SILABUS
MATA
PELAJARAN
PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN
SMPN 4
BIREM BAYEUN
KELAS
IX
oleh
Zainuddin,
S.Pd
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Mata
pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi :
1. Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara.
|
·
Pengertian
negara.
·
Unsur-unsur
negara.
·
Tujuan
dan fungsi negara.
|
1. Mengkaji buku teks hingga dapat siswa
menjelaskan, pengertian negara, tujuan dan fungsi negara, unsur-unsur negara, serta peraturan
perundang-undangan tentang wajib bela negara.
2. Melakukan kajian
referensi dan mendiskusikan pentingnya usaha membela negara.
|
· Menjelaskan pengertian negara.
· Menjelaskan unsur-unsur negara.
· Menjelaskan tujuan negara.
· Menguraikan fungsi
negara.
· Menunjukkan peraturan
tentang bela negara.
· Menjelaskan pentingnya
membela negara IndonBSE.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas dan
penugasan
Tes tulis
|
Diskusi
Uraian
Uraian
Uraian
Mengemukakan pendapat
Pilihan ganda
Mencari informasi
Mengemukakan pendapat
Unjuk karya dan mencari
informasi
Uraian
|
Buku teks kelas IX (BSE),
Jelaskan
pengertian negara!
Sebutkan
3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara!
Sebutkan
tujuan negara sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945!
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE),
Hak dan
kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara tercantum dalam UUD 1945 ...
a.
pasal 27 ayat (1)
b.
pasal
27 ayat (2)
c.
pasal
27 ayat (3)
d.
pasal
30 ayat (1)
Hunting (Buku teks kelas IX (BSE)
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Jelaskan pentingnya membela negara IndonBSE!
Jelaskan arti bela negara!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), hlm. 4—24, UUD 1945,
UU No. 3 Th. 2002
|
1.2
Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara.
|
· Hak dan kewajian warga negara dalam
bela negara.
· Tindakan bela negara.
|
1.
Mengkaji
Undang-Undang No. 3 Th. 2002 pasal 9 ayat (2).
2.
Melakukan kajian
referensi dan mendiskusikan hak dan kewajiban bela negara dan bentuk-bentuk
dalam pembelaan negara.
|
· Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga
negara dalam upaya pembelaan negara.
|
Tes tulis dan bicara
Tes tertulis
Tes kreativitas
|
Diskusi
Uraian
Unjuk karya
|
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Sebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga
negara dalam upaya pembelaan negara!
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Buatkah kliping tentang berbagai bentuk bela negara!
|
2 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), Undang-Undang No. 3 Tahun 2002 pasal 9 ayat
(2), artikel media
|
1.3 Menampilkan peran
serta dalam usaha pembelaan negara.
|
Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan
negara.
|
3. Mengikuti
Kegiatan pembelaan
negara
di lingkungan tempat
tinggal siswa.
|
· Berpartisipasi langsung dalam kegiatan bela
negara di lingkungan tempat tinggal siswa.
|
Tes tulis dan bicara
Penugasan
Penugasan
|
Mengemukakan pendapat
Pengamatan dan penulisan
laporan
Pengamatan dan penulisan laporan.
|
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Bentuklah dua kelompok.
Kemudian, buatlah kegiatan yang berhubungan dengan bela negara, misalnya melakukan penghijauan. Rencanakan langkah-langkah kegiatan tersebut bersama kelompokmu!
|
6 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), , lingkungan sekitar
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Mata
pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
Kelas : IX
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami pelaksanaan otonomi daerah.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
2.1.
Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.
|
Pengertian otonomi daerah.
|
Melakukan kajian
referensi dan mendiskusikan hakikat otonomi daerah.
|
· Menjelaskan pengertian otonomi daerah.
· Menjelaskan tujuan otonomi daerah.
· Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
otonomi daerah.
· Menunjukkan dasar
hukum penyelenggaraan otonomi daerah.
· Menjelaskan prinsip-prinsip penyelenggaraan otonomi daerah.
· Mengidentifikasi hal yang menjadi urusan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Diskusi
Unjuk karya
Mengemukakan pendapat
Uraian
Uraian
Mengemukakan pendapat
Uraian
Wawacara dan menulis laporan
Uraian
|
Jelaskan pengertian otonomi daerah!
Jelaskan tujuan otonomi daerah!
Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Jelaskan bahwa manusia merupakan faktor penting
dalam penyelenggaraan otonomi daerah!
Sebutkan landasan hukum penyelenggaraan
otonomi daerah!
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Jelaskan otonomi daerah berdasarkan prinsip yang luas, nyata, dan bertanggung jawab!
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Sebutkan urusan yang menjadi kewewenangan pemerintah pusat!
|
6 x
40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE, UU No. 32 Tahun 2004
|
2.2. Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan
kebijakan publik di daerah.
|
Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi
daerah.
|
1.
Melakukan kajian
referensi dan mendiskusikan partisipasi masyarakat dalam
otonomi daerah.
2.
Mendiskusikan
partisipasi masyarakat terhadap
perumusan kebijakan publik.
|
· Menguraikan partisipasi masyarakat dalam otonomi
daerah.
· Menjelaskan pengertian
perumusan kebijakan publik.
· Menyebutkan tahap-tahap perumusan ke bijakan publik.
· Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat
dalam perumusan kebijakan publik di daerah.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
|
Mengemukakan pendapat
Diskusi
Uraian
Uraian
Tes uraian
Pengamatan dan diskusi
Mencari informasi
Mengemukakan pendapat
Mengemukakan pendapat
Wawancara dan penulisan laporan
|
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Bagaimana cara masyarakat memberikan partisipasi
dalam otonomi daerah?
Jelaskan pengertian kebijakan publik!
Sebutkan tahap-tahap
perumusan kebijakan publik!
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Hunting (Buku teks kelas IX (BSE)
Mengapa partisipasi masyarakat penting dalam
perumusan kebijakan publik?
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Wawancarailah kepala daerah di lingkungan
sekolahmu mengenai:
a.
struktur
pemerintahan;
b.
tugas dan
wewenangnya;
c.
kebijakan
yang telah dikeluarkan;
d.
partisipasi
terhadap pemerintahan.
Kemudian, buatlah laporannya.
|
2 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE, artikel media
|
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Mata
pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (Pkn)
Kelas : IX
Semester : II (dua)
Standar
Kompetensi : 3. Memahami dampak
globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
3.1. Menjelaskan pengertian
dan pentingnya globalisasi bagi IndonBSE.
|
·
Pengertian
globalisasi.
·
Proses
terjadinya globalisasi.
·
Bentuk-bentuk
globalisasi.
·
Arti
penting globalisasi bagi IndonBSE.
|
Melakukan kajian referensi dan diskusi untuk memahami pengertian,
proses terjadinya, bentuk globalisasi, dan
arti penting globalisasi bagi IndonBSE.
|
· Menjelaskan makna globalisasi.
· Menjelaskan proses terjadinya
globalisasi.
· Menyebutkan bentuk-bentuk globalisasi.
· Menjelaskan arti penting globalisasi bagi IndonBSE.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
|
Diskusi
Uraian
Mengemukakan pendapat
Uraian
Penulisan laporan
Uraian
Uraian
|
Buku teks kelas IX (BSE)
Apa yang dimaksud globalisasi?
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Jelaskan proses terjadinya globalisasi!
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Sebutkan contoh bentuk globalisasi dalam bidang
ekonomi!
Jelaskan arti penting globalisasi bagi IndonBSE!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), media
cetak dan media elektronik
|
3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri IndonBSE dalam hubungan internasional di era global.
|
· Politik luar
negeri
bebas
aktif
· Hubungan
internasional
di era global
|
Melakukan studi pustaka tentang politik luar negeri bebas aktif dan hubungan internasional di era global.
|
·
Menjelaskan
hakikat politik luar negeri bebas aktif.
·
Menjelaskan
arti penting globalisasi bagi IndonBSE.
·
Menunjukkan
peranan IndonBSE dalam dunia
Internasional
|
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
Tes tulis
|
Tes
Uraian
Mengemukakan pendapat
Mencari
Informasi dan membuat
laporan
Uraian
|
Jelaskan apa yang dimaksud dengan politik luar
negeri bebas aktif!
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku
teks kelas IX (BSE)
Sebutkan peranan IndonBSE
dalam hubungan internasional!
|
8 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), media
cetak dan elektronik
|
3.3
Mendeskripsikan
dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
Dampak globalisasi terhadap kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi terhadap
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui diskusi.
|
Menguraikan
dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
|
Mengemukakan pendapat
Mengemukakan pendapat
dan berdiskusi
Uraian
|
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Sebutkan contoh dampak positif maupun negatif
globalisasi terhadap masyarakat, berbangsa, dan
bernegara!
|
4 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), media
cetak dan elektronik
|
3.4
Menentukan
sikap terhadap dampak globalisasi.
|
Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan.
|
Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi dalam
bidang ekonomi, politik, dan budaya.
|
Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Tes lisan
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas
Penugasan
|
Uraian
Mengemukakan pendapat
Unjuk karya
Tugas
rumah
|
Bacalah surat
kabar menyangkut pengaruh asing dalam bidang ekonomi di IndonBSE. Buatlah komentar atau penilaian pengaruh globalisasi dalam bidang tersebut!
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE )
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Buatlah karangan singkat
degan tema “sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap
kehidupan sekolah atau terhadap gaya hidup remaja”!
|
4 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), artikel media
|
SILABUS
Nama
Sekolah : SMP Negeri 4 Birem Bayeun
Mata
pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
Kelas
: IX
Semester : II (dua)
Standar
Kompetensi : 4.
Menampilkan prestasi diri sesuai
kemampuan demi keunggulan bangsa.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER
PEMBELAJARAN
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||
4.1
Menjelaskan
pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
|
·
Pengertian
prestasi
diri.
· Pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri dan bagi
keunggulan bangsa.
|
Mengkaji informasi
dari berbagai sumber yang berkaitan dengan prestasi diri.
|
·
Menjelaskan
hakikat prestasi diri.
·
Menjelaskan
pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri.
·
Menjelaskan
arti penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa.
|
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis dan berbicara
Penugasan
Tes tulis
Penugasan
Tes tulis
|
Diskusi
Uraian
Mengemukakan pendapat
Isian
Uraian
Mencari informasi
Uraian
|
Buku teks kelas IX (BSE
Jelaskan pengertian
prestasi diri!
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Jelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri
sendiri!
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Jelaskan arti penting prestasi diri bagi
keunggulan bangsa!
|
4 x 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE)
|
4.2 Mengenal
potensi
diri untuk
berprestasi
sesuai
kemampuan.
|
Potensi diri
dan potensi bangsa.
|
Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang petensi diri dan potensi bangsa.
|
·
Mengidentifikasi
potensi diri masing-masing.
·
Mengidentifikasi
potensi bangsa.
·
Menjelaskan pentingnya
menggali potensi diri.
|
Portofolio
Penugasan
Tes tulis dan berbicara
Tes tulis
Tes tulis
|
Dokumen prestasi
Diskusi
Mengemukakan pendapat
Uraian
Uraian
|
Kumpulkanlah bukti-bukti prestasi yang kamu miliki!
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Sebutkan contoh potensi bangsa IndonBSE!
Jelaskan pentingnya menggali potensi diri!
|
4 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), media
cetak
|
4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan
prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
|
Prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara
|
Berperan aktif dalam kegiatan yang dapat
meningkatkan prestasi bagi keunggulan bangsa dan negara.
|
Menunjukkan
berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi
keunggulan bangsa.
|
Penugasan
Tes tulis dan berbicara
Tes kreativitas dan
berbicara
|
Laporan
Mengemukakan pendapat
Unjuk karya dan diskusi
|
Sebutkan aktivitasmu untuk meningkatkan prestasi dalam berbagai organisasi untuk, baik di
sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalmu. Buatlah laporannya!
Opiniku (Buku teks kelas IX (BSE)
Aktivitas (Buku teks kelas IX (BSE)
|
4 X 40’
|
Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (BSE), organisasi atau perkumpulan penyaluran bakat dan minat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar