LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
NAMA
GURU
|
:
|
FATMIATI,
S.Pd., M.S.
|
NIP
|
:
|
19640406198102002
|
DINAS PENDIDIKAN
PEMERINTAH KABUPATEN ACEH TIMUR
TAHUN 2014
IDENTITAS GURU
Nama
|
:
FATMIATI, S. Pd.
|
|
NIP/Nomor
Seri Karpeg
|
:
196404061986102002/ E.425000
|
|
Tempat/Tanggal
Lahir
|
:
Aceh Timur/6 April 1964
|
|
Jenis
Kelamin
|
:
Perempuan
|
|
Pangkat/Gol
Ruang/TMT
|
:
Pembina Tk. I/ IV/b
|
|
Jenis
Guru
|
:
Guru mata Pelajaran
|
|
Alamat
Sekolah
|
:
SMP Negeri 1 Rantau Selamat
|
|
Alamat
Rumah
|
: Jln. Utama Paya Bujok Seuleumak
Langsa Baro
|
|
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
NAMA
GURU
|
:
|
FATMIATI,
S.Pd., M.S.
|
NIP
|
:
|
19640406198102002
|
Disyahkan
oleh:
Kepala
Sekolah, Koordinator
PKB,
(
Jasman, S. Pd. I ) (Fatmiati, S, Pd.,M.S.)
NIP. 195901011985031009 NIP,196404061986102002.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Guru sebagai Tanaga Pendidik
Profesional adalah guru yang tidak hanya merasa puas dengan pengetahuan dan
keterampilan yang sudah dimiliki. Seorang guru sebagai tenaga profesional
hendaklah berusaha mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sehingga layanan
yang diberikan kepada peserta didik adalah layanan yang semakin berkualitas.
Tugas seorang guru yang profesional
tidak hanya dituntut untuk memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas
mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik saja melainkan juga harus
melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Berbagai hal bisa dilakukan oleh
seorang guru untuk dapat meningkatkan profesionalismenya. Menurut Permeneg PAN
dan RB no. 16 tahun 2009, seorang guru dapat melakukan kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan melalui tiga komponen yaitu: 1) melaksanakan
pengembangan diri, 2) melakukan publikasi ilmiah, dan 3) menemukan dan menciptakan
karya-karya inovatif.
Kegiatan pengembangan diri biasa
dilakukan melalui dua kegiatan yaitu diklat fungsional dan kegiatan kolektif
guru, semua kegiatan yang dilakukan oleh guru di kelompok kerja atau MGMP
termasuk ke dalam kegiatan kolektif guru sedangkan kegiatan lain di luar MGMP
termasuk ke dalam diklat fungsional.
Seorang guru yang melaksanakan
pengembangan diri atau kegiatan pengembanagan keprofesian berkelanjutan lainnya
disamping dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sebagai seorang guru,
juga mendapat penghargaan angka kredit yang dapat diperhitungkan untuk
perkembangan kariernya.
Tujuan
Berdasarkan
paparan di atas, pengembangan diri dilakukan oleh penulis dengan tujuan:
a.
Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk dapat memberikan pelayanan yang
lebih baik kepada peserta didik.
b.
Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan
setingkat
lebih tinggi.
PELAKSANAAN PENGEMBANGAN DIRI
Dalam
kurun waktu Januari 2014 sampai Desember 2014, penulis telah mengikuti 3 ( tiga
) kegiatan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut:
Pengembangan Diri 1
1.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan tanggal 01 s.d 05 September 2014 bertempat di Hotel Permata Hati,
Jln. Rel Kereta Api No 160 Lambaro Banda Aceh
2.
Jenis Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada pelatihan Kurikulum
2013 bagi guru Pembina Siswa SMP/ MTs, OSN (Olimpiade Sains Nasional) se- Aceh
yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Meningkatkan kemampuan dalalm membina
siswa untuk mengikuti olimpiade
b. Meningkatkan kompetensi guru dalam
penguasaan materi pelajaran IPA
4.
Uraian Materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah teori dan berbagai konsep IPA
yang berkaitan dengan materi olimpiade.
5.
Tindak Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
melakukan refleksi diri terhadap usaha yang harus ditempuh untuk meningkatkan
kompetensi siswa dalam mengikuti olimpiade sains
6.
Dampak Pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Menambah pengetahuan penulis untuk
melakukan berbagai cara dalam peningkatan pencapaian hasil olimpiade Sains
b. Sebagai seorang guru, penulis dapat
membantu pencapaian juara yang sebaik-baiknya.
Pengembangan Diri 2
1.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan mulai tanggal 26-30 Oktober 2014 bertempat di Hotel Lading
BandaAceh
2.
Jenis Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada ‘Program
Sosialisasi Kurikulum 2013 tentang Evaluasi Pembelajaran bagi Guru SMP/MTs
se-Propinsi Aceh
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan informasi tentang tata cara
Evaluasi penilaian
b. Mendapatkan pengetahuan tentang
penggunaan Aplikasi Penilaian
4.
Uraian Materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah berbagai Konsep, Model, dan tehnis
penilaian serta tata cara penulisan Raport dengan menggunakan Aplikasi Komputer
5.
Tindak Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
mencoba mempraktekkan materi dan pemahaman yang diterima selama pelatihan di
Sekolah
6.
Dampak Pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya kemampuan penulis dalam
menggunakan TIK
b. Sebagai seorang guru, penulis dapat
mengaplikasikan beberapa teknik dan metoda pengisisan Raport di Sekolah
c. Menularkan ilmu yang diperoleh selama
pelatihan kepada rekan-rekan sejawat
Pengembangan Diri 3
1.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
dilaksanakan mulai tanggal 16 s.d 21 Juli 2014 bertempat di Hotel Kartika
Langsa
2.
Jenis Kegiatan
Kegiatan
pengembangan diri yang dilakukan adalah menjadi peserta pada ‘Program
Sosialisasi Kurikulum 2013 tentang Pembelajaran bagi Guru SMP/MTs se-Propinsi
Aceh
3.
Tujuan Pengembangan Diri
Tujuan
dari pengembangan diri ini adalah:
a. Mendapatkan informasi tentang rasional
dan elemen perubahan Kurikulum 2013
b. Mendapatkan pengetahuan tentang penerapan
pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013
4.
Uraian Materi
Materi
utama yang diberikan dalam pelatihan ini adalah berbagai Konsep, Model, dan
tehnis penerapan dan pelaksanaan pembelajaran dalam Kurikulum 2013
5.
Tindak Lanjut
Tindak
lanjut yang dilakukan setelah kegiatan pengembangan diri ini adalah penulis
mencoba mempraktekkan materi dan pemahaman yang diterima selama pelatihan di
Sekolah
6.
Dampak Pengembangan Diri
Adapun
dampak yang penulis rasakan dari pengembangan diri yang dilakukan adalah:
a. Meningkatnya kemampuan penulis tentang penerapan
pendekatan saintifik dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013
b. Sebagai seorang guru, penulis dapat
mengaplikasikan beberapa model pembelajaran dalam pendekatan saintifikdi
Sekolah
c. Menularkan ilmu yang diperoleh selama
pelatihan kepada rekan-rekan sejawat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar