Sabtu, 05 Oktober 2019

FORMAT PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


FORMAT PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Guru                                         :   ............................................................................
Asal Sekolah                                       :  ..............................................................................
Mata Pelajaran                                  :  ..............................................................................
Kelas                                                   :  ..............................................................................
Topik/Subtopik                                   :  ..............................................................................
Hari/ Tanggal                                     : …………………………………………………...
  Aspek yang Diamati
Ya
Tidak
Catatan
Perbaikan
Kegiatan Pendahuluan




Apersepsi dan Motivasi




1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam




2
Mengaitkan materi dengan materi pembelajaran sebelumnya 



3
Mengajukan pertanyaan menantang untuk memotivasi



4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran



5
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran



Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan





1
Menyampaikan  kompetensi  yang akan dicapai  peserta didik



2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.



Kegiatan Inti




Penguasaan materi pembelajaran




1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.




2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.




3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.




4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)




Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik




1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai




2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut




3
Menguasai kelas




4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan




5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat




6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar




7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual




8
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)




9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan




Penerapan Pendekatan  Saintifik




1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan   peserta didik untuk  mengamati




2
Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana




3
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi




4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan




5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya




Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran




1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  bervariasi




2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran




3
Melibatkan peserta didik dalam  pemanfaatan sumber belajar




4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran




5
Menghasilkan pesan yang menarik




 Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran




1
Melaksanakan Penilaian Sikap



2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan



3
Melaksanakan Penilaian Keterampilan



Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran




1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar




2
Merespon positif partisipasi peserta didik




3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik




4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif




5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar




Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar




2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar




Kegiatan Penutup

Penutup pembelajaran          




1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  merangkum materi pelajaran




2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran




3
Memberikan tes lisan atau tulisan




4
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio




5
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan




Jumlah




                                                                                                          ……………….,                     2014
            Guru Sasaran.                                                                              Guru Pendamping,

(___________________)                                                                    ( Fatmiati, S. Pd., M.S.)
NIP.  ________________                                                                   NIP. 196404061986102002
Mengetahui.
Kepala Sekolah.      


(___________________)
NIP._________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar