FORMAT
PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru :
............................................................................
Asal Sekolah :
..............................................................................
Mata Pelajaran :
..............................................................................
Kelas :
..............................................................................
Topik/Subtopik :
..............................................................................
Hari/ Tanggal :
…………………………………………………...
Aspek
yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
Perbaikan
|
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
|
Apersepsi
dan Motivasi
|
|
|
|
|
|
1
|
Menyiapkan fisik dan psikis
peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
|
|
|
|
|
2
|
Mengaitkan materi dengan materi pembelajaran sebelumnya
|
|
|
|
|
3
|
Mengajukan pertanyaan menantang
untuk memotivasi
|
|
|
|
|
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
5
|
Menyampaikan manfaat materi
pembelajaran
|
|
|
|
|
Penyampaian
kompetensi dan rencana kegiatan
|
|
|
|
|
|
1
|
Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai peserta didik
|
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan rencana kegiatan
misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
|
|
|
|
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
|
|
|
Penguasaan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Kemampuan
menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan
mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
|
3
|
Menyajikan pembahasan
materi pembelajaran dengan tepat.
|
|
|
|
|
4
|
Menyajikan materi secara
sistematis (mudah ke sulit, dari
konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
Penerapan
strategi pembelajaran yang mendidik
|
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang akan dicapai
|
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|
|
|
|
3
|
Menguasai
kelas
|
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengajukan pertanyaan
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan
pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam
mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan
pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan
materi ajar
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan pembelajaran yang
bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
8
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant
effect)
|
|
|
|
|
9
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|
|
|
|
Penerapan Pendekatan Saintifik
|
|
|
|
|
|
1
|
Memfasilitasi
dan menyajikan kegiatan peserta didik
untuk mengamati
|
|
|
|
|
2
|
Memancing
peserta didik untuk bertanya apa,
mengapa dan bagaimana
|
|
|
|
|
3
|
Menfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi
|
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan
informasi yang dikumpulkan
|
|
|
|
|
5
|
Menfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan
pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya
|
|
|
|
|
Pemanfaatan
sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
bervariasi
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber
belajar
|
|
|
|
|
4
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
|
|
|
|
5
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|
|
|
|
Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
2
|
Melaksanakan Penilaian
Pengetahuan
|
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan Penilaian
Keterampilan
|
|
|
|
|
Pelibatan peserta didik dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
|
|
|
|
|
2
|
Merespon positif partisipasi
peserta didik
|
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap
respons peserta didik
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi
yang kondusif
|
|
|
|
|
5
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
|
|
|
|
Penggunaan bahasa yang benar dan
tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara
jelas dan lancar
|
|
|
|
|
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
||||
Penutup
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
1
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik merangkum
materi pelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik untuk
merefleksi proses dan materi pelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Memberikan tes lisan atau tulisan
|
|
|
|
|
4
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
………………., 2014
Guru
Sasaran. Guru Pendamping,
(___________________) (
Fatmiati, S. Pd., M.S.)
NIP.
________________ NIP.
196404061986102002
Mengetahui.
Kepala
Sekolah.
(___________________)
NIP._________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar