LAMPIRAN
1
PENILAIAN
Penilaian
dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian juga
dapat ditekankan pada saat diskusi dan presentasi. Teknik penilaian yang dapat
dilakukan, antara lain tes tertulis (uraian atau pilihan ganda), penugasan
(tugas proyek atau pengamatan, unjuk kerja), berbicara (diskusi atau
mengemukakan pendapat), dan lain-lain.
Pada setiap
akhir bab, selalu diberikan evaluasi pilihan ganda dan uraian. Selain itu, pada
akhir semester, juga diberikan evaluasi terhadap keseluruhan bab, berupa tes
pilihan ganda dan uraian.
Berikut ini format yang dapat digunakan untuk penilaian diskusi dan
presentasi.
FORMAT PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
|
Aspek
Penilaian
|
Total
Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
Mengemukakan Pendapat
|
Kerja
sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor/ Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
- Kemampuan
menyampaikan pendapat.
- Kemampuan
memberikan argumentasi.
- Kemampuan
memberikan kritik.
- Kemampuan
mengajukan pertanyaan.
- Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
- Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23
= Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4
6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam
kelompok 2—15 = Sangat baik
2.
Tanggung
jawab individu 9—11 = Baik
3.
Pemikiran 6—8 = Cukup
4.
Keberanian
berpendapat 3—5 = Kurang
5.
Keberanian
tampil
Berikut ini format
penilaian untuk unjuk karya.
FORMAT
PENILAIAN UNJUK KARYA
No
|
Nama Siswa
|
Kreativitas
|
Kerapian
|
Tampilan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar