Sabtu, 05 Oktober 2019

Instrumen Penilaian Kinerja Guru

INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA GURU
NO TUGAS UTAMA / INDIKATOR KINERJA GURU HASIL ANALISIS KAJIAN ATAU KESIMPULAN DARI DATA/BUKTI-BUKTI/DOKUMEN DAN/ATAU CATATAN HASIL PENGAMATAN BUTIR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU  HASIL PENILAIAN
YA TIDAK
I PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1. Guru memformulasikan tujuan  pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik. Sebelum pengamatan: a.  Tujuan pembelajaran dirumuskan  dan dikembangkan berdasarkan SK/KD yang akan dicapai.    
Selama pengamatan: b.  Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya    
Setelah pengamatan: c. Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
2. Guru menyusun  bahan ajar secara runtut, logis, kontekstual dan mutakhir. Sebelum pengamatan: a.  Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran    
Selama pengamatan: b.  Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik (termasuk yang cepat dan lambat,motivasi tinggi dan rendah)    
Setelah pengamatan: c. Bahan ajar dirancang sesuai dengan konteks kehidupan dan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.    
  d. Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi (tidak hanya buku pegangan peserta didik)    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
3. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif Sebelum pengamatan: a. Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi harus dikuasai peserta didik.    
Selama pengamatan: b. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik    
Setelah pengamatan: c. Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.    
  d. Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar  peserta didik.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
4. Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran. Sebelum pengamatan: a. Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai (misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual, Komputer untuk kompetensi keterampilan).    
Selama pengamatan: b. Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik (misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe, dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana).    
Setelah pengamatan: c. Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
II PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A. Kegiatan Pendahuluan
5. Guru memulai pembelajaran dengan efektif Sebelum pengamatan: a. Melakukan apersepsi    
Selama pengamatan: b. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan    
Setelah pengamatan:
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
B. Kegiatan Inti 
6. Guru menguasai materi pelajaran Sebelum pengamatan: a. Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.    
Selama pengamatan: b. Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .    
Setelah pengamatan: c.  Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.    
  d. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
7. Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif Sebelum pengamatan: a.  Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai    
  b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut    
Selama pengamatan: c. Menguasai kelas    
  d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual    
Setelah pengamatan: e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)    
  f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
8. Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran Sebelum pengamatan: a. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran    
Selama pengamatan: b. Menghasilkan pesan yang menarik    
Setelah pengamatan: c. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
9. Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran Sebelum pengamatan: a.  Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar    
Selama pengamatan: b. Merespon positif partisipasi siswa    
c. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa    
Setelah pengamatan: d. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif    
  e. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran Sebelum pengamatan: a. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar     
Selama pengamatan: b. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar    
Setelah pengamatan: c. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
C. Kegiatan Penutup 
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif Sebelum pengamatan: a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa    
Selama pengamatan:
Setelah pengamatan: b.  Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
III PENILAIAN PEMBELAJARAN
12. Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik Sebelum pengamatan: a.  Kesesuaian teknik dan jenis penilaian (tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan) sesuai dengan tujuan pembelajaran.    
Selama pengamatan: b. Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotorik.    
c. Rancangan penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester.    
Setelah pengamatan: d. Hasil analisis penilaian sebelumnya (UH, UAS, UN) digunakan  untuk keperluan program perbaikan (remedial,  pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran)    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
13. Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian  untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP. Sebelum pengamatan: a. Menggunakan teknik penilaian otentik (kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb.) untuk memantau kemajuan belajar peserta didik.    
Selama pengamatan: b. Menggunakan teknik penilaian (ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semester) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif dan/atau psikomotor.    
c. Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk berbagai tugas terstruktur    
Setelah pengamatan: d. Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
14. Guru memanfatkan berbagai  hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan  bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya Sebelum pengamatan: a. Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan pengayaan.    
Selama pengamatan: b. Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran    
c. Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya.    
Setelah pengamatan: d.  Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran    
    Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja      
    Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0≤x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]  
             
  Total Nilai Kinerja Guru  
Konversi Total Nilai Kinerja Guru ke Skala 100 (Permenneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, pasal 15)  
Kategori Nilai Kinerja Guru  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar