanggung jawab
sosial, ketaatan pada hukum,
ketaatan membayar
pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi,
kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu Pengetahuan
dan Teknologi
|
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan
teknologi
pada dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut
ilmu pengetahuan
dan teknologi serta
membudayakan
berpikir ilmiah secara kritis,
kreatif dan mandiri.
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok
mata pelajaran estetika dimaksudkan
untuk
meningkatkan
sensitivitas, kemampuan
mengekspresikan dan
kemampuan mengapresiasi keindahan dan
harmoni. Kemampuan mengapresiasi
dan mengekspresikan
keindahan serta harmoni mencakup
apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan individual
sehingga mampu menikmati dan
mensyukuri
hidup, maupun dalam kehidupan
kemasyarakatan
sehingga mampu menciptakan
kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan
|
Kelompok
mata pelajaran jasmani,
olahraga dan kesehatan
pada dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan
sikap sportif, disiplin, kerja sama,
dan
hidup sehat. Budaya hidup sehat
termasuk kesadaran,
sikap, dan perilaku
hidup sehat
yang bersifat individual
ataupun yang bersifat kolektif
kemasyarakatan
seperti keterbebasan
dari perilaku seksual
bebas,
kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam
berdarah, muntaber, dan
penyakit lain yang
potensial untuk mewabah.
|
Rencana
Kegiatan Kurikulum Tahun 2019/2020
No
|
Kegiatan
|
Sasaran
|
Target
|
1
2
3
4
|
Penyempurnaan dokumen K-13 Pengembangan Silabus
Penyusunan Kriteria Ketuntasan
minimal tiap Mata
Pelajaran
Penyusunan Pembagian Tugas
dan
|
1 dokumen
Semua
mapel semua mapel
Guru mapel
|
Memiliki Dokumen 1 KTSP yang sempurna
Memiliki silabus yang baik
Memiliki KKM utnk semua mata
pelajaran
Memiliki format
|
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
|
Jadwal Pelajaran
Penyiapan Perangkat
Pembelajaran
Pengembangan bahan
ajar.
Pengembangan Bahan ajar berbasis
ICT
Pelaksanaan
Pembelajaran
Penyusunan Perangkat
Penilaian
Pelaksanaan
Penilaian
Menyusun Program Remedial
Penyusunan Bank Soal
Penyusunan Program Keunggulan lokal
Penyusunan Program
Pengembangan diri
Penyusunan Pedoman
Kenaikan kelas
|
Guru mapel
Guru mapel
Guru mapel
Guru mapel
Kurikulum Guru mapel
Guru mapel
Guru mapel Sekolah
Sekolah
Sekolah
|
pembagian tugas
sesuai dengan disiplin ilmu
masing-masing personel serta
memiliki jadwal yang
baik
Tersedianya
perangkat
pembelajaran yang lengkap
(silabus, RPP, Daftar Nilai,
dan buku Analisis hasil Evaluasi.
Guru membuat dan mengembangkan
bahan ajar
Guru mengembangkan bahan ajar berbasis
ICT
Pembelajaran
berjalan lancar dan tertib.
Menyediakan form
daftar nilai
Sertiap guru melakukan penilaian
terhadap kemajuan belajar siswa.
Guru menyusun dan
melaksanakan program
remedial
Guru menyusun/memiliki bank soal
Memiliki program keunggulan local
yang ditindaklanjuti dengan pelaksanaan program prestasi
unggulan
Memiliki Program Pengembangan
Diri Yang dilaksanakan
dengan baik
Memiliki/menyusun pedoman
kenaikan
|
Program Kerja Sekolah Tahun Pelajaran 2019/2020 19
16
17
18
19
20
21
|
Penyusunan Pedoman
Kelulusan
Penyusunan jadwal
jam tambahan untuk kelas XII
Penyusunan Program
Ulangan
Pelaksanaan Ulangan
semester, ujian dan ujian Nasional
Penyusunan program
sukses Ujian
Nasional.
Melaksanakan
Try
Out Ujian nasional
|
Sekolah
Sekolah
Guru mapel
Kurikulum
Sekolah
Sekolah
|
kelas
Memiliki/menyusun pedoman
kelulusan
Menyusun dan
melaksanakan jam
tambahan pelajaran
untuk kelas IX dilengkapi
dengan jadwal.
Memiliki program ulangan
tengah semester,
ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas,
ujian sekolah, dan ujian
nasional.
Melaksanakan
program ulangan
tengah semester, ulangan akhir
semester, ulangan kenaikan kelas,
ujian sekolah, dan ujian nasional.
Memiliki program sukses Ujian Nasional
Menyusun dan
melaksanakan program
Try-Out Ujian Nasional.
|
Kurikulum secara rinci terdapat
di buku K-13 SMPN 4 Birem Bayeun tahun 2019/2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar