SILABUS
MATA
PELAJARAN
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMP
KELAS
VIII SEMESTER I
oleh
Zainuddin,
S.Pd
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
1.1. Menjelaskan Pancasila
sebagai dasar negara dan ideologi negara.
|
Pancasila
sebagai dasar dan ideologi negara.
|
Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan
proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara.
|
·
Menjelaskan pentingnya
ideologi bagi suatu bangsa dan negara.
·
Menguraikan proses perumusan
Pancasila sebagai dasar negara.
·
Menuliskan rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta.
·
Menuliskan
rumusan Pancasila dalam
Pembukaan UUD 1945.
|
Tes
tulis dan berbicara
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Diskusi
Mengemukakan pendapat
Mencari informasi
Isian singkat
Tes
pilihan ganda
Mengemukakan pendapat
Diskusi dan makalah
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
(buku PKn Kls
VIII-BSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Hunting (buku PKn Kls
VIII-BSE 7)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Dengan
berideologi, maka suatu bangsa akan ....
A. menjadi
bangsa yang kuat
B. memiliki
gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C. mampu
bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D.
mampu mempertahan- kan
kelangsungan hidup
bangsanya
(buku PKn Kls
VIII-BSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Uraikan urutan usulan perumusan dasar negara yang
disampaikan pada sidang BPUPKI pada 29
Mei—1 Juni 1945
Tuliskan
rumusan Pancasila yang terdapat dalam Piagam Jakarta!
Tuliskan
rumusan Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(BSE)
buku
atau tulisan tentang Pancasila, dan media internet
|
1.2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi
negara.
|
Nilai-nilai luhur Pancasila.
|
Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
nilai-nilai luhur Pancasila.
|
·
Menguraikan nilai-nilai yang
terkandung dalam setiap sila Pancasila.
·
Menunjukkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa IndonBSE.
|
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
|
Mencari informasi
Tes pilihan ganda
Mengemukakan pendapat
Proyek dan presentasi
|
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSe)
Nilai-nilai
yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain
adalah ....
a.
menghargai perbedaan pendapat
b.
menghragai hasil karya orang
lain
c.
memiliki semangat
gotong-royong
d.
menjunjung tinggi prinsip
persamaan derajat
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Bentuklah
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(BSE),
buku
atau tulisan tentang Pancasila, dan media internet
|
1.3. Menunjukkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Penerapan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Mengamati
dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan
berbangsa dan
bernegara.
|
·
Menjelaskan pentingnya sikap
positif terhadap Pancasila.
·
Menunjukkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
|
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
|
Tes uraian
Mengemukakan pendapat
Tes
uraian
|
Jelaskan pentingnya menerapkan sikap
positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Berikan contoh sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa!
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(BSE), buku atau tentang Pancasila
|
1.4. Menampilkan sikap positif
terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
|
Penerapan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
|
Mengamati
dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menerapkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
|
Penugasan
|
Pengamatan
Tugas
mandiri
|
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Tuliskan sikap/perilaku kalian yang
sesuai dengan nilai-nilai luhur pancasila. Buatlah dalam format tabel (No, Sikap, Nilai-Nilai Pancasila: Sila
ke-, tanda tangan dua orang teman dan wali kelas).
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(BSE)
dan buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila.
|
SILABUS
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami berbagai
konstitusi yang pernah digunakan di IndonBSE
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1. Menjelaskan
berbagai konstitusi yang pernah berlaku di IndonBSE.
|
·
Pengertian konstitusi.
·
Berbagai konstitusi
yang pernah berlaku di IndonBSE.
|
Menelaah
isi buku tentang berbagai konstitusi yang pernah berlaku di IndonBSE (UUD
1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950).
|
·
Menjelaskan pengertian konstitusi.
·
Menjelaskan sistem
ketatanegaraan menurut Konstitusi RIS.
·
Menjelaskan sistem
ketatanegaraan menurut UUDS 1950.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Diskusi
Mengemukakan pendapat
Unjuk karya
Tes
uraian
Isian singkat
Isian singkat
|
(buku PKn Kls VIII-BSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jelaskan
pengertian konstitusi!
Sistem
pemerintahan berdasarkan konstitusi RIS adalah ....
Berdasarkan UUDS Tahun 50, dalam menjalankan tugasnya, menteri bertanggung jawab kepada ....
|
4 x
40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(BSE), UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS
1950
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.2. Menganalisis
penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku
di IndonBSE.
|
Berbagai
konstitusi yang pernah berlaku di IndonBSE.
|
Mengkaji
penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD.
|
·
Menunjukkan penyimpangan
terhadap UUD 1945 pada periode
1945—1949.
·
Menunjukkan contoh
penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya
gerakan reformasi.
·
Menjelaskan akibat-akibat
yang timbul dari penyimpangan terhadap
konstitusi atau UUD.
|
Tes
tulis
Tes tulis dan Berbicara
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
|
Tes
pilihan ganda
Mengemukakan pendapat
Tes uraian
Tes uraian
Mengemukakan pendapat
Diskusi
|
Bukti
penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
a.
pemberlakuan UUDS
b.
berlakunya sistem
parlementer*
c.
pembubaran Konstituante
d.
penangkatan Presiden seumur
hidup
(buku PKn Kls VIII-EBSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Tunjukkan
contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 setelah
Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi!
Jelaskan
akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD!
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
hlm. 29—44 (BSE), buku tentang perkembangan
ketatanegaraan
Republik IndonBSE
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.3. Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945.
|
UUD
1945 hasil amandemen.
|
Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan
hasil-hasil amandemen UUD 1945.
|
·
Menjelaskan kesepakatan MPR terhadap
perubahan UUD 1945.
·
Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen UUD 1945.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Mengemukakan pendapat
Tes
uraian
Tes
uraian
|
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
·
Sebutkan kesepakatan
MPR dalam perubahan UUD 1945!
·
Mengapa Pembukaan UUD
1945 tidak diubah dan tetap dipertahankan?
·
Sebutkan
pasal-pasal dalam UUD 1945 yang dihapus!
·
Tuliskan bunyi pasal 1 ayat 2
UUD 1945 hasil amandemen!
·
Tuliskan sistematika UUD 1945
sebelum dan sesudah amandemen!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
(BSE), UUD 1945 hasil amandemen, artikel
tentang amandemen UUD 1945
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945
hasil amandemen.
|
Sikap
positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen.
|
Mengidentifikasi
respon masyarakat terhadap amandemen UUD 1945.
|
Menampilkan
sikap perilaku sesuai dengan UUD 1945.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis dan berbicara
Tes skala sikap
|
Wawancara dan diskusi
Mengemukakan pendapat
Mengemukakan sikap
|
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Berilah
tanda V (centang) pada kolom sebelah kanan.
Keterangan:
1 = selalu
2 = sering
3 =
kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak
pernah
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), UUD 1945 hasil amandemen, artikel
tentang amandemen UUD 1945
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VIII
Mata
pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester :
1 (satu)
Standar
Kompetensi :
3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
3.1 Mengidentifikasi tata urutan
peraturan perundang-undangan nasional.
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional.
|
Melakukan kajian referensi UU No. 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan
Peraturan Perundang-undangan.
|
· Menjelaskan
fungsi peraturan perundang-undangan.
· Menguraikan
jenis dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes tulis
Tes kreativitas
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
|
Diskusi
Mengemukakan pendapat
Tes
uraian
Isian singkat
Unjuk karya
Tes
uraian
Diskusi
Mencari informasi
|
(buku PKn Kls VIII-BSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jelaskan
fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jenis peraturan perundang-undangan yang urutannya
satu tingkat di bawah undang-undang adalah ....
a. Ketetapan
MPR
b. Peraturan
Pemerintah*
c. Peraturan
Presiden
d. Keputusan
Presiden
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Hunting (buku PKn Kls
VIII-BSE)
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), buku
UU
No. 10/ 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan
|
3.2. Mendeskripsikan proses
pembuatan peraturan
perundang-undangan nasional.
|
UU
No. 10
Tahun 2004
|
Mengkaji
proses pembuatan peraturan perundang-undangan.
|
· Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang.
· Mendeskripsikan
proses pembuatan peraturan daerah.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Penugasan
Tes tulis dan berbicara
|
Mengemukakan pendapat
Tes
uraian
Tugas
rumah
Diskusi
|
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Sebutkan
tahap-tahap pembuatan UU!
Jelaskan
proses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancangan peraturan
daerah hingga pengesahannya!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), artikel
|
3.3. Menaati
peraturan perundang-undangan nasional.
|
Peraturan
Perundang-undangan nasional.
|
Mendiskusikan
kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
|
· Menjelaskan
kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.
· Menunjukkan
ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
|
Mengemukakan pendapat
Tes
uraian
Mengemukakan pendapat
Tugas
rumah
|
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jelaskan kewajiban warga negara
terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Buatlah
identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap
peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulis, minimal 10 contoh.
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), artikel
surat
kabar
|
3.4. Mengidentifikasi kasus
korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di IndonBSE.
|
Tindak
pidana korupsi
|
Mengamati
pemberitaan media massa tentang
kasus korupsi dan pemberantasan korupsi.
|
· Mengidentifikasi
kasus korupsi di daerah.
· Menunjukkan
upaya pemberantasan korupsi di IndonBSE.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas
Penugasan
Penugasan dan berbicara
Tes
kreativitas
|
Diskusi
Mengemukakan pendapat
Unjuk karya
Tugas rumah
Mencari informasi dan mengemukakan pendapat
Unjuk karya
|
(buku PKn Kls VIII-BSE)
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Buatlah
identifikasi kasus korupsi di daerahmu yang
sedang disidangkan atau telah
divonis oleh pengadilan!
Jelaskan
pengaruh Undang- Undang No.
31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya
pemberantasan korupsi di IndonBSE!
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Kreativitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), artikel/berita media
|
3.5. Mengidentifikasi pengertian antikorupsi dan instrumen
(hukum dan kelembagaan) antikorupsi di IndonBSE.
|
Peraturan
hukum tentang tindak
pidana korupsi.
|
Mengkaji
UU No. 29 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih
dan Bebas
dari
KKN dan
UU
No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
|
· Merumuskan
pengertian korupsi.
· Menyebutkan
landasan hukum pemberantasan korupsi.
· Menyebutkan
lembaga-lembaga pemberantasan korupsi.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes tulis
Penugasan dan berbicara
Tes tulis
|
Mengemukakan pendapat
Tes
uraian
Tes
uraian
Mencari informasi dan diskusi
Tes
uraian
|
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jelaskan makna korupsi menurut pengertianmu!
Sebutkan
landasan hukum pemberantasan korupsi di IndonBSE!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Sebutkan
lembaga-lembaga pemberantasan korupsi di IndonBSE!
|
4
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), UU No. 29 Thn
1999
UU
No. 31 Thn 1999
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VIII
Mata
pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Semester :
II (dua)
Standar
Kompetensi :
4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1
Menjelaskan hakikat demokrasi.
|
Hakikat
demokrasi.
|
Menelaah
buku atau artikel tentang demokrasi
dan perkembangannya
|
· Menjelaskan
pengertian demokrasi.
·
Menguraikan sejarah
perkembangan demokrasi.
·
Menguraikan macam-macam
demokrasi.
|
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Diskusi
Mencari informasi
Tes
uraian
Mengemukakan pendapat
Membuat tulisan
Tes
Pilihan
ganda
Tes
Pilihan
ganda
|
(buku
PKn Kls VIII-BSE)
Hunting (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jelaskan
pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis!
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Kreativitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Pelaksanaan
demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana karena ....
a.
jumlah penduduk
nya sedikit*
b. permasalahannya sederhana
c. kehidupan politik-nya stabil
d. Masyarakatnya homogen
(buku PKn Kls VIII-BSE)
Demokrasi
yang diterapkan di negara-negara Barat,
seperti Amerika Serikat,
adalah demokrasi ....
a. rakyat
b. liberal*
c. totaliter
d. terpimpin
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), artikel
|
4.2
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
Pentingnya
kehidupan demokrasi
|
Menelaah
buku dan mendiskusikan pentingnya
kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbagsa dan bernegara.
|
·
Menjelaskan pentingnya
kehidupan demokrasi.
·
Menjelaskan akibat jika tidak menerapkan
kehidupan demokratis.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Penugasan
|
Mengemukakan pendapat
Tes uraian
Pengamatan
dan penulisan laporan
|
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-EBSE)
Jelaskan
pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
|
4x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), artikel, dan lain-lain
|
4.3
Menunjukkan sikap positif
terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
|
Demokrasi
dalam berbagai aspek kehidupan.
|
Mengamati
dan melaksanakan nilai-nilai demokratis dal kehidupan sehari-hari.
|
·
Memberi contoh nilai-nilai
demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memberi contoh nilai-nilai demokratis dalam kehidupan
sekolah.
·
Menampilkan sikap demokratis
dalam kehidupan masyarakat.
|
Penugasan
Tes
tulis
Tes tulis
Berbicara
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas
|
Pengamatan dan penulisan laporan
Tes uraian
Tes uraian
Diskusi dan demontrasi
Mengemukakan pendapat
Unjuk karya
|
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Tunjukkan
nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari!
Tunjukan
nilai-nilai demokrasi dalam berdiskusi!
Demontrasikan
cara pemilihan pemimpin (ketua Osis, ketua kelas, dan lain-lain) secara
demokratis.
Analisislah nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan tersebut!
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), artikel/berita media
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Kelas : VIII
Mata
pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Semester :
II (dua)
Standar
Kompetensi :
5. Memahami kedaulatan rakyat
dan sistem pemerintahan di IndonBSE.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
||||||
5.1 Menjelaskan
makna
kedaulatan rakyat.
|
Kedaulatan
rakyat.
|
Melakukan kajian referensi dan
menelaah artikel dan gambar-gambar yang
berkaitan dengan kedaulatan rakyat.
|
·
Merumuskan pengertian
kedaulatan rakyat.
· Menyebutkan
landasan hukum kedaulatan rakyat di IndonBSE.
· Menjelaskan
bahwa negara IndonBSE
adalah negara yang berkedaulatan rakyat.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
|
Diskusi
Tes uraian
Tes uraian
Mengemukakan pendapat
Tes uraian
Diskusi
|
(buku
PKn Kls VIII-BSE)
Jelaskan
pengertian kedaulatan rakyat!
Sebutkan
landasan hukum yang terdapat dalam UUD 1945 bahwa negara IndonBSE adalah
negara yang berkedaulatan rakyat
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Jelaskan
dengan contoh negara IndonBSE
adalah negara yang berkedaulalatan rakyat
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSe)
|
4
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), UUD 1945, artikel/berita media
|
5.2. Mendeskripsikan
sistem
pemerintahan IndonBSE dan peran
lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
|
Kedaulatan
rakyat dan sistem
pemerintahan negara
IndonBSE.
|
Melakukan kajian referensi dan
menelaah
UUD 145 yang berkaitan dengan pasal-pasal tentang lembaga-lembaga negara.
|
·
Mejelaskan sistem
pemerintahan IndonBSE berdasarkan
UUD 1945.
·
Menyebutkan lembaga-lembaga
negara pelaksana kedaulatan rakyat.
·
Menjelaskan tugas lembaga-lembaga negara.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes
tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Mengemukakan pendapat
Tes uraian
Mengemukakan pendapat
Tes uraian
Mencari informasi dan diskusi
Tes uraian
|
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Bagaimana
sistem pemerintahan IndonBSE
menurut UUD 1945 hasil amandemen?
Opiniku (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Sebutkan
lembaga-lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Sebutkan tugas dan wewenang MPR!
|
8
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE), UUD 1945, artikel/berita media
|
5.3. Menunjukkan
sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan IndonBSE.
|
Sikap
positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan IndonBSE.
|
Mengamati
dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat.
|
·
Menunjukkan sikap positif terhadap
kedaulatan rakyat.
·
Menunjukkan sikap positif
terhadap pemerintahan IndonBSE.
|
Tes
tulis
Penugasan
Tes
tulis
|
Tes uraian
Pengamatan dan penulisan laporan
Tes uraian
|
Setujukah kamu
jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu dengan alasan penghematan keuangan
negara? Berikan alasanmu!
Aktivitas (buku PKn Kls
VIII-BSE)
Bagaimana menurutmu tentang pendapat bahwa
setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan
pemerintah?
|
4
x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VIII,
BSE, artikel/berita media
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar