Sabtu, 28 September 2019

BAB II RKT 2019-2020

BAB II
PROFIL SEKOLAH

A.   Identitas  Sekolah


1.  N S S                              :  201060404045
2. N P S N                          :  10110436
3. Nama Sekolah               :  SMPN 4 Birem Bayeun
4. Alamat Sekolah :
a. Jalan                          :  Utama      
b. Desa                          :  Alue Sentang       
c. Kecamatan                :  Birem Bayeun      
d. Kabupaten                :  Aceh Timur       
e. Provinsi                     :  Aceh       
f. Kode Pos                  :  24451       
g. No. Telepon              :  085288867070       
5. Tahun Berdiri                 :  2007      


B.     Visi Sekolah

Disiplin, Bermutu, Berkarakter, Berprestasi, Berdasarkan Imtaq dan Iptek

Indikator Visi :
1.      Mantap dalam budi pekerti dan disiplin menuju kualitas iman dan taqwa
2.      Berprestasi dalam akademik dan non akademik serta berakhlak mulia
3.      Penerapan kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan
4.      Terselenggaranya proses pembelajaran sesuai SNP
5.      Terlaksananya manajemen berbasis sekolah
6.      Menerapkan sistem penilaian otentik
7.      Optimalnya sumber dana dan daya dukung pendanaan sekolah
8.      Pendidik dan tenaga kependidikan yang kompeten dan mampu bersaing dalam perkembangan Iptek.


C.     Misi

a.      Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan terpadu.
b.      Menumbuh kembangkan semangat secara optimal sesuai dengan bakat yang dimiliki.
c.       Mewujudkan nilai-nilai yang berkarakter.
d.      Membiasakan disiplin didalam dan diluar sekolah.
e.      Menciptakan peserta didik yang mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan Iptek.
f.        Meningkatkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dengan memiliki, menguasai dan menerapkan secara konsisten dalam proses pembelajaran.


D. Tujuan Sekolah Dalam 4 Tahun
Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang maka tujuan yang akan dicapai selama 4 tahun mendatang adalah :
 Pada akhir tahun pelajaran  2019/2020 :
1.      Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan, diversifikasi kurikulum, dan perangkat pembelajarannya.
2.      Mengembangkan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang untuk mendorong kemandirian siswa untuk belajar bekerja sama, mengembangkan prakarsa dan kreatifitas, sesuai dengan bakat, minat, etika, logika, estetika dan kinestika, sehingga tubuh jiwa yang berprestasi, berdisiplin, berakhlakul qarimah dan patriotis.
3.      Menumbuhkembangkan prestasi akademik serta keterampilan hidup agar peserta didik memiliki keterampilan, sikap dan prilaku adaptif, kooperatif dan kompetitif dalam menghadapi tantangan dan tuntutan kehidupan.
4.      Meningkatkan kompetensi pedagogik, keompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dengan memiliki, menguasai dan menerapkan secara konsisten berbagai metode, strategi penilaian dalam proses pembelajaran.
5.      Mengupayakan melengkapi fasilitas pembelajaran dan terciptanya lingkungan yang tertata rapi, etis dan estetis untuk meningkatkan semangat belajar dalam situasi yang nyaman.
6.      Menumbuh kembangkan budaya demokrasi, transparan dan akuntabel dengan menjalin kerjasama  yang lebih harmonis antara peserta didik, orang tua, guru, komite sekolah dan anggota masyarakat sekitar dalam upaya optimalisasi program pendidikan.
7.      Meningkatkan partisipasi masyarkat, dunia usaha dan dunia industri untuk memenuhi standar pembiayaan pendidikan.
8.      Mengembangkan sistem penilaian, baik evaluasi pembelajaran maupun evaluasi kerja manajemen dengan membuat pedoman, instrumen dan sistem administrasi penilaian yang akurat untuk mendukung peningkatan kinerja seluruh unsur manajemen.
      Sehingga mencapai 8 standar nasional pendidikan ( SNP ) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.


E.              Program Strategis
1.      Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan:
a.      Peningkatan prestasi bidang akademik
b.      Peningkatan prestasi bidang non akademik
c.       Peningkatan jumlah kelulusan
d.      Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
2.      Pemenuhan Standar Isi:
a.    Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b.    Pengembangan silabus
c.     Pengembangan RPP
3.      Pemenuhan Standar Proses:
a.      Pemenuhan persiapan pembelajaran
b.      Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c.       Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d.      Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e.      Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
4.      Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a.Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
b.Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c.   Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
5.      Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a.Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
b.Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
c.   Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian
d.Pengadaan taman dilingkungan sekolah
6.      Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a.Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja sekolah
c.   Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e.Pengembangan perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f.    Pengembangan SIM sekolah
7.      Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan:
a. Peningkatan sumber dana pendidikan
b.Pengembangan pengalokasian dana
c.    Pengembangan penggunaan dana
d.Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e.   Peningkatan dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
8.      Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
a.      Peningkatan frekuensi ulangan harian
b.      Peningkatan pelaksanaan Ulangan Tengah Semester
c.       Pengembangan materi Ulangan Akhir Semester
d.      Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e.      Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f.        Pengembangan instruman ulangan harian
g.      Pengembangan variasi instrumen ulangan akhir semester
h.      Pengembangan variasi instrumen ulangan kenaikan kelas
i.        Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian guru
j.        Pemenuhan mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
9.  Pengembangan Budaya dan lingkungan sekolah
a. Pengembangan budaya bersih.
b. Pengembangan budaya disiplin.
c. Penciptaan budaya tata krama “ in action”
d. Penciptaan tamanisasi.
e. Pengembangan lomba-lomba kebersihan.

F.       Strategi Pelaksanaan/Pencapaian
1.      Dalam pengembangan Kompetensi kelulusan dilakukan dengan upaya mengoptimalkan pelajaran tambahan, membekali siswa dengan kecakapan hidup dan keterampilan yang sesuai dengan kondisi siswa itu sendiri, lingkungan serta geografis.
2.      Dalam program Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menggunakan strategi menjalin kerjasama dengan Jejaring Kurikulum Tingkat Kabupaten/Propinsi, Komite Sekolah dan stakeholder lain dalam melaksanakan kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, In House Training,  untuk menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
3.      Dalam Program Pengembangan kurikulum dilakukan dengan cara menjalin kerjasama dan mengoptimasikan warga sekolah dalam membuat pemetaan SK,KD,; membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model penilaian,  melalui workshop, IHT,  untuk menghasilkan domkumen kurikulum sekolah.
4.      Dalam program pengembangan proses dilakukan dengan cara menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat tentang penerimaan siswa baru, mengadakan workshop pemberlajaran dan mengirim peserta workshop pembelajaran.
5.      Program pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan dengan mengoptimalkan tenaga yang ada di sekolah, mengadakan pelatihan-pelatihan teknis baik guru maupun tenaga tata usaha.
6.      Dalam program Pengembangan sarpras, bahan ajar, sumber belajar,  dan media pembelajaran dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimasikan SDM sekolah untuk mengembangkan, melengkapi, menambah, dsb dalam rangka memenuhi standar sarpras dan media pembelajaran sekolah.
7.       Pengembangan Pengelolaan dilaksanakan dengan cara meningkatkan manajemen pengelolaan sekolah dengan mendokumentasikan administrasi sekolah secara keseluruhan, mulai dari rencana kerja, struktur organisasi, supervisi, monitoring, evaluasi, akreditasi sekolah serta kerjasama kemitraan dengan lingkungan.
8.      Pengembangan penilaian dilakukan dengan menerapkan beberapa metode penilaian.
9.      Penciptaan lingkungan yang mendukung pembelajaran.

G.     Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan tercapai atau terpenuhi dari program-program di atas antara lain :
              1.            Terpenuhinya SKL SMP
              2.            Terpenuhinya standar isi
              3.            Terpenuhinya standar proses
              4.            Terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan
              5.            Terpenuhinya sarana dan prasarana
              6.            Terpenuhinya standar pengelolaan
              7.            Terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai
              8.            Terpenuhinya standar penilaian
              9.            Terciptanya lingkungan yang mendukung pembelajaran

H. Tujuan Pendidikan Sekolah
            Tujuan pendidikan tingkat sekolah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum
pendidikan berikut ;   
”Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.”
Tujuan Pendidikan Sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional  juga meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
            Jadi, tujuan pendidikan di SMP Negeri 4 Birem Bayeun bertujuan memberi bekal kemampuan dasar yang merupakan perluasan serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di SD, untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara sesuai dengan perkembagangannya serta mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakat dan atau mengikuti pendidikan menengah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar