BAB IX BIMBINGAN DAN KONSELING
Bimbingan merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan ( PP
No. 29 tahun 1990, ayat 1 ). Bimbingan konseling memungkinkan peserta didik mengenal dan menerima
diri
sendiri serta mengenal
dan menerima lingkungan
secara positif
dan dinamis serta mampu mengambil keputsan,
mengarahkan dan mewujudkan diri sendiri
secara efektif, produktif sesuai dengan
peranan yang diinginkan
masa depan.
Bimbingan
dan konseling bukanlah merupakan tempat masalah apalagi polisi
sekolah. Bimbingan konseling
membantu untuk mengembangkan segenap potensi
yang ada pada diri siswa secara individual dalam segenap dimensi kemanusiaannya, agar
menjadi manusia yang seimbang antara kehidupan individual dan sosialnya, kehidupan
jasmaniah dan rohaniahnya,
serta kehidupan duaniawi dan
ukhrowinya.
Bimbingan konseling di SMPN 4 Birem Bayeun
dilaksanakan secara terpadu
antara team Bimbingan Konseling, Guru
Matapelajaran, Wali kelas, dan
karyawan. Team Bimbingan Konseling
yang berfungsi sebagai
fasilitator, dinamisator dan
kreator kegiatan. Sedangkan Guru Matapelajaran, Wali kelas dan karyawan secara terintegrasi melaksanakan
program Bimbingan
Konseling secara langsung kepada peserta didik.
Program Bimbingan Konseling
meliputi program tahunan, catur wulan, bulanan, mingguan, serta program satuan layanan
dan kegiatan pendukung.
Kegiatan-kegiatan
tersebut meliputi :
1. Program kegiatan awal tahun pelajaran.
Pengumpulan
data ( aplikasi Instrumentasi
) Pengolahan data
( himpunan data
).
Layanan orientasi. Layanan
informasi.
2. Program kegiatan Semesteran.
Bimbingan pribadi. Bimbingan sosial. Bimbingan belajar. Bimbingan karier.
Bimbingan penggunaan waktu
luang
3. Program kegiatan bulanan.
Pertemuan kasus.
Himpunan data bulanan.
4. Program kegiatan harian.
Program kegiatan harian adalah program Bimbingan Konseling yang
dilaksanakan pada hari, tanggal dan tempat yang
telah ditetapkan dan dilaksanakan oleh masing- masing wali kelas/ guru mata pelajaran serta di-administrasi-kan/ dicatat pada buku “Catatan Permasalahan Siswa”, baik itu peristiwa spontanitas siswa
(catatan anekdot)
maupun permasalahan siswa yang perlu mendapat perhatian dan bimbingan. Bentuknya adalah
satuan layanan dan
satuan
pendukung.
Layanan
Layanan Orientasi
Layanan Informasi
Layanan Penempatan
dan Penyaluran
Layanan Pembelajaran
Layanan Konseling Perorangan Layanan Bimbingan Kelompok Layanan
Konseling Kelompok
Pendukung
Aplikasi instrumentasi
Penyelenggaraan
Himpunan Data Pertemuan kasus
Kunjungan rumah
Alih tangan
kasus
5.
Program kegiatan akhir tahun.
Menghimpun
seluruh materi dalam satu tahun.
Evaluasi program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar