1. Sekolah : SMP
Negeri 4 Birem Bayeun
2. Nama Guru : ...............................................................................
3. Kelas/Semester : ...............................................................................
4. Mata pelajaran : ...............................................................................
5. Standar Kompetensi : ...............................................................................
6. Kompetensi Dasar : ...............................................................................
7. Hari/Tanggal :
...............................................................................
No
|
URAIAN KEGIATAN
|
Ada/ Tidak ada
|
KRITERIA NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Menentukan
identitas mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
2.
|
Menentukan
standar kompetensi
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menentukan
kompetensi dasar
|
|
|
|
|
|
4.
|
Menentukan
indicator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
|
5.
|
Menentukan
tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
6.
|
Menentukan
materi ajar
|
|
|
|
|
|
7.
|
Menentukan
alokasi waktu
|
|
|
|
|
|
8.
|
Menentukan
metode pembelajaran
|
|
|
|
|
|
9.
|
Menentukan
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
10.
|
Menentukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
|
|
|
11.
|
Menentukan
sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang dicapai = …………………….
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor maksimum = 44
|
|
Klasifikasi
…………………….
|
|||
|
Nilai = …………………….. %
|
|
C : Cukup :
56% - 75%
|
A : Sangat Baik :
86% - 100%
|
B : Baik : 76%
- 85%
|
D : Kurang :
dibawah 55%
|
SARAN PEMBINAAN :
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
INSTRUMEN OBSERVASI
KELAS
1. Nama
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
2. Nama
guru : ....................................................................................
3. Mata
pelajaran : ....................................................................................
4. Kelas/semester : ....................................................................................
5. Hari/tanggal/jam
ke : ....................................................................................
6. Kompetensi
Dasar : ....................................................................................
7. Jumlah peserta didik : Seharusnya : ................ orang
Hadir : ................
orang
Tidak hadir : ................
orang
No
|
ASPEK PENGAMATAN
|
Ada/ Tidak ada
|
KRITERIA NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
A. KEGIATAN AWAL
|
|
|
|
|
|
1.
|
Membuka pelajaran dengan salam
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru memberi apersepsi
dan motivasi
|
|
|
|
|
|
3.
|
Guru memberitahu
kompetensi yang akan dicapai (tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
|
|
|
B. KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
|
1.
|
Guru tampak menguasai materi pembelajaran
(materi pembelajaran disampaikan dengan jelas)
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru mengelola kelas
dengan baik
|
|
|
|
|
|
3.
|
Metode/pendekatan yang
digunakan variatif
|
|
|
|
|
|
4.
|
Guru menggunakan alat
bantu/media pembelajaran (alat peraga, peta, OHP, kaset & tape recorder,
komputer & LCD, CD interaktif, dsb)
|
|
|
|
|
|
5.
|
Guru berperan sebagai fasilitator dalam
membantu mengatasi kesulitan peseta didik
|
|
|
|
|
|
6.
|
Guru menggunakan teknik bertanya dengan
bahasa yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
7.
|
Guru mendorong peserta didik untuk
memanfaatkan teknologi informasi (komputer, internet)
|
|
|
|
|
|
8.
|
Peserta didik berpartisipasi secara aktif
dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
9.
|
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
|
|
|
|
|
|
10.
|
Peserta didik tampak
ceria dan antusias dalam belajar
|
|
|
|
|
|
11.
|
Ada penilaian untuk
mengetahui pencapaian kompetensi (ketercapaian tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
|
|
12.
|
Pelaksanaan
pembelajaran sesuai dengan RPP
|
|
|
|
|
|
13.
|
Pembelajaran
diselesaikan tepat waktu
|
|
|
|
|
|
|
C. KEGIATAN PENUTUP
|
|
|
|
|
|
1.
|
Guru membimbing
peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2.
|
Guru memberi tugas
untuk pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
|
Skor
perolehan : 1 ´ ...... = .......
2
´ ...... = .......
3
´ ...... = .......
4
´ ...... = .......
Jumlah
skor = ...........
Skor ideal 18 ´ 4 = 72
Nilai perolehan =
=
=
………….
Saran Pembinaan:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
DAFTAR PERTANYAAN
SETELAH OBSERVASI
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana
pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
|
|
2.
|
Apakah
proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
|
|
3.
|
Dapatkah
Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses
pembelajaran tadi?
|
|
4.
|
Bagaimana
perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
|
|
5.
|
Apa yang
menjadi kesulitan siswa?
|
|
6.
|
Apa yang
menjadi kesulitan Saudara dalam menyajikan materi ini?
|
|
7.
|
Adakah
alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?
|
|
8.
|
Dengan
demikian, apa yang akan saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
|
|
|
Kesan
umum:
Saran:
|
|
Instrumen Tindak
Lanjut Hasil Supervisi Akademik
Nama Guru :...................................
Mata Pelajaran :...................................
Kelas/semester :...................................
Hasil Skor
|
Catatan Khusus
|
Tindak Lanjut
|
Realisasi Tindak lanjut
|
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
|||
|
|
|
(hal-hal yang masih kurang dan perlu ditingkatkan lagi)
|
Supervisi lanjutan dengan kompetensi dasar selanjutnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar