SILABUS
MATA
PELAJARAN
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMP
KELAS
VII SEMESTER I
oleh
Zainuddin,
S.Pd
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar Kompetensi: 1.
Menunjukkan sikap
positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.1
Mendeskripsikan
hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang
berlaku
dalam masyarakat.
|
Norma
-norma dalam masyarakat
|
· kajian referensi dan mendiskusikan
norma dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, dan
peraturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya di Minangkabau, Batak, dll.
· Perbedaan macam-macam norma
yang berlaku dalam masyarakat.
· Mencari informasi akibat
dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang
berlaku dalam masyarakat.
|
· Menjelaskan hakikat
norma.
· Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
· Menguraikan
macam-macam norma.
|
Tes
tulis
|
Tes
uraian
|
1.
Jelaskan
yang dimaksud dengan norma!
2.
Mengapa
norma memiliki peran penting dalam masyarakat ?
3.
Uraikan macam-macam
norma yang ada dalam masyarakat!
|
8 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), artikel/berita
di
media massa, dan lain-lain.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2. Menjelaskan
hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara.
|
Norma hukum
|
· Mencari
informasi dari berbagai sumber tentang:
o
pengertian
dan pembagian hukum;
o
perbedaan
hukum publik dan hukum privat.
· Mendiskusikan tujuan
dan fungsi hukum dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
· Menjelaskan
pengertian hukum.
· Menjelaskan
pembagian hukum menurut sifat, bentuk, dan
isinya.
· Pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.
· Menjelaskan
tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum
dalam suatu negara.
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Daftar
pertanyaan
Uraian
Tes
pilihan ganda dan
uraian
|
Jelaskan pengertian hukum
Jelaskan pembagian hukum menurut:
1.
sifatnya
2.
bentuknya
3.
isinya
Alasan masyarakat memerlukan norma hukum adalah
….
a.
ingin berbuat yang terbaik bagi dirinya
b.
belum
semua kepentingan terwadahi dalam norma
yang lain
c.
tidak
semua orang mentaati norma yang ada
d.
hendak
mewujudkan kepastian hukum
|
8 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), contoh UU, PP,
atau Perda, artikel/berita di media
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2
Menerapkan
norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
Norma
-norma dalam masyarakat
|
· Melakukan pengamatan dan membuat laporan
terhadap penerapan norma di sekolah.
|
· Menganalisis penerapan
norma-norma di sekolah.
· Melaksanakan norma di sekolah.
|
Nontes
|
Pengamatan
|
Lakukan
pengamatan tentang penerapan norma oleh teman-teman
di kelasmu dalam format seperti berikut.
1 = selalu
2 = sering
3 =
kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak
pernah
Dari hasil pengamatanmu, buatlah
analisis/ kesimpulan bagaimana penerapan norma-norma
yang ada di kelasmu! Lalu, presentasikanlah di depan kelas!
|
4 x 40’
|
Lingkungan
sekolah
|
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna
proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
|
Proklamasi
kemerdekaan Indonesia
|
Kajian
referensi dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa
asing di Indonesia.
|
·
Menguraikan perjuangan bangsa
Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
·
Mendiskusikan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa.
·
Menunjukkan pentingnya
pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
Tulis
|
Tes
Uraian
Tes
Uraian
Tes
Uraian
|
Sebutkan
perlawanan-perlawanan yang dilakukan
setelah tahun 1908 dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!
Jelaskan
makna Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!
Mengapa
jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?
Tunjukkan
contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), artikel,
dan lain-lain.
|
||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan
suasana kebatinan konstitusi pertama.
2.3.Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
|
·
UUD 1945 sebagai konstitusi
pertama
·
Pokok pikiran pembukaan UUD
1945
Hubungan
Proklamasi dengan UUD 1945
|
·
Mendiskusikan dan mensimulasikan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945.
·
Kajian referensi dan
mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
Kajian
referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945
|
·
Menguraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945.
·
Mendeskripsikan
sidang BPUPKI tanggal 10—17 Juli 1941.
·
Menguraikan
pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
· Menjelaskan hubungan proklamasi dengan Pembukaan
UUD 1945
· Menguraikan makna alinea yang terdapat dalam
Pembukaan UUD 1945
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Tes
pilihan ganda
Uraian
|
Uraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945!
Uraikan
pokok-pokok pikiran pembukaan UUD 1945 !
UUD
1945 sebagai konstitusi pertama dibentuk oleh:
a.
BPUPKI
b.
PPKI
c.
MPR
d.
Presiden
Sebutkan
pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 !
Jelaskan hubungan Proklamasi dengan
Pembukaan UUD 1945!
Jelaskan makna yang terkandung dalam
alinea ke-3 Pembukaan UUD
1945!
|
4 x 40’
4 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945
pascaperubahan, dan teks
Proklamasi.
|
||||||||||||||||||||||||
2.4. Menunjukkan
sikap positif terha dap makna
proklamasi kemerde kaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.
|
Proklamasi
kemerdekaan dan UUD 1945
|
Mencari
informasi dari berbagai sumber, menelaah, dan mendiskusikan
tentang makna proklamasi bagi
kehidupan bangsa.
|
·
menunjukkan
sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD
pertama.
|
Kuesioner
|
Daftar
check list
|
Petunjuk: berilah tanda centang
(v) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
Ya: sependapat dengan
pernyataan (skor 1 jika pernyataan positif, dan skor 0 jika
pernyataan negatif)
Tdk: tidak
sependapat dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif, dan skor 1 jika pernyataan negatif)
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945
hasil perubahan.
|
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : II (dua)
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif
terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM).
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM.
|
·
Hakikat
HAM
·
Landasan
HAM
·
Lembaga
HAM
|
Kajian referensi dan mendiskusikan tentang hakikat hak
asasi manusia, dasar hukum, dan lembaga
HAM
|
· Menjelaskan pengertian HAM
· Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di
Indonesia
· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Tes
lisan
Penugasan
|
Daftar
pertanyaan
Tes
pilihan ganda
Daftar
pertanyaan
Tugas
Kelompok
|
Apa
yang kalian ketahui tentang HAM?
Berikut ini merupakan dasar hukum HAK ASASI MANUSIA di
Indonesia ....
a. UU No.20 Tahun
2003
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999
Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM
di
Indonesia!
Tulislah hak-hak kalian sebgai anak sebagaimana
terlampir dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23
Tahun 2002, lalu analisislah
pasal-pasal tersebut! Sudahkah
hak-hak tersebut kalian peroleh?
|
4
X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,
UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, UU No. 23 tahun 2002
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya
penegakan HAM
|
Kasus-kasus pelanggaran HAM
|
Mengamati, mencermati, dan
membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
|
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
· Mengemukakan partisipasi masyarakat dalam perlindungan HAM.
|
Tes
lisan
Penugasan
Penugasan
|
Daftar
pertanyaan
Tugas
rumah
Tugas
proyek
|
· Berikan
contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal kalian!
Tugas
:
Buat
klipping dari guntingan surat kabar
tentang kasus-kasus pelanggaran HAM!
Tugas:
Wawancarailah
anggota kepolisian setempat tentang upaya yang mereka lakukan
dalam rangka penanganan pelanggaran HAM di
wilayahnya!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,
UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, UU No. 22 Tahun 2002, UU No. 23 Tahun 2004, dan media
massa
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3
Menghargai
upaya perlindungan HAM
|
Perlindungan dan Penegakan HAM
|
Kajian
referensi dan mendikskusikan tentang peranan pemerintah dan lembaga
perlindungan HAM.
|
· Menguraikan peranan pemerintah dan lembaga HAM terhadap perlindungan HAM
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga
perlindungan HAM di bawah ini!
1.
Komnas
Hak Asasi Manusia
2.
Yayasan
Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
3.
Komisi
untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan
4.
Lembaga
Studi dan Advokasi Masyarakat
Jelaskan
upaya pemerintah dalam melindungi HAM!
|
8
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,
UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM,
Komnas HAM,
YLBHI,
Kontras,
LSAM
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 Menghargai
upaya penegakkan HAM
|
Perlindungan dan
Penegakan HAM
|
·
Mengamati,
mencermati, dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakan HAM.
·
Mengamati
, mencermati, dan membuat laporan tentang upaya-upaya perlindungan HAM di
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
sekitar tempat tinggal
|
· Menjelaskan upaya pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM.
· Menunjukkan
sikap positif terhadap upaya perlindungan HAM di wilayahnya
|
Tes
tulis
Kuesioner
|
Daftar
pertanyaan
Skala sikap
|
Jelaskan
upaya pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM !
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom
yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS: Sangat Setuju (bobot
skor 5 jika pernyataan positif, dan 1 jika negatif)
S: Setuju (skor 4 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif)
N: Netral/tidak berpendapat (skor 3)
TS: Tidak Setuju (bobot skor 2 jika pernyataan positif
dan 4 jika negatif)
STS: Sangat Tidak Setuju
(bobot skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif
|
4
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,
Piagam HAM,
UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM,
Media massa,
anggota kepolisian, dan
tokoh masyarakat
|
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : II (dua)
Standar
Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku
kemerdekaan mengemukakan pendapat.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
|
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Mengamati, mencermati, dan
membuat laporan tentang pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
sekitar tempat tinggal.
|
· Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan
pendapat.
· Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengeluarkan
pendapat.
· Menguraikan bentuk-bentuk mengeluarkan pendapat
di muka umum.
· Menjelaskan akibat pembatasan kemerdekaan
mengemukakan pendapat.
· Menjelaskan konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat
tanpa batas.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Tes
pilihan ganda
Tes
pilihan ganda
Daftar
pertanyaan
Daftar
pertanyaan
|
Kemerdekaan
menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap ....
a.
WNI
b.
WNA
c.
Penduduk
d.
Manusia
e.
UUD
1945 memberikan jaminan terhadap kemerdekaan
mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam pasal ….
a.
27
b.
28
c.
29
d.
30
Wujud
pelaksanaan kemerdekaan menyampaikan pendapat secara lisan di muka umum ....
a.
demonstrasi
b.
pawai
c.
rapat umum
d.
mimbar bebas
Apa akibatnya jika ada pembatasan kebebasan mengemukakan pendapat ?
Apa akibatnya jika tidak ada batasan dalam
mengemukakan pendapat?
|
8
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, media
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2
Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemuka-kan
pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
|
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Diskusi
dalam rangka mempraktikkan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara
bebas dan bertanggung jawab dengan tema “Narkoba”.
|
·
Menjelaskan hakikat kemerdekaan
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
·
Menjelaskan
tata cara mengemukakan pendapat secara
bebas dan bertanggung jawab.
·
Mendemonstrasi-kan bentuk
menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Pengamatan
Unjuk
Kerja
|
Tes
pilihan ganda
Tes
pilihan ganda
|
Berikut
ini adalah kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam
menyampaikan pendapat di muka umum, kecuali ....
a.
menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa
b.
menjaga keamanan dan
ketertiban
c.
menjaga kepentingan
kelompok/etnis tertentu
d.
menghormati hak dan kebebasan
orang lain
Sebelum
melakukan demonstrasi, penanggung
jawab terlebih dahulu
harus ....
a.
mendata jumlah anggotanya
yang akan berdemo
b.
mengadakan mobilisasi anggota
yang akan berdemo
c.
mengajak organisasi lain
untuk berdemo
d.
memberitahukan kepada aparat
berwenang selambat-lambatnya 3X24 jam
Buatlah
slogan dengan tema Bahaya Narkoba!
Demonstrasikanlah
slogan tersebut dengan memilih salah satu untuk menyampaikan pendapat
|
4
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), Buku
Pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,
media
UU Parpol,
tokoh masyarakat
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3 Mengakuatlisa-sikan kemerdekaan
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
|
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Mengamati, mencermati, dan
membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan
keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
|
· Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan
hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
|
Kuesioner
|
Skala
sikap
|
Petunjuk: berilah tanda centang
(V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS: Sangat Setuju (bobot
skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif)
S: Setuju (skor 4 jika pernyataan positif dan 1 kalau negatif)
N: Netral/tidak berpendapat (skor 3)
TS: Tidak Setuju (bobot
skor 2 jika pernyataan positif dan 4 jika negatif)
STS: Sangat Tidak Setuju
(bobot skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif)
|
4
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP
dan MTs Kelas VII (BSE,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,
media
UU Parpol, tokoh
masyarakat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar