Sabtu, 05 Oktober 2019

Contoh LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI (FATMIATI)




LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI



 










NAMA GURU
:
FATMIATI, S.Pd., M.S.
NIP
:
19640406198102002








DINAS PENDIDIKAN
PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TIMUR
TAHUN 2014








IDENTITAS GURU


Nama
: FATMIATI, S. Pd.


NIP/Nomor Seri Karpeg
: 196404061986102002/ E.425000


Tempat/Tanggal Lahir
: Aceh Timur/6 April 1964


Jenis Kelamin
: Perempuan


Pangkat/Gol Ruang/TMT
: Pembina Tk. I/ IV/b


Jenis Guru
: Guru mata Pelajaran


Alamat Sekolah
: SMP Negeri 1 Rantau Selamat


Alamat Rumah
: Jln. Utama Paya Bujok Seuleumak
  Langsa Baro























LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI




NAMA GURU
:
FATMIATI, S.Pd., M.S.
NIP
:
19640406198102002


Disyahkan oleh:



Kepala Sekolah,                                                          Koordinator PKB,


( Jasman, S. Pd. I )                                                    (Fatmiati, S, Pd.,M.S.)
NIP. 195901011985031009                                       NIP,196404061986102002.















PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Guru sebagai Tanaga Pendidik Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sehingga layanan yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas.
            Tugas seorang guru yang profesional tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
            Berbagai hal bisa dilakukan oleh seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN dan RB no. 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah, dan 3) menemukan dan menciptakan karya-karya inovatif.
            Kegiatan pengembangan diri biasa dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru, semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar MGMP termasuk ke dalam diklat fungsional.
            Seorang guru yang melaksanakan pengembangan diri atau kegiatan pengembanagan keprofesian berkelanjutan lainnya disamping dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru, juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk perkembangan kariernya.

Tujuan
Berdasarkan paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan:
a. Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang
    lebih baik kepada peserta didik.
b. Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan setingkat
    lebih tinggi.









PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam kurun waktu Januari 2014 sampai Desember 2014, penulis telah mengikuti 3 ( tiga ) kegiatan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut:
Pengembangan Diri 1
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan tanggal 01 s.d 05 September 2014 bertempat di Hotel Permata Hati, Jln. Rel Kereta Api No 160 Lambaro Banda Aceh

2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada pelatihan Kurikulum 2013 bagi guru Pembina Siswa SMP/ MTs, OSN (Olimpiade Sains Nasional) se- Aceh yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Meningkatkan kemampuan dalalm membina siswa untuk mengikuti olimpiade
b.      Meningkatkan kompetensi guru dalam penguasaan materi pelajaran IPA

4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah teori dan berbagai konsep IPA yang berkaitan dengan materi olimpiade.

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis melakukan refleksi diri terhadap usaha yang harus ditempuh untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam mengikuti olimpiade sains

6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Menambah pengetahuan penulis untuk melakukan berbagai cara dalam peningkatan pencapaian hasil olimpiade Sains
b.      Sebagai seorang guru, penulis dapat membantu  pencapaian juara yang  sebaik-baiknya.

















Pengembangan Diri 2
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 26-30 Oktober 2014 bertempat di Hotel Lading BandaAceh

2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada ‘Program Sosialisasi Kurikulum 2013 tentang Evaluasi Pembelajaran bagi Guru SMP/MTs se-Propinsi Aceh

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mendapatkan informasi tentang tata cara Evaluasi penilaian
b.      Mendapatkan pengetahuan tentang penggunaan Aplikasi Penilaian

4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah berbagai Konsep, Model, dan tehnis penilaian serta tata cara penulisan Raport dengan menggunakan Aplikasi Komputer

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis mencoba mempraktekkan materi dan pemahaman yang diterima selama pelatihan di Sekolah

6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Meningkatnya kemampuan penulis dalam menggunakan TIK
b.      Sebagai seorang guru, penulis dapat mengaplikasikan beberapa teknik dan metoda pengisisan Raport di Sekolah
c.       Menularkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan kepada rekan-rekan sejawat

















Pengembangan Diri 3
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 16 s.d 21 Juli 2014 bertempat di Hotel Kartika Langsa

2.      Jenis Kegiatan
Kegiatan pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada ‘Program Sosialisasi Kurikulum 2013 tentang Pembelajaran bagi Guru SMP/MTs se-Propinsi Aceh

3.      Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan dari pengembangan diri ini adalah:
a.       Mendapatkan informasi tentang rasional dan elemen perubahan Kurikulum 2013 
b.      Mendapatkan pengetahuan tentang penerapan pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013

4.      Uraian Materi
Materi utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah berbagai Konsep, Model, dan tehnis penerapan dan pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013

5.      Tindak Lanjut
Tindak lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis mencoba mempraktekkan materi dan pemahaman yang diterima selama pelatihan di Sekolah

6.      Dampak Pengembangan Diri
Adapun dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a.       Meningkatnya kemampuan penulis tentang penerapan pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013
b.      Sebagai seorang guru, penulis dapat mengaplikasikan beberapa model pembelajaran dalam pendekatan saintifikdi Sekolah
c.       Menularkan ilmu yang diperoleh selama pelatihan kepada rekan-rekan sejawat













Tidak ada komentar:

Posting Komentar