LAMPIRAN 2
KUNCI
JAWABAN
EVALUASI BAB
1 (hlm. 21—23)
- Pilihan Ganda
1.
b
2.
c
3.
a
4.
d
5.
c
6.
a
7.
a
8.
b
9.
a
10. b
- Esai
1.
Fungsi negara Indonesia adalah sebagai berikut.
a.
Menjaga kemungkinan adanya serangan dari luar maupun
dari dalam.
b.
Menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran, dan ketenteraman
dalam masyarakat.
c.
Mengupayakan kesejahteraan bagi rakyat.
d.
Menegakkan keadilan.
2.
Ketika telah ada wilayah, rakyat, dan UUD 1945.
3.
Jawaban siswa
4.
Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara
yang dijiwai oleh kecintaan kepada negaranya untuk menjaga kelangsungan hidup
bangsa dan negaranya.
5.
Peran warga negara dapat dilakukan melalui kegiatan
berikut.
a.
Pendidikan kewarganegaraan tentang pemahaman kesadaran
bela negara.
b.
Pengabdian sesuai profesi.
6.
Gangguan keamanan, berupa pemberontakan, akan berkembang
dengan cepat dan menimbulkan ketidakstabilan pemerintahan serta memecah belah
bangsa. Hendaknya, masyarakat, TNI, dan Polri bahu-membahu dalam mengatasi
gangguan keamanan, seperti dalam berbagai peristiwa yang pernah terjadi.
7.
Latar kewajiban warga dalam bela negara adalah sebagai
berikut.
a.
Latar belakang sejarah kemerdekaan Indonesia .
b.
Letak geografis dan geosentris negara Indonesia .
c.
Kondisi kependudukan bangsa Indonesia .
d.
Potensi sumber daya alam Indonesia .
e.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
8.
Berikut ini landasan aturan bela negara.
a.
Landasan idiil: Pancasila.
b.
Landasan konstitusional: pasal 30 UUD 1945.
c.
Landasan struktural: Tap. MPR No. VII/MPR/2000.
d.
Landasan operasional: UU No. 3 Tahun 2002.
9.
Menjaga nama baik sekolah dan mematuhi tata tertib
sekolah. (Jawaban siswa)
10. Sistem
pertahanan negara Indonesia
adalah sistem yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya
nasional lainnya.
EVALUASI BAB
2 (hlm. 50—52)
- Pilihan Ganda
1.
c
2.
a
3.
a
4.
a
5.
d
6.
a
7.
d
8.
c
9.
c
10. d
- Esai
1.
Karena kebijakan publik menyangkut kepentingan umum
dan berkenaan dengan kepentingan kehidupan bersama.
2.
Jawaban siswa
3.
Manfaat otonomi bagi masyarakat suatu daerah:
a.
masyarakat daerah mempunyai hak untuk mengatur rumah
tangga pemerintahan sendiri;
b.
Daerah mempunyai wewenang untuk mengatur dan mengurus
rumah tangga sendiri.
4.
Kebijakan publik berguna untuk mengatur segala sesuatu
yang berkenaan dengan setiap aturan main bersama. Dengan demikian, kepentingan
masyarakat terjamin.
5.
Peran aktif masyarakat diperlukan untuk menyampaikan
kebutuhan dan masalah yang dihadapinya dan memberi masukan yang menyangkut
perbaikan daerah.
6.
Contoh: dampak pembuatan jalan di daerah terisolasi,
yaitu semakin lancarnya hubungan lalu lintas daerah tersebut dengan daerah
lainnya serta terjadinya kerusakan lingkungan.
7.
Tahap pembuatan kebijakan publik dimulai dari tahap
pembuatan agenda kebijakan, formulasi dan legitimasi, implementasi, serta
evaluasi kebijakan.
8.
Input adalah masukan berupa tuntutan, kritikan, maupun
dukungan dari unsur masyarakat dan berkaitan dengan kehidupan masyarakat.
Output adalah keluaran yang dihasilkan melalui proses
pengolahan input dalam sebuah sistem
politik.
9.
Jawaban siswa
10. Jawaban siswa
EVALUASI SEMESTER 1 (hlm. 53—56)
- Pilihan Ganda
1.
c
2.
b
3.
a
4.
d
5.
c
6.
d
7.
a
8.
c
9.
d
10. c
11. a
12. b
13. d
14. c
15. c
16. c
17. b
18. d
19. d
20. b
- Esai
1.
Fungsi negara: menjaga ketertiban dan keamanan,
mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, menjamin pertahanan, serta
menegakkan keadilan.
Unsur negara: rakyat, wilayah, pemerintah yang
berdaulat, dan pengakuan dari negara lain.
2.
Latar kewajiban warga dalam bela negara adalah sebagai
berikut.
a.
Latar belakang sejarah kemerdekaan Indonesia .
b.
Letak geografis dan geosentris negara Indonesia .
c.
Kondisi kependudukan bangsa Indonesia .
d.
Potensi sumber daya alam Indonesia .
e.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.
Berikut ini landasan aturan bela negara.
a.
Landasan idiil: Pancasila.
b.
Landasan konstitusional: pasal 30 UUD 1945.
c.
Landasan struktural: Tap. MPR No. VII/MPR/2000.
d.
Landasan operasional: UU No. 3 Tahun 2002.
4.
Seorang guru mengajar siswa dengan baik sehingga siswa
menjadi siswa yang memiliki rasa patriotisme yang tinggi.
5.
Melakukan pengabdian sesuai dengan profesi, misalnya
menjadi pelajar yang patuh dan tertib. (Jawaban siswa)
6.
Agar pelayanan terhadap warga negara lebih efektif dan
efisien. Dengan demikian, kesejahteraan bangsa dapat terwujud.
7.
Kemampuan manusia pelaksana, keuangan, peralatan, dan
manajemen di daerah tersebut.
8.
Karena potensi alam dan permasalahan masyarakat sangat beragam.
Dengan adanya otonomi daerah bagi kabupaten dan kota , diharapkan rentang pelayanan
pemerintahan dapat dipersingkat dan kesejahteraan rakyat dapat meningkat lebih
cepat.
9.
Peran aktif masyarakat diperlukan untuk menyampaikan
kebutuhan dan masalah yang dihadapinya dan memberi masukan yang menyangkut
perbaikan daerah.
10. Tahap pembuatan
kebijakan publik dimulai dari tahap pembuatan agenda kebijakan, formulasi dan
legitimasi, implementasi, serta evaluasi kebijakan.
EVALUASI BAB 3 (hlm. 76—78)
- Pilihan Ganda
1.
a
2.
b
3.
a
4.
d
5.
a
6.
a
7.
b
8.
a
9.
b
10. d
- Esai
1.
Jawaba siswa
2.
Peralatan untuk mengolah sawah menjadi modern sehingga
lebih mudah, distribusi hasil panen menjadi lebih cepat karena alat
transportasi bertambah maju.
3.
Tersedianya lapangan pekerjaan, kualitas sumber daya
manusia meningkat dan berpengaruh pada pengolahan smber daya alam, jumlah
produksi barang-barang industri meningkat dan berpengaruh pada pertumbuhan
ekonomi.
4.
Menyaring nilai-nilai yang masuk bersamaan dengan
proses globalisasi. Hendaknya, kita selalu mengambil nilai positif dan
meninggalkan nilai negatif. Selain itu, kita juga dapat meningkatkan kualitas
diri dan menanamkan nilai-nilai luhur bangsa. (Jawaban siswa)
5.
Masyarakat mendukung perkembangan teknologi dan
informasi yang berkembang dalam era globalisasi, misalnya dengan menggunakan internet dan HP.
6.
Jawaban siswa
7.
Peka terhadap kondisi sosial serta belajar untuk bertoleransi;
mampu menyaring kebudayaan lain agar tidak ada penyerapan nilai-nilai asing
yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.
8.
Ia akan mampu bersaing dalam dunia globalisasi
sehingga memiliki keunggulan untuk mengembangkan dan membangun dirinya dalam segala
bidang.
9.
Jawaban siswa
10. Dalam Pancasila,
ada prinsip-prinsip hidup yang dapat membantu kita membedakan nilai-nilai yang
sesuai dan yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita.
EVALUASI BAB 4 (hlm. 100—101)
- Pilihan Ganda
1.
a
2.
b
3.
a
4.
b
5.
c
6.
c
7.
d
8.
d
9.
a
10. a
- Esai
1.
Karena prestasi bukanlah sesuatu yang datang begitu
saja. Prestasi dicapai dengan usaha keras. Prestasi ditumbuhkembangkan dari
hasil belajar. Jika telah ditanamkan sejak dini, dalam diri seseorang, ada
kesadaran untuk menunjukkan kelebihan yang dimilikinya.
2.
Prestasi merupakan salah satu ciri-ciri kehidupan
masyarakat modern. Orang yang berprestasi selalu dibutuhkan masyarakat. Ia akan
selalu berkreasi menciptakan sesuatu
yang dapat mengatasi masalah diri, orang lain, dan masyarakat.
3.
Selalu berkreasi, menyukai tantangan, pekerja keras.
4.
Pertumbuhan ekonomi bangsa itu rendah, bangsanya tidak
kreatif dan inovatif, tidak bertanggung jawab, pemalas, serta tidak mampu
memanfaatkan sumber daya yang ada.
5.
Jawaban siswa
6.
Melakukan pelatihan dan pembinaan potensi diri sejak
dini dan terprogram, melakukan evaluasi diri, mengikuti uji coba, dan
berkompetisi secara profesional. (Jawaban siswa)
7.
Negara akan maju karena masyarakatnya memiliki potensi
yang mampu menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk negara. Selain itu, negara
juga menjadi dikenal dunia internasional.
8.
Diri sendiri, lingkungan keluarga, dan dukungan
masyarakat sekitar. Selain itu perlu juga dukungan strategi, sarana dan
prasarana, serta nasib dan keberuntungan.
9.
Keinginan berpretasi merupakan salah satu kebutuhan
sosial yang dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang ingin
berpestasi. Dengan demikian, ia mampu mengolah dan memberdayakan kelemahan dan
kelebihannya secara proposional, efektif, dan efisien.
10. Taufik Hidayat,
pemain bulu tangkis memenangi olimpiade; Septinus George Saa menjuarai
olimpiade fisika.
EVALUASI SEMESTER 2 (hlm. 102—105)
- Pilihan Ganda
1.
c
2.
d
3.
b
4.
b
5.
d
6.
a
7.
c
8.
b
9.
d
10. b
11. d
12. a
13. d
14. a
15. b
16. a
17. d
18. d
19. b
20. c
- Esai
1.
Globalisasi adalah suatu proses masuknya segala
sesuatu ke dalam ruang lingkup dunia sehingga batas-batas antarnegara menjadi
seakan-akan hilang.
Proses: Fase I: perkembangan kebutuhan (terutama
barang dagangan) dan kemajuan ilmu pengetahuan à dominasi perdagangan kaum Muslim di Asia dan Afrika;
menyebarkan nilai-nilai keagamaan, bahasa, dan budaya à kemajuan teknologi dan industri di dunia Barat à berlangsung hingga sekarang.
2.
Gaya hidup: penggunaan jaringan internet, yang juga menyebabkan gaya hidup individualistis.
Komunikasi: chatting
di internet
Pakaian: gaya dan desain
busana Indonesia
dipengaruhi desain busana Prancis dan Italia.
3.
Dampak positif: dalam bidang pendidikan, siswa telah
banyak yang menggunakan komputer untuk mempelajari sesuatu. Dampak negatifnya
adalah pembelajaran yang berbasis kesadaran terhadap keseimbangan lingkungan
hidup semakin ditinggalkan.
4.
Globalisasi berperan membuka jaringan pasar
internasional bagi produksi dalam negeri; globalisasi memungkinkan penyampaian
informasi secara cepat dari Indonesia
ke dunia.
5.
Jawaban siswa
6.
Jawaban siswa
7.
Prestasi diri meningkatkan derajat individu tersebut
dalam masyarakat. Selain itu, prestasi tersebut juga bermanfaat bagi negara.
Prestasi diri seseorang dapat mengharumkan nama negara dan menjadikan suatu
negara diakui oleh negara lain.
8.
Skala prioritas, fokus program dan penjadwalan, serta
optimalisasi kegiatan secara terpadu.
9.
Percaya diri, suka berbenah diri, tidak menyombongkan
prestasi, tidak rendah diri, cepat menyesuaikan diri, tidak lupa diri saat
dipuji, dan tidak mudah putus asa. Contoh, saat mengerjakan soal tes, seorang
siswa yang tenang dan tekun belajar pasti akan mampu mengerjakan soal dengan
baik.
10. Mencanangkan
wajib belajar 9 tahun, menciptakan kurikulum yang sesuai dengan perkembangan
nasional dan global, meningkatkan mutu guru, memberikan beasiswa bagi siswa
yang tidak mampu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar