Jumat, 18 Oktober 2019

penilaian_Pkn VII


Lampiran
PENILAIAN

Dalam buku teks ini, ada beberapa macam penilaian. Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda, tes uraian, dan proyek kerja, serta melalui tes lisan.Berikut ini format yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian.

  1. Penilaian Pilihan Ganda
  2. Penilaian Uraian
  3. Penilaian Diskusi

No
Nama Siswa
Partisipasi
dalam Berpendapat
Pemahaman/ Materi
Kerja Sama
Jumlah
1





2





dst.






Keterangan:
·         Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek kerja sama: 20; minimal: 10


  1. Penilaian Unjuk Kerja
Format berikut ini dapat digunakan untuk melakukan penilaian unjuk kerja siswa.

1.       Kegiatan Kreativitas

No
Nama Siswa
Kesesuaian Materi dengan Tugas
Komentar  terhadap Materi/Sikap
Kerapian/
Penampilan
Jumlah
1





2





dst.






Keterangan
·         Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·         Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10








                Lembar Penilaian Simulasi

No
Nama  Siswa
Kesesuaian
dengan Tema
Penjiwaan Pemeran
Tanggapan  Kelompok lain
1.




2.





Keterangan:
·      Nilai maksimal kesesuaian dengan tema: 40
·      Nilai maksimal penjiwaan: 30
·      Nilai maksimal tanggapan kelompok: 30

  1. Penilaian Unjuk Karya

No
Nama Siswa
Kreativitas
Kerapian/
Penampilan
Jumlah
1




2




dst.






  1. Penilaian Skala Sikap
Format penilaian skala sikap dapat dilihat pada dua contoh berikut ini!
               
Contoh 1
Petunjuk: berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO
PERNYATAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia.


2
Di negara yang merdeka, setiap warga negara bebas melakukan apa saja.


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945, bangsa Indonesia belum mempunyai presiden.


4
UUD 1945 pertama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI.


5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945



Keterangan:
Ya: sependapat dengan pernyataan  (skor 1 jika pernyataan positif; skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk: tidak sependapat dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif; skor 1 jika pernyataan negatif)








        Contoh 2

No
Pernyataan
SS
S
N
TS
STS
1.
Setiap orang yang melanggar HAM harus diadili sesuai kesalahannya.





2.
Upaya penegakan HAM harus dimulai dari keluarga.





3.
Komnas HAM adalah lembaga aparat penegak HAM di sekolah.





4.
Setiap pelanggaran HAM harus dihukum sesuai aturan yang berlaku.





5.
Guru memukul siswa karena tidak mengerjakan PR merupakan bentuk upaya penegakan HAM di sekolah.






Keterangan:
SS: skor 5 bila pernyataan bersifat positif, 1 bila bersifat negatif
S: skor 4 bila  pernyataan bersifat positif, 2 bila bersifat negatif
N: skor 3
TS: skor 2 bila  pernyataan bersifat positif, 4 bila bersifat negatif
STS: skor 1 bila  pernyataan bersifat positif, 5 bila bersifat negatif
Nilai:  Jumlah skor yang diperoleh     x 100
                         Skor maksimal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar