Format 2: Rencana Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Individu Guru (diisi oleh Koordinator Guru)
Nama
Sekolah:
|
Nomor
Statistik Sekolah:
|
||||||||
Kecamatan:
|
Kabupaten/Kota:
|
Provinsi:
|
|||||||
Nama
Guru:
|
Tahun
Ajaran:
|
Tanggal:
|
|||||||
DIMENSI TUGAS UTAMA/INDIKATOR
|
Rencana Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan yang akan dilakukan Guru untuk peningkatan nilai kinerja
|
|
Strategi Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan (diisi dengan memberi tanda √)
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
a
|
b
|
||||||||
I.
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan
kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
Guru Mengikuti Kegiatan PKB pada memformulasikan tujuan
pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Guru
menyusun bahan ajar secara runut,
logis, kontekstual dan mutakhir
|
Guru
Mengikuti PKB menyusun bahan ajar secara Mutakhir
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
3.
Guru merencanakan kegiatan
pembelajaran yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Guru memilih sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan
strategi pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II.
PELAKSANAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan pendahuluan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Guru memulai
pembelajaran dengan efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan inti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Guru menguasai materi pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan penutup
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III.
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. Guru
merancang alat penilaian untuk
mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. Guru
menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar
peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis
dalam RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14. Guru
memanfatkan berbagai hasil penilaian
untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya
dan bahan penyusunan rancangan
pembelajaran selanjutnya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
Kompetensi menghasilkan Publikasi Ilmiah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
Kompetensi menghasilkan Karya Inovatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Kompetensi untuk penunjang pelaksanaan pembelajaran
berkualitas (TIK, Bahasa Asing, dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
Kompetensi untuk melaksanakan tugas tambahan
(misalnya Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, dsb)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tanda tangan Guru:
|
Tanda tangan Kepala
Sekolah:
|
||||||||
Catatan:
1.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
oleh guru sendiri
2.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilakukan
bersama guru lain
3.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
di sekolah
4.
Rencana pengembangan
keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan di
KKG/MGMP/MGBK
5.
Rencana
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dilaksanakan
oleh institusi selain sekolah atau KKG/MGMP/MGBK
6.
Kebutuhan
pengembangan keprofesian berkelanjutan yang belum dapat dipenuhi
(diajukan/di-koordinasikan oleh Dinas Pddk untuk dipertimbangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar