BAB II
PROFIL
SEKOLAH
A. Identitas
Sekolah
1. N S S : 201060404045
2. N P S N : 10110436
3. Nama Sekolah : SMPN 4 Birem Bayeun
4. Alamat Sekolah :
a.
Jalan : Utama
b.
Desa : Alue Sentang
c.
Kecamatan : Birem Bayeun
d.
Kabupaten : Aceh Timur
e.
Provinsi : Aceh
f. Kode Pos : 24451
g.
No.
Telepon :
085288867070
5. Tahun Berdiri : 2007
B. Visi Sekolah
Disiplin, Bermutu, Berkarakter,
Berprestasi, Berdasarkan Imtaq dan Iptek
Indikator
Visi :
1. Mantap
dalam budi pekerti dan disiplin menuju kualitas iman dan taqwa
2. Berprestasi
dalam akademik dan non akademik serta berakhlak mulia
3. Penerapan
kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan
4. Terselenggaranya
proses pembelajaran sesuai SNP
5. Terlaksananya
manajemen berbasis sekolah
6. Menerapkan
sistem penilaian otentik
7. Optimalnya
sumber dana dan daya dukung pendanaan sekolah
8. Pendidik
dan tenaga kependidikan yang kompeten dan mampu bersaing dalam perkembangan
Iptek.
C. Misi
a. Melaksanakan
pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan terpadu.
b. Menumbuh
kembangkan semangat secara optimal sesuai dengan bakat yang dimiliki.
c. Mewujudkan
nilai-nilai yang berkarakter.
d. Membiasakan
disiplin didalam dan diluar sekolah.
e. Menciptakan
peserta didik yang mampu bersaing dalam menghadapi perkembangan Iptek.
f.
Meningkatkan kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dengan
memiliki, menguasai dan menerapkan secara konsisten dalam proses pembelajaran.
D. Tujuan Sekolah Dalam 4 Tahun
Mengingat visi merupakan tujuan jangka
panjang maka tujuan yang akan dicapai selama 4 tahun mendatang adalah :
Pada akhir tahun pelajaran 2019/2020 :
1. Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan,
diversifikasi kurikulum, dan perangkat pembelajarannya.
2. Mengembangkan proses pembelajaran yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan, dan menantang untuk mendorong kemandirian siswa untuk
belajar bekerja sama, mengembangkan prakarsa dan kreatifitas, sesuai dengan
bakat, minat, etika, logika, estetika dan kinestika, sehingga tubuh jiwa yang
berprestasi, berdisiplin, berakhlakul qarimah dan patriotis.
3. Menumbuhkembangkan prestasi akademik serta
keterampilan hidup agar peserta didik memiliki keterampilan, sikap dan prilaku
adaptif, kooperatif dan kompetitif dalam menghadapi tantangan dan tuntutan
kehidupan.
4. Meningkatkan kompetensi pedagogik, keompetensi
kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial dengan memiliki,
menguasai dan menerapkan secara konsisten berbagai metode, strategi penilaian
dalam proses pembelajaran.
5. Mengupayakan melengkapi fasilitas pembelajaran dan
terciptanya lingkungan yang tertata rapi, etis dan estetis untuk meningkatkan
semangat belajar dalam situasi yang nyaman.
6. Menumbuh kembangkan budaya demokrasi,
transparan dan akuntabel dengan menjalin kerjasama yang lebih harmonis antara peserta didik,
orang tua, guru, komite sekolah dan anggota masyarakat sekitar dalam upaya
optimalisasi program pendidikan.
7. Meningkatkan partisipasi masyarkat, dunia usaha dan
dunia industri untuk memenuhi standar pembiayaan pendidikan.
8. Mengembangkan sistem penilaian, baik evaluasi
pembelajaran maupun evaluasi kerja manajemen dengan membuat pedoman, instrumen
dan sistem administrasi penilaian yang akurat untuk mendukung peningkatan
kinerja seluruh unsur manajemen.
Sehingga
mencapai 8 standar nasional pendidikan ( SNP ) yang telah ditetapkan oleh
pemerintah.
E.
Program Strategis
1. Pemenuhan Standar Kompetensi Lulusan:
a. Peningkatan prestasi bidang akademik
b. Peningkatan prestasi bidang non akademik
c. Peningkatan jumlah kelulusan
d. Peningkatan jumlah yang melanjutkan studi
2. Pemenuhan Standar Isi:
a. Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b. Pengembangan silabus
c. Pengembangan RPP
3. Pemenuhan Standar Proses:
a. Pemenuhan persiapan pembelajaran
b. Pemenuhan persyaratan pembelajaran
c. Peningkatan pelaksanaan pembelajaran
d. Peningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e. Peningkatan pengawasan proses pembelajaran
4. Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan Kependidikan:
a.Peningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala
sekolah)
b.Peningkatan kompetensi tenaga pendidik (guru)
c. Peningkatan
kompetensi tenaga kependidikan lainnya
5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a.Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
b.Pemenuhan sarana dan prasarana lainnya
c. Pemenuhan
fasilitas pembelajaran dan penilaian
d.Pengadaan taman dilingkungan sekolah
6. Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a.Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan
rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme kerja
sekolah
c. Peningkatan
supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.Peningkatan peranserta masyarakat dan kemitraan
e.Pengembangan perangkat administrasi sekolah
(Program Aplikasi Sekolah)
f. Pengembangan SIM sekolah
7. Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan
Pendidikan:
a. Peningkatan sumber dana pendidikan
b.Pengembangan pengalokasian dana
c. Pengembangan penggunaan dana
d.Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e. Peningkatan
dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
8. Pemenuhan Standar Penilaian Pendidikan:
a. Peningkatan frekuensi ulangan harian
b. Peningkatan pelaksanaan Ulangan Tengah Semester
c. Pengembangan materi Ulangan Akhir Semester
d. Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e. Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f.
Pengembangan
instruman ulangan harian
g. Pengembangan variasi instrumen ulangan akhir
semester
h. Pengembangan variasi instrumen ulangan kenaikan
kelas
i.
Pemenuhan
mekanisme dan prosedur penilaian guru
j.
Pemenuhan
mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
9. Pengembangan
Budaya dan lingkungan sekolah
a. Pengembangan budaya bersih.
b. Pengembangan budaya disiplin.
c. Penciptaan budaya tata krama “ in action”
d. Penciptaan tamanisasi.
e. Pengembangan lomba-lomba kebersihan.
F.
Strategi Pelaksanaan/Pencapaian
1. Dalam pengembangan Kompetensi kelulusan dilakukan
dengan upaya mengoptimalkan pelajaran tambahan, membekali siswa dengan
kecakapan hidup dan keterampilan yang sesuai dengan kondisi siswa itu sendiri,
lingkungan serta geografis.
2. Dalam program Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
menggunakan strategi menjalin kerjasama dengan Jejaring
Kurikulum Tingkat Kabupaten/Propinsi, Komite Sekolah dan
stakeholder lain dalam melaksanakan kunjungan, workshop, lokakarya, seminar, In
House Training, untuk menghasilkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
3. Dalam Program Pengembangan kurikulum
dilakukan dengan cara menjalin kerjasama dan mengoptimasikan warga sekolah
dalam membuat pemetaan SK,KD,; membuat silabus, membuat RPP, membuat model-model
penilaian, melalui workshop, IHT, untuk menghasilkan domkumen kurikulum
sekolah.
4. Dalam program pengembangan proses
dilakukan dengan cara menjalin kerja sama dengan tokoh masyarakat tentang
penerimaan siswa baru, mengadakan workshop pemberlajaran dan mengirim peserta
workshop pembelajaran.
5. Program pengembangan tenaga pendidik
dan kependidikan dilakukan dengan mengoptimalkan tenaga yang ada di sekolah,
mengadakan pelatihan-pelatihan teknis baik guru maupun tenaga tata usaha.
6. Dalam program Pengembangan sarpras, bahan ajar,
sumber belajar, dan media pembelajaran
dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan pihak lain dan mengoptimasikan SDM
sekolah untuk mengembangkan, melengkapi, menambah, dsb dalam rangka memenuhi
standar sarpras dan media pembelajaran sekolah.
7. Pengembangan
Pengelolaan dilaksanakan dengan cara meningkatkan manajemen pengelolaan sekolah
dengan mendokumentasikan administrasi sekolah secara keseluruhan, mulai dari
rencana kerja, struktur organisasi, supervisi, monitoring, evaluasi, akreditasi
sekolah serta kerjasama kemitraan dengan lingkungan.
8. Pengembangan penilaian dilakukan dengan menerapkan
beberapa metode penilaian.
9. Penciptaan lingkungan yang mendukung pembelajaran.
G.
Hasil Yang Diharapkan
Hasil yang diharapkan tercapai atau
terpenuhi dari program-program di atas antara lain :
1.
Terpenuhinya SKL SMP
2.
Terpenuhinya standar isi
3.
Terpenuhinya standar proses
4.
Terpenuhinya standar tenaga pendidik dan kependidikan
5.
Terpenuhinya sarana dan prasarana
6.
Terpenuhinya standar pengelolaan
7.
Terpenuhinya keuangan dan pembiayaan yang memadai
8.
Terpenuhinya standar penilaian
9.
Terciptanya lingkungan yang mendukung pembelajaran
H. Tujuan Pendidikan Sekolah
Tujuan pendidikan tingkat sekolah
dirumuskan mengacu kepada tujuan umum
pendidikan berikut ;
”Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut.”
Tujuan Pendidikan Sekolah sebagai bagian dari tujuan pendidikan
nasional juga meletakan dasar
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta ketrampilan untuk
hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Jadi,
tujuan pendidikan di SMP Negeri 4 Birem Bayeun bertujuan memberi bekal
kemampuan dasar yang merupakan perluasan serta peningkatan pengetahuan dan
keterampilan yang diperoleh di SD, untuk mengembangkan kehidupannya sebagai
pribadi, anggota masyarakat, dan warga Negara sesuai dengan perkembagangannya
serta mempersiapkan siswa untuk hidup dalam masyarakat dan atau mengikuti
pendidikan menengah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar