FORMAT
TELAAH RPP
1.
Berilah tanda cek (
V) pada kolom skor (1, 2, 3 ) sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom
tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda
2. Isilah Identitas RPP yang ditelaah.
Nama
Guru : .....................................................
Mata
pelajaran :
.....................................................
Topik/Sub
topik :
......................................................
Sekolah :
No
|
Komponen
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
|
Hasil
Penelaahan dan Skor
|
Catatan
revisi
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A
|
Identitas Mata Pelajaran
|
Tidak ada
|
Kurang
Lengkap
|
Sudah
Lengkap
|
|
1.
|
Terdapat : satuan pendidikan,kelas, semester, mata pelajaran
jumlah pertemuan
|
|
|
|
|
B
|
Kompetensi Inti
dan Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
1
|
Kompetensi Inti
|
|
|
|
|
2
|
Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
C.
|
Perumusan Indikator
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
penggunaan kata kerja operasional dengan
kompetensi yang diukur
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian rumusan
dengan aspek pengetahuan.
|
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian rumusan
dengan aspek keterampilan
|
|
|
|
|
D.
|
Perumusan
Tujuan Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1
|
Kesesuaian
dengan Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian
dengan Indikator
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian perumusan dengan aspek Audience, Behaviour, Condition, dan Degree
|
|
|
|
|
E.
|
Pemilihan
Materi Ajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan Kompetensi Dasar
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
4
|
Keruntutan
uraian materi ajar
|
|
|
|
|
F.
|
Pemilihan
Sumber Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan tujuan
pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan
materi pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan pendekatan saintifik
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
G.
|
Pemilihan
Media Belajar
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan pendekatan saintifik
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
H.
|
Model
Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1.
|
Kesesuaian
dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
dengan karakteristik materi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I
|
Metode
Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1
|
Kesesuaian
dengan tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian
dengan karakteristik materi
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan karakteristik peserta didik
|
|
|
|
|
j.
|
Skenario Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1.
|
Menampilkan kegiatan
pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian kegiatan dengan
pendekatan saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi,
mengkomunikasikan)
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
dengan metode pembelajaran
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian kegiatan dengan sistematika/keruntutan materi
|
|
|
|
|
5.
|
Kesesuaian alokasi waktu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan
kegiatan penutup dengan cakupan materi
|
|
|
|
|
K.
|
Rancangan
Penilaian Pembelajaran
|
Tidak Sesuai
|
Sesuai Sebagi an
|
Sesuai Seluruh nya
|
|
1
|
Kesesuaian bentuk, tehnik
dan instrumen dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
antara bentuk, tehnik dan instrumen
Penilaian Sikap
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
antara bentuk, tehnik dan instrumen
Penilaian Pengetahuan
|
|
|
|
|
4.
|
Kesesuaian
antara bentuk, tehnik dan instrumen
Penilaian Keterampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
Masukan terhadap RPP
secara umum:
...................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
RUBRIK PENILAIAN
RPP
Rubrik
Penilaian RPP ini digunakan peserta pada saat penelaahan RPP peserta lain dan
digunakan fasilitator untuk menilai RPP yang disusun oleh masing-masing
peserta. Selanjutnya nilai RPP dimasukan ke dalam nilai portofolio peserta.
Langkah-langkah penilaian RPP sebagai
berikut:
1.
Cermati format penilaian RPP dan RPP
yang akan dinilai
2.
Berikan nilai pada stiap komponen
RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1),
(skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilaian Anda
terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai
3.
Berikan catatan khusus atau saran
perbaikan perencanaan pembelajaran
4.
Setelah selesai penilaian, hitung
jumlah skor yang diperoleh
5. Tentukan Nilai menggunakan rumus
sbb:
|
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat Baik ( AB)
|
90 < AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
80 < B ≤ 90
|
Cukup (C)
|
70 < C
≤ 80
|
Kurang (K)
|
≤ 70
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar