Jumat, 18 Oktober 2019

Lampiran 2 IX


LAMPIRAN 2
KUNCI JAWABAN

EVALUASI BAB 1 (hlm. 21—23)
  1. Pilihan Ganda
1.      b
2.      c
3.      a
4.      d
5.      c
6.      a
7.      a
8.      b
9.      a
10.  b

  1. Esai
1.      Fungsi negara Indonesia adalah sebagai berikut.
a.       Menjaga kemungkinan adanya serangan dari luar maupun dari dalam.
b.      Menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran, dan ketenteraman dalam masyarakat.
c.       Mengupayakan kesejahteraan bagi rakyat.
d.      Menegakkan keadilan.
2.      Ketika telah ada wilayah, rakyat, dan UUD 1945.
3.      Jawaban siswa
4.      Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negaranya untuk menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negaranya.
5.      Peran warga negara dapat dilakukan melalui kegiatan berikut.
a.       Pendidikan kewarganegaraan tentang pemahaman kesadaran bela negara.
b.      Pengabdian sesuai profesi.
6.      Gangguan keamanan, berupa pemberontakan, akan berkembang dengan cepat dan menimbulkan ketidakstabilan pemerintahan serta memecah belah bangsa. Hendaknya, masyarakat, TNI, dan Polri bahu-membahu dalam mengatasi gangguan keamanan, seperti dalam berbagai peristiwa yang pernah terjadi.
7.      Latar kewajiban warga dalam bela negara adalah sebagai berikut.
a.       Latar belakang sejarah kemerdekaan Indonesia.
b.      Letak geografis dan geosentris negara Indonesia.
c.       Kondisi kependudukan bangsa Indonesia.
d.      Potensi sumber daya alam Indonesia.
e.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
8.      Berikut ini landasan aturan bela negara.
a.       Landasan idiil: Pancasila.
b.      Landasan konstitusional: pasal 30 UUD 1945.
c.       Landasan struktural: Tap. MPR No. VII/MPR/2000.
d.      Landasan operasional: UU No. 3 Tahun 2002.
9.      Menjaga nama baik sekolah dan mematuhi tata tertib sekolah. (Jawaban siswa)
10.  Sistem pertahanan negara Indonesia adalah sistem yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.

EVALUASI BAB 2 (hlm. 50—52)
  1. Pilihan Ganda
1.      c
2.      a
3.      a
4.      a
5.      d
6.      a
7.      d
8.      c
9.      c
10.  d

  1. Esai
1.      Karena kebijakan publik menyangkut kepentingan umum dan berkenaan dengan kepentingan kehidupan bersama.
2.      Jawaban siswa
3.      Manfaat otonomi bagi masyarakat suatu daerah:
a.       masyarakat daerah mempunyai hak untuk mengatur rumah tangga pemerintahan sendiri;
b.      Daerah mempunyai wewenang untuk mengatur dan mengurus rumah tangga sendiri.
4.      Kebijakan publik berguna untuk mengatur segala sesuatu yang berkenaan dengan setiap aturan main bersama. Dengan demikian, kepentingan masyarakat terjamin.
5.      Peran aktif masyarakat diperlukan untuk menyampaikan kebutuhan dan masalah yang dihadapinya dan memberi masukan yang menyangkut perbaikan daerah.
6.      Contoh: dampak pembuatan jalan di daerah terisolasi, yaitu semakin lancarnya hubungan lalu lintas daerah tersebut dengan daerah lainnya serta terjadinya kerusakan lingkungan.
7.      Tahap pembuatan kebijakan publik dimulai dari tahap pembuatan agenda kebijakan, formulasi dan legitimasi, implementasi, serta evaluasi kebijakan.
8.      Input adalah masukan berupa tuntutan, kritikan, maupun dukungan dari unsur masyarakat dan berkaitan dengan kehidupan masyarakat.
Output adalah keluaran yang dihasilkan melalui proses pengolahan input dalam sebuah sistem politik.
9.       Jawaban siswa
10.  Jawaban siswa

EVALUASI SEMESTER 1 (hlm. 53—56)
  1. Pilihan Ganda
1.      c
2.      b
3.      a
4.      d
5.      c
6.      d
7.      a
8.      c
9.      d
10.  c
11.  a
12.  b
13.  d
14.  c
15.  c
16.  c
17.  b
18.  d
19.  d
20.  b

  1. Esai
1.      Fungsi negara: menjaga ketertiban dan keamanan, mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, menjamin pertahanan, serta menegakkan keadilan.
Unsur negara: rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat, dan pengakuan dari negara lain.
2.      Latar kewajiban warga dalam bela negara adalah sebagai berikut.
a.       Latar belakang sejarah kemerdekaan Indonesia.
b.      Letak geografis dan geosentris negara Indonesia.
c.       Kondisi kependudukan bangsa Indonesia.
d.      Potensi sumber daya alam Indonesia.
e.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.      Berikut ini landasan aturan bela negara.
a.       Landasan idiil: Pancasila.
b.      Landasan konstitusional: pasal 30 UUD 1945.
c.       Landasan struktural: Tap. MPR No. VII/MPR/2000.
d.      Landasan operasional: UU No. 3 Tahun 2002.
4.      Seorang guru mengajar siswa dengan baik sehingga siswa menjadi siswa yang memiliki rasa patriotisme yang tinggi.
5.      Melakukan pengabdian sesuai dengan profesi, misalnya menjadi pelajar yang patuh dan tertib. (Jawaban siswa)
6.      Agar pelayanan terhadap warga negara lebih efektif dan efisien. Dengan demikian, kesejahteraan bangsa dapat terwujud.
7.      Kemampuan manusia pelaksana, keuangan, peralatan, dan manajemen di daerah tersebut.
8.      Karena potensi alam dan  permasalahan masyarakat sangat beragam. Dengan adanya otonomi daerah bagi kabupaten dan kota, diharapkan rentang pelayanan pemerintahan dapat dipersingkat dan kesejahteraan rakyat dapat meningkat lebih cepat.
9.      Peran aktif masyarakat diperlukan untuk menyampaikan kebutuhan dan masalah yang dihadapinya dan memberi masukan yang menyangkut perbaikan daerah.
10.  Tahap pembuatan kebijakan publik dimulai dari tahap pembuatan agenda kebijakan, formulasi dan legitimasi, implementasi, serta evaluasi kebijakan.

EVALUASI BAB 3 (hlm. 76—78)
  1. Pilihan Ganda
1.      a
2.      b
3.      a
4.      d
5.      a
6.      a
7.      b
8.      a
9.      b
10.  d

  1. Esai
1.      Jawaba siswa
2.      Peralatan untuk mengolah sawah menjadi modern sehingga lebih mudah, distribusi hasil panen menjadi lebih cepat karena alat transportasi bertambah maju.
3.      Tersedianya lapangan pekerjaan, kualitas sumber daya manusia meningkat dan berpengaruh pada pengolahan smber daya alam, jumlah produksi barang-barang industri meningkat dan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.
4.      Menyaring nilai-nilai yang masuk bersamaan dengan proses globalisasi. Hendaknya, kita selalu mengambil nilai positif dan meninggalkan nilai negatif. Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kualitas diri dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa. (Jawaban siswa)
5.      Masyarakat mendukung perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang dalam era globalisasi, misalnya dengan menggunakan internet dan HP.
6.      Jawaban siswa
7.      Peka terhadap kondisi sosial serta belajar untuk bertoleransi; mampu menyaring kebudayaan lain agar tidak ada penyerapan nilai-nilai asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.
8.      Ia akan mampu bersaing dalam dunia globalisasi sehingga memiliki keunggulan untuk mengembangkan dan membangun dirinya dalam segala bidang.
9.      Jawaban siswa
10.  Dalam Pancasila, ada prinsip-prinsip hidup yang dapat membantu kita membedakan nilai-nilai yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.

EVALUASI BAB 4 (hlm. 100—101)
  1. Pilihan Ganda
1.      a
2.      b
3.      a
4.      b
5.      c
6.      c
7.      d
8.      d
9.      a
10.  a

  1. Esai
1.      Karena prestasi bukanlah sesuatu yang datang begitu saja. Prestasi dicapai dengan usaha keras. Prestasi ditumbuhkembangkan dari hasil belajar. Jika telah ditanamkan sejak dini, dalam diri seseorang, ada kesadaran untuk menunjukkan kelebihan yang dimilikinya.
2.      Prestasi merupakan salah satu ciri-ciri kehidupan masyarakat modern. Orang yang berprestasi selalu dibutuhkan masyarakat. Ia akan selalu berkreasi menciptakan sesuatu  yang dapat mengatasi masalah diri, orang lain, dan masyarakat.
3.      Selalu berkreasi, menyukai tantangan, pekerja keras.
4.      Pertumbuhan ekonomi bangsa itu rendah, bangsanya tidak kreatif dan inovatif, tidak bertanggung jawab, pemalas, serta tidak mampu memanfaatkan sumber daya yang ada.
5.      Jawaban siswa
6.      Melakukan pelatihan dan pembinaan potensi diri sejak dini dan terprogram, melakukan evaluasi diri, mengikuti uji coba, dan berkompetisi secara profesional. (Jawaban siswa)
7.      Negara akan maju karena masyarakatnya memiliki potensi yang mampu menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk negara. Selain itu, negara juga menjadi dikenal dunia internasional.
8.      Diri sendiri, lingkungan keluarga, dan dukungan masyarakat sekitar. Selain itu perlu juga dukungan strategi, sarana dan prasarana, serta nasib dan keberuntungan.
9.      Keinginan berpretasi merupakan salah satu kebutuhan sosial yang dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang ingin berpestasi. Dengan demikian, ia mampu mengolah dan memberdayakan kelemahan dan kelebihannya secara proposional, efektif, dan efisien.
10.  Taufik Hidayat, pemain bulu tangkis memenangi olimpiade; Septinus George Saa menjuarai olimpiade fisika.

EVALUASI SEMESTER 2 (hlm. 102—105)
  1. Pilihan Ganda
1.      c
2.      d
3.      b
4.      b
5.      d
6.      a
7.      c
8.      b
9.      d
10.  b
11.  d
12.  a
13.  d
14.  a
15.  b
16.  a
17.  d
18.  d
19.  b
20.  c

  1. Esai
1.      Globalisasi adalah suatu proses masuknya segala sesuatu ke dalam ruang lingkup dunia sehingga batas-batas antarnegara menjadi seakan-akan hilang.
Proses: Fase I: perkembangan kebutuhan (terutama barang dagangan) dan kemajuan ilmu pengetahuan à dominasi perdagangan kaum Muslim di Asia dan Afrika; menyebarkan nilai-nilai keagamaan, bahasa, dan budaya à kemajuan teknologi dan industri di dunia Barat à berlangsung hingga sekarang.
2.      Gaya hidup: penggunaan jaringan internet, yang juga menyebabkan gaya hidup individualistis.
Komunikasi: chatting di internet
Pakaian: gaya dan desain busana Indonesia dipengaruhi desain busana Prancis dan Italia.
3.      Dampak positif: dalam bidang pendidikan, siswa telah banyak yang menggunakan komputer untuk mempelajari sesuatu. Dampak negatifnya adalah pembelajaran yang berbasis kesadaran terhadap keseimbangan lingkungan hidup semakin ditinggalkan.
4.      Globalisasi berperan membuka jaringan pasar internasional bagi produksi dalam negeri; globalisasi memungkinkan penyampaian informasi secara cepat dari Indonesia ke dunia.
5.      Jawaban siswa
6.      Jawaban siswa
7.      Prestasi diri meningkatkan derajat individu tersebut dalam masyarakat. Selain itu, prestasi tersebut juga bermanfaat bagi negara. Prestasi diri seseorang dapat mengharumkan nama negara dan menjadikan suatu negara diakui oleh negara lain.
8.      Skala prioritas, fokus program dan penjadwalan, serta optimalisasi kegiatan secara terpadu.
9.      Percaya diri, suka berbenah diri, tidak menyombongkan prestasi, tidak rendah diri, cepat menyesuaikan diri, tidak lupa diri saat dipuji, dan tidak mudah putus asa. Contoh, saat mengerjakan soal tes, seorang siswa yang tenang dan tekun belajar pasti akan mampu mengerjakan soal dengan baik.
10.  Mencanangkan wajib belajar 9 tahun, menciptakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan nasional dan global, meningkatkan mutu guru, memberikan beasiswa bagi siswa yang tidak mampu.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar