Lampiran
PENILAIAN
Dalam
buku teks ini, ada beberapa macam penilaian. Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran.
Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sementara itu, untuk
pertemuan ke-1 hingga pertemuan ke-3, penilaian lebih ditekankan melalui
kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan pengerjaan
tugas-tugas. Teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk
pilihan ganda, tes uraian, dan proyek kerja, serta melalui tes lisan.Berikut
ini format yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian.
- Penilaian Pilihan
Ganda
- Penilaian Uraian
- Penilaian Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Partisipasi
dalam Berpendapat
|
Pemahaman/ Materi
|
Kerja Sama
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
·
Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal
aspek kerja sama: 20; minimal: 10
- Penilaian Unjuk
Kerja
Format berikut ini dapat digunakan untuk melakukan penilaian unjuk kerja
siswa.
1.
Kegiatan Kreativitas
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian Materi dengan Tugas
|
Komentar terhadap Materi/Sikap
|
Kerapian/
Penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
·
Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10
Lembar Penilaian Simulasi
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian
dengan Tema
|
Penjiwaan Pemeran
|
Tanggapan Kelompok lain
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
Keterangan:
· Nilai
maksimal kesesuaian dengan tema: 40
· Nilai
maksimal penjiwaan: 30
· Nilai
maksimal tanggapan kelompok: 30
- Penilaian Unjuk
Karya
No
|
Nama Siswa
|
Kreativitas
|
Kerapian/
Penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
- Penilaian Skala
Sikap
Format penilaian skala sikap dapat dilihat pada dua contoh berikut ini!
Contoh 1
Petunjuk:
berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO
|
PERNYATAAN
|
YA
|
TDK
|
1
|
Proklamasi
membawa kebebasan bagi bangsa
|
|
|
2
|
Di negara
yang merdeka, setiap warga negara bebas melakukan apa saja.
|
|
|
3
|
Pada saat
proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945, bangsa Indonesia belum
mempunyai presiden.
|
|
|
4
|
UUD 1945
pertama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI.
|
|
|
5
|
Penetapan UUD
1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945
|
|
|
Keterangan:
Ya: sependapat dengan pernyataan (skor 1 jika pernyataan
positif; skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk: tidak sependapat
dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif; skor 1 jika pernyataan
negatif)
Contoh
2
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
1.
|
Setiap orang yang melanggar HAM harus diadili sesuai kesalahannya.
|
|
|
|
|
|
2.
|
Upaya penegakan HAM harus dimulai dari keluarga.
|
|
|
|
|
|
3.
|
Komnas HAM adalah lembaga aparat penegak HAM di sekolah.
|
|
|
|
|
|
4.
|
Setiap pelanggaran HAM harus dihukum sesuai aturan yang berlaku.
|
|
|
|
|
|
5.
|
Guru memukul siswa karena tidak mengerjakan PR merupakan bentuk upaya
penegakan HAM di sekolah.
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
SS: skor 5 bila pernyataan bersifat positif, 1 bila bersifat negatif
S: skor 4 bila pernyataan bersifat
positif, 2 bila bersifat negatif
N:
skor 3
TS:
skor 2 bila
pernyataan bersifat positif, 4 bila bersifat negatif
STS:
skor 1 bila
pernyataan bersifat positif, 5 bila bersifat negatif
Nilai: Jumlah skor yang
diperoleh x 100
Skor maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar