Sabtu, 05 Oktober 2019

FORMAT TELAAH RPP


FORMAT TELAAH RPP
1.      Berilah   tanda cek ( V) pada kolom skor (1, 2, 3 ) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
2.      Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama Guru                 : .....................................................
Mata pelajaran             : .....................................................
Topik/Sub topik          : ......................................................
Sekolah                       : 

No

Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Hasil Penelaahan dan Skor
Catatan
revisi
1
2
3
A
Identitas Mata Pelajaran
Tidak ada 
Kurang Lengkap 
Sudah
 Lengkap

1.
Terdapat :  satuan pendidikan,kelas, semester,  mata pela­jaran    jumlah pertemuan





B
Kompetensi Inti   dan Kompetensi Dasar




1
Kompetensi Inti




2
Kompetensi Dasar




C.
Perumusan  Indikator
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1.
 Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar




2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja opera­sional dengan kompetensi yang diukur 




3.
Kesesuaian rumusan dengan aspek pengetahuan.




4
Kesesuaian rumusan dengan aspek keterampilan




D.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1
Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar




2
Kesesuaian dengan Indikator



3
Kesesuaian  perumusan dengan aspek Audience, Behaviour, Condition, dan Degree



E.
Pemilihan Materi Ajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1.
Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar




2.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran



3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



4
Keruntutan uraian materi ajar



F.
Pemilihan Sumber Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian  dengan  materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



G.
Pemilihan Media Belajar
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian  dengan materi pembelajaran



3
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik



4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik



H.
Model Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan karakteristik materi










I
Metode Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2
Kesesuaian dengan karakteristik materi




3
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




j.
Skenario  Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1.
Menampilkan kegiatan   pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas




2.
Kesesuaian kegiatan  dengan  pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi, mengkomunikasikan)




3
Kesesuaian dengan metode pembelajaran




4.
Kesesuaian kegiatan dengan   sistematika/keruntutan materi




5.
Kesesuaian alokasi waktu  kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dengan cakupan materi




K.
Rancangan Penilaian Pembelajaran
Tidak Sesuai
Sesuai Sebagi an
Sesuai Seluruh nya

1
Kesesuaian bentuk, tehnik dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi



2.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen  Penilaian Sikap



3.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen  Penilaian Pengetahuan



4.
Kesesuaian antara bentuk, tehnik dan instrumen  Penilaian Keterampilan









Jumlah skor




Masukan terhadap RPP secara umum:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
 

















RUBRIK PENILAIAN RPP

Rubrik Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan ke dalam nilai portofolio peserta.

Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:
1.      Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai
2.      Berikan nilai pada stiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom  pilihan  (skor = 1),  (skor = 2), atau  (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai
3.      Berikan catatan khusus atau saran perbaikan  perencanaan  pembelajaran
4.      Setelah selesai penilaian, hitung jumlah skor yang diperoleh
5.      Tentukan Nilai menggunakan rumus sbb:



PERINGKAT
NILAI
Amat Baik ( AB)
 90 < AB ≤ 100
Baik (B)
80 < B ≤ 90
Cukup (C)
 70 < C  ≤ 80
Kurang (K)
≤ 70


Tidak ada komentar:

Posting Komentar